BlogPemilik Properti5 Doa Ketika Membangun Rumah Agar Lancar dan Berkah
0
0

5 Doa Ketika Membangun Rumah Agar Lancar dan Berkah

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jul 12, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
doa membangun rumahtop-right-banner

Ketika membangun sebuah keluarga kecil, tempat tinggal, khususnya rumah tentu menjadi salah satu kebutuhan utama. Itulah mengapa, dalam tahapan membangun rumah, selain harus diiringi niat baik juga tidak kalah penting adalah doa. Mendapatkan rumah dengan kondisi yang tenang, damai, dan berkah pasti menjadi impian semua orang. Dengan mengetahui doa membangun rumah, diharapkan pembangunan rumah Pins menjadi lancar dan memberi kenyamanan. Simak artikel ini untuk mengetahui doa membangun rumah!

Baca juga: 45 Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa Yang Penuh Doa

Doa Ketika Membangun Rumah Agar Lancar dan Berkah

Source : Unsplash

Saat memilih untuk membangun rumah, tentunya lokasi adalah hal utama. Sesudah menentukan lokasi yang sesuai, umumnya ada yang lebih memilih untuk membangun atau membeli rumah yang langsung jadi. 

Pilihan ini tergantung kemampuan, kebutuhan dan kesempatan. Di saat memilih untuk membangun rumah sendiri, kamu perlu mengetahui doa yang bisa dibacakan sesuai syariat agama Islam. Doa ini memiliki tujuan supaya rumah yang kamu tinggali nantinya bersama keluarga jadi nyaman dan nyaman.

Berikut ini doa yang dapat dibacakan ketika membangun rumah:

1. Surat Al-Mu’minun Ayat 29

doa membangun rumah
Source : Unsplash

Membaca doa ketika membangun rumah menurut Islam tidak kalah penting daripada persiapan yang lainnya. Ini dia yang dapat kamu baca agar rumah tempat tinggal menjadi selalu berkah.

Membangun rumah, khususnya hasil kerja keras sendiri, memang jadi kebanggaan untuk setiap orang. Kepuasan ini juga berbeda dengan membeli rumah yang telah jadi, sebab segala aspek di dalam rumah itu sudah disesuaikan dengan preferensi tersendiri.

Hal yang penting bagi setiap umat Islam ketika ingin membangun rumah diawali dengan doa. Tujuannya supaya diberikan tempat tinggal yang aman, nyaman, dan berkah. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT pada surat Al-Mu’minun ayat 29:

رَّبِّ أَنْزِلْنِيْ مُنْزَلًا مُّبَارَكًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِيْنَ

Wa qur rabbi anzilni munzalam mubarakaw wa anta khairul-munzilin

Artinya: “Dan berdoalah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.”

Baca juga: 4 Bacaan Doa Agar Anak Tidak Rewel di Malam Hari

2. Doa Membangun Rumah Menurut Hadis Abu Daud

doa membangun rumah
Source : Unsplash

Kamu juga bisa melantunkan doa agar keberkahan selalu mengiringi kamu dan keluarga lewat hadis yang dikeluarkan oleh Abu Daud, sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk, dan dengan menyebut nama Allah aku keluar, dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.”

3. Doa Syukur dari Hadis Anas bin Malik

doa membangun rumah
Source : Unsplash

Bagi kamu yang sedang membangun rumah, cukup penting dalam mempersiapkan segalanya yang pas dengan ajaran agama Islam supaya tambah berkah. Dalam agama Islam sendiri, kamu dilarang untuk membuat rumah dengan sifat bermegahan. Untuk itu, seorang Muslim disarankan untuk membangun rumah yang secukupnya dan sederhana.

Pins diharuskan untuk bersyukur kepada Allah. Rasa syukur ini dapat diutarakan dengan melantunkan doa menempati rumah baru yang berasal dari hadis Anas bin Malik.

Berikut ini kutipan doa tersebut:

مَا شَاء اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Bahasa latinnya, “Masya Allah Laa Quwwata Illa Billah.”

Arti dari doa tersebut adalah, “Semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah.”

Ucapkanlah doa tersebut secara sungguh-sungguh.

Pins dapat membadca lafal ini di awal doa agar keinginan kamu cepat diijabah oleh Allah sebagai tambahannya:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِأَنِّي أَشْهَدُ أَنَّكَ أَنْتَ اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ الأَحَدُ الصَّمَدُ الَّذِي لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Bahasa latinnya, “Allâhumma innî as’aluka bi annî asyhadu annaka antallâhu, lâ ilâha illâ antal ahadus shamad, alladzî lam yalid wa lam yûlad, wa lam yakullahû kufuwan ahad.”

