BlogPemilik PropertiTitip Jual Sewa Rumah5 Hak dan Kewajiban Penyewa Rumah yang Harus Dipatuhi

5 Hak dan Kewajiban Penyewa Rumah yang Harus Dipatuhi

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Okt 20, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi menyewa rumah.

Hak dan kewajiban penyewa rumah adalah aspek penting dalam hubungan antara pemilik properti dan penyewa. Dalam konteks perumahan, pemahaman yang jelas tentang apa yang diizinkan dan diharapkan dari setiap pihak dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan saling menguntungkan.

Dalam artikel kali ini, terdapat pembahasan tentang 5 hak dan kewajiban yang harus diikuti oleh penyewa rumah. Apa sajakah itu?

Sebelum pembahasan lebih lanjut, Kamu juga perlu tahu tentang Rumah Ekslusif seperti Intan Residence. Kamu akan mendapat informasi lebih lengkap jika mengunjungi PinValue.

Fitur Pinhome yang dimaksud juga dapat membantu Kamu yang ingin mencari tahu rekomendasi perumahan di Jakarta Timur dan rumah second di Tangerang Selatan.

Baca juga: Trik Mendapatkan Harga Jual Rumah Terbaik dengan Negosiasi

5 Hak Penyewa Rumah

Pentingnya hak dan kewajiban penyewa rumah.
Source : Freepik

Sebagai seorang penyewa rumah, ada hak-hak tertentu yang dilindungi oleh hukum untuk mendapatkan perlakuan yang adil dan layanan yang baik dari pemilik properti atau pihak yang menyewakan rumah.

Berikut ini adalah 5 hak penting yang harus dipatuhi sebagai penyewa rumah:

1. Hak untuk Menyewa Properti yang Aman dan Layak

Sebagai penyewa, terdapat hak untuk tinggal dalam properti yang aman, layak, dan sesuai dengan standar kesehatan. Pemilik rumah memiliki kewajiban untuk menjaga properti dalam kondisi yang baik, termasuk memperbaiki kerusakan dan menjaga keamanan rumah.

Jika penyewa menemui masalah seperti kebocoran, kekurangan fasilitas dasar, atau masalah kesehatan, pemilik rumah harus segera mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu, perlu diketahui juga apa saja tips cari sewa rumah yang menguntungkan.

2. Hak untuk Privasi

Penyewa rumah memiliki hak privasi. Pemilik rumah tidak boleh masuk ke properti tanpa izin penyewa, kecuali dalam situasi darurat atau setelah memberikan pemberitahuan yang wajar.

Hak ini melindungi penyewa dari gangguan yang tidak sah dan menjaga privasi.

3. Hak untuk Pemberitahuan Terkait Peningkatan Sewa atau Perubahan Kontrak

Pemilik rumah biasanya harus memberi tahu penyewa jika ada rencana untuk meningkatkan sewa atau mengubah ketentuan kontrak penyewaan. Ini memberi waktu untuk mempersiapkan diri atau memutuskan apakah si penyewa ingin melanjutkan sewa di kondisi baru tersebut.

Biasanya, pemberitahuan ini harus diberikan beberapa bulan sebelum perubahan tersebut mulai berlaku. Namun sebelum menyewa, pastikan kebutuhan apakah akan sewa rumah bulanan atau tahunan.

4. Hak untuk Mendapatkan Jaminan Kembali

Sebagai penyewa, ada hak untuk mendapatkan jaminan yang disetorkan saat penyewa pertama kali menyewa properti, kembali saat pindah. Pemilik rumah hanya dapat memotong dari jaminan tersebut untuk merenovasi kerusakan yang signifikan yang disebabkan oleh penyewa selama masa sewa.

Namun, pemilik rumah harus memberikan laporan tentang penggunaan dana jaminan dan memberi tahu si penyewa mengenai potongan yang dibuat.

5. Hak untuk Perlakuan yang Adil dan Bebas Diskriminasi

Pemilik rumah tidak boleh diskriminatif dalam menyewakan properti kepada si penyewa. Ini berarti bahwa penyewa tidak dapat ditolak sewa berdasarkan ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, orientasi seksual, kebangsaan, atau kondisi kecacatan.

Hak yang satu ini melindungi penyewa dari diskriminasi dan memastikan bahwa penyewa memiliki akses yang sama ke tempat tinggal yang sesuai.

Baca juga: Jual Beli Rumah Merupakan Bisnis Menjanjikan

5 Kewajiban Penyewa Rumah yang Harus Dipatuhi

Mengetahui hak dan kewajiban penyewa rumah.
Source : Freepik

Setelah mengetahui apa saja hak dari penyewa rumah atau kontrakan, berikut adalah 5 kewajiban penyewa rumah yang harus dipahami dan patuhi:

1. Pembayaran Sewa Tepat Waktu

Salah satu kewajiban utama penyewa adalah membayar sewa tepat waktu. Ini adalah kewajiban dasar yang harus dijalani dengan penuh tanggung jawab.

Jika si penyewa gagal membayar sewa tepat waktu, si penyewa dapat terkena denda atau bahkan diusir dari properti. Jika bingung bagaimana membuat bukti bayar sewa rumah, terdapat berbagai contoh kwitansi pembayaran sewa rumah di Pinhome.

2. Perawatan Properti

Penyewa bertanggung jawab untuk merawat properti yang mereka sewa. Ini termasuk menjaga kebersihan, merawat taman jika ada, dan melaporkan masalah perbaikan kepada pemilik properti sesegera mungkin.

Properti harus dikembalikan dalam kondisi yang sama seperti saat awal menyewa ketika kontrak sewa berakhir.

3. Menghormati Peraturan Komunitas

Banyak kompleks apartemen atau perumahan memiliki peraturan komunitas yang harus diikuti oleh penyewa. Ini bisa mencakup aturan tentang kebisingan, hewan peliharaan, atau penggunaan fasilitas bersama.

Penting bagi penyewa untuk mematuhi peraturan ini agar tidak mengganggu kenyamanan tetangga atau melanggar kontrak sewa.

4. Memelihara Lingkungan Sekitar

Sebagai penyewa, ada tanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar properti. Ini termasuk membuang sampah dengan benar, tidak membuang sampah di tempat yang tidak seharusnya, dan menjaga taman atau area bersama dalam kondisi baik.

5. Memberi Pemberitahuan Ketika Akan Pindah

Hak dan kewajiban penyewa rumah sebelum pindah.
Source : Freepik

Jika memiliki niat untuk pindah, si penyewa harus memberi pemberitahuan kepada pemilik properti sesuai dengan peraturan dalam kontrak sewa. Biasanya, pemberitahuan dilakukan beberapa bulan sebelum tanggal pindah yang direncanakan.

Hal yang satu ini memberikan pemilik properti waktu untuk mencari penyewa baru dan mempersiapkan proses peralihan.

Itulah berbagai hak dan kewajiban penyewa rumah yang perlu diketahui agar tidak terjadi masalah dikemudian hari. Pastikan mengetahui detail dan memahami kesepakatan antara penyewa dan pemilik rumah.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download