BlogPemilik PropertiFinansialStrategi Pemasaran untuk Bisnis Apotek

Strategi Pemasaran untuk Bisnis Apotek

Dipublikasikan oleh Karinta Ariani dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Okt 14, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
strategi pemasaran bisnis apotek

Ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat, strategi pemasaran diperlukan untuk menarik calon pelanggan, mempertahankan loyalitas, hingga menunjukkan keunggulan usaha Anda dibanding pesaing serupa. Dengan begitu, bisnis Anda menjadi pilihan di tengah maraknya apotek lain yang ada di sekitar yang berujung pada meningkatnya keuntungan. Sebelum memulai bisnis apotek, yuk pelajari strategi pemasaran untuk bisnis apotek berikut ini!

Melakukan Analisis Pasar untuk Apotek

strategi pemasaran bisnis apotek
Sumber: pexels.com

Tahap pertama yang perlu dilakukan untuk merancang strategi pemasaran yang efektif adalah melakukan analisis pasar. Anda perlu menentukan terlebih dahulu siapa target audiens apotek Anda.  Apakah semua usia, lebih fokus di orang-orang lanjut usia, atau justru keluarga menengah ke bawah misalnya.

Menentukan target audiens membantu menyesuaikan segala hal dalam bisnis Anda. Misalnya saja stok obat seperti apa yang dibutuhkan, alat kesehatan yang perlu disediakan, hingga layanan penunjang yang perlu dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Hal bisa berangkat dari lokasi apotek Anda. Apakah di area perkotaan, kabupaten, atau desa. Kemudian apakah lokasinya dekat sekolah, rumah sakit, atau perumahan. Setelah itu, coba cek ada berapa banyak bisnis apotek di sekitaran lokasi bisnis Anda. Kira-kira apa yang belum dimiliki oleh apotek-apotek tersebut.

Nah, apotek Anda perlu bisa memenuhi kekurangan tersebut. Tujuannya agar masyarakat bisa menemukan apa yang tidak dimiliki apotek lain tetapi menemukannya di toko Anda.

Untuk itu, sebelum mengurus izin mendirikan apotek, ada baiknya untuk memastikan kembali lokasi yang Anda pilih sudah paling strategis. Karena seperti ungkapan yang banyak digunakan, posisi menentukan prestasi.

Mengembangkan Brand Apotek

Branding sebuah bisnis sangat penting untuk menciptakan kesan yang positif dan menjaga loyalitas pelanggan. Bisa dimulai dari memilih nama apotek yang mudah diingat dan disebut, mencerminkan layanan kesehatan, serta memiliki arti yang baik.

Jika sudah menentukan nama, Anda juga perlu membuat logo apotek. Logo sebaiknya simple dan menggunakan warna yang menenangkan tidak terlalu mencolok. Saat ini, sudah banyak tools seperti Artifficial Intelegence (AI) yang bisa bantu membuat logo sesuai keinginan Anda.

Selain itu, Anda juga perlu memikirkan desain interior apotek agar suasananya nyaman dan tepercaya. Tips penting, gunakan lampu putih terang agar apotek terkesan bersih dan rapi.

Saat membangun branding untuk apotek, Anda perlu  mengedepankan layanan yang ramah dan informatif. Ingat bahwa pelanggan yang datang adalah mereka yang dalam kondisi sakit, kebingungan, atau bahkan putus asa karena penyakitnya. 

Oleh karena itu, penting untuk memberikan layanan yang baik karena ini akan memberikan kesan mendalam pada bisnis apotek Anda. Ini juga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membuat mereka akan kembali saat membutuhkan obat atau alat kesehatan lainnya.

Membuat Strategi Pemasaran Digital untuk Apotek

strategi pemasaran bisnis apotek
Sumber: pexels.com

Teknologi yang semakin canggih membuat Anda perlu mengikuti perkembangan zaman agar bisnis apotek Anda sukses di pasaran. Strategi pemasaran digital sekarang ini sudah menjadi hal wajib dalam bisnis agar Anda bisa menjangkau pasar lebih luas. 

Berikut beberapa strategi digital marketing untuk bisnis apotek yang bisa dilakukan:

Membuat website

Memiliki website membuat apotek membuat calon pelanggan bisa melihat informasi terkait apotek Anda dengan mudah bahkan melakukan pembelian secara online. 

Untuk itu, lengkapi website Anda dengan informasi produk yang lengkap, navigasi yang mudah, dan lengkapi dengan fitur pembelian online. Dengan fitur pembelian online, ini memudahkan siapa pun dengan lokasi di mana pun untuk membeli obat dari apotek Anda.