Artinya, “Tuhanku, aku memohon (pertolongan) kepadaMu. Aku bersaksi bahwa Engkau adalah Allah. Tiada Tuhan selain Engkau Yang Maha Esa, tempat bergantung yang tiada melahirkan dan tiada dilahirkan, serta tiada apapun yang menyamai-Nya.”

Baca juga: Bacaan Doa Memulai Pekerjaan Agar Fokus

4. Bacaan dari Hadis Imam Muslim

Source : Unsplash

Di dalam hadis Imam Muslim pun menyebutkan bahwa terdapat doa membangun rumah yang bisa kamu lafazkan pada proses pembangunannya. Bunyinya sebagai berikut:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Bahasa latinnya, “A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan.”

5. Doa Terbaik Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW

Source : Unsplash

Hal yang juga penting saat mendirikan rumah yaitu membuat suasana menjadi kondusif melalui naungan nilai-nilai Islami. Nabi Muhammad SAW banyak memberi tuntunan untuk umat yang berniat menjadikan tempat tinggal mereka selalu harmoni dan berkah. 

Nabi Muhammad SAW memberikan panduan supaya tidak berlebihan dalam membangun rumah sebagai tinggal. Paling tidak, pedoman rumah yang baik yaitu dapat memberi rasa aman, nyaman dan asri.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Bila kamu hendak masuk rumah, maka sebaiknya kamu ucapkan salam, karena hal itu akan membawa keberkahan bagi kamu dan keluargamu.’’ (HR Tirmidzi)

Rasulullah memberikan contoh, ketika masuk rumah, jangan dengan tiba-tiba, tanpa diketahui keluarga yang berada di dalam. Hal ini supaya mereka tidak kaget, dan selalu ucapkan salam. Dianjurkan juga pada penghuni rumah agar senantiasa melingkupi suasana rumah melalui bacaan Alquran.

Sabda dari Nabi Muhammad SAW, ‘’Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sungguh, rumah yang di dalamnya selalu dibacakan ayat-ayat Alquran, tidak dimasuki setan.’’ (HR Tirmidzi).

Baca juga: 5 Bacaan Doa Mengusir Setan Agar Tidak Diganggu

6. Doa Habib Sholeh bin Muhsin al-Hamid

Source : iStock

Doa dalam membangun rumah agar lancar dan berkah selanjutnya berasal dari Habib Sholeh bin Muhsin al-Hamid. Berikut ini bacaan doanya:

“Allaahumma Robbal bait, as aluka bijaahi ahlil bait, an tu yassirolii khoiro bait, chattaa laa naquul yaa laiit.”

Artinya “Ya Allah, Engkau adalah pemilik baitullah, aku memohon kepadamu dengan wasilah ahlil bait Rasulullah agar Engkau mudahkan untukku sebaik-baiknya rumah sehingga aku tidak mengucap seandainya aku punya rumah”.

7. Doa dari Dua Ayat Terakhir Surah Yasin (Ayat 82 dan 83)

Source : iStock

Doa dalam membangun rumah agar lancar dan berkah yang terakhir berasal dari dua ayat terakhir surah Yasin, yaitu ayat 82 dan ayat 83.

Surah Yasin Ayat 82

اِنَّمَآ اَمْرُهٗٓ اِذَآ اَرَادَ شَيْـًٔاۖ اَنْ يَّقُوْلَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

Bahasa latin, “Innama amruhu araada syai’an ay yaquula lahuu kun fayakun.”

Artinya, “Sesungguhnya ketetapan-Nya, jika Dia menghendaki sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, ‘Jadilah!’ Maka, jadilah (sesuatu) itu.”

Surah Yasin Ayat 83

فَسُبْحٰنَ الَّذِيْ بِيَدِهٖ مَلَكُوْتُ كُلِّ شَيْءٍ وَّاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Bahasa latinnya, “Fa subhaanal-lazii biyadihii malakuutu kulli syai’iw wa ilaihi tur’jauun.”

Artinya, “Maka, Mahasuci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaan atas segala sesuatu dan kepada-Nya kamu dikembalikan.”

Menurut anjurannnya, waktu terbaik membaca kedua ayat di atas adalah usai salat Subuh sebanyak 7 kali.

Doa dipercaya menjadi cara manusia untuk melakukan komunikasi dengan Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai umat Islam, pasti percaya jika doa dapat membawa keberkahan untuk rumah yang ingin kamu tinggali. Doa sebelum membangun rumah bisa menjadi hal penting, karena rumah tidak cuma menjadi tempat tidur, namun juga tempat berlindung dan beraktivitas bersama keluarga.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download