SEO untuk bisnis apotek

Optimalkan konten di dalam website Anda dengan kata kunci yang relavan dan banyak dicari orang, seperti obat murah, apotek terdekat, hingga konsultasi kesehatan online.

Dengan begitu, ketika ada orang yang melakukan pencarian ini di Google, konten Anda akan muncul di hasil pencarian.

Social media marketing

Saat ini media sosial bukan hanya tempat untuk berkeluh kesah tetapi juga mempromosikan bisnis Anda. Buatlah akun Instagram, Facebook, Tiktok, dan WhatsApp untuk menjangkau calon pelanggan apa pun platform yang mereka gunakan.

Anda bisa membuat konten promo hingga konten edukatif terkait pilihan obat untuk penyakit tertentu yang ada di apotek. Jika konten Anda banyak ditonton, otomatis profil apotek Anda juga akan banyak dilihat oleh orang.

Bahkan, Anda bisa secara langsung meningkatkan penjualan dengan melakukan live shopping, lho!

Google My Business

Membuat halaman Google My Business bisa meningkatkan visibilitas apotek Anda. Di dalam Google My Business, terdapat lokasi, foto layanan Anda, hingga ulasan pelanggan.

Jika ada pengguna Google mencari kata kunci “apotek terdekat”, maka Google akan memberikan hasil berbagai apotek yang lokasinya berada di sekitarnya. Itulah cara kerja Google My Business untuk menemukan calon pelanggan baru dari bisnis Anda.

Baca juga: Tips Memilih Lokasi Strategis untuk Apotek

Memberikan Promosi dan Diskon di Apotek

strategi pemasaran bisnis apotek
Sumber: pexels.com

Memberikan diskon termasuk salah satu strategi pemasaran untuk bisnis apotek yang efektif menarik pelanggan baru maupun mempertahankan pelanggan tetap.

Anda bisa menggunakan beberapa promosi khusus misalnya, diskon untuk pelanggan tetap atau penawaran paket bundling. Anda juga bisa memberikan produk gratis untuk pembelian dengan nominal tertentu.

Untuk pelanggan setia, Anda juga bisa mengadakan program loyalitas misalnya dengan memberikan semacam kartu keanggotaan khusus. Jika sudah membeli sebanyak 10 kali, Anda bisa memberikan diskon 50% untuk pembelian setelahnya.

Anda juga bisa menggunakan strategi referral atau mendapatkan diskon saat mengajak teman. Dengan begitu, dari mulut ke mulut, orang akan mulai sadar dengan keberadaan apotek Anda.

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Apotek

Menjalin Kemitraan dengan Profesional Kesehatan

Cara lain yang bisa Anda lakukan sebagai salah satu strategi pemasaran apotek yang efektif adalah dengan menjalin kerja sama dengan dokter, klinik, atau rumah sakit.

Kerja sama ini bisa dijalin dengan tujuan untuk merekomendasikan apotek Anda sebagai rujukan saat ada kebutuhan untuk membeli obat. Dengan kerja sama ini, Anda akan mendapat banyak pelanggan baru.

Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi konsultasi dokter secara online yang  berujung pada pemesanan obat. Nah, apotek Anda bisa bekerja sama dengan aplikasi semacam ini untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Apalagi pemesanan obat online tidak terbatas jarak dan waktu.

Selain itu, rutin mengadakan acara kesehatan atau seminar bersama ahli dan mengundang komunitas tertentu juga bisa jadi strategi pemasaran yang efektif. Dengan begitu, apotek Anda akan semakin dikenal luas tak hanya di masyarakat sekitar lokasi.

Mengoptimasi Layanan Pelanggan

strategi pemasaran bisnis apotek
Sumber: unsplash.com

Memberikan layanan pelanggan melalui chat online bisa coba Anda terapkan untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Anda bisa menyediakan konsultasi gratis tentang obat-obatan atau kondisi kesehatan tertentu, bisa melalui WhatApp atau website yang dilengkapi fitur chat.

Dengan begitu, pelanggan yang membutuhkan obat secara tepat tetapi tidak tahu obat apa yang digunakan bisa menggunakan layanan ini. Belum banyak apotek yang menerapkan layanan ini sehingga sangat layak dicoba.

Untuk pengiriman obat, Anda bisa menggunakan ojek online dengan layanan instant atau same day. Dengan begitu, obat akan sampai di tangan pelanggan dengan aman dan cepat.

Jika Anda akan memulai bisnis apotek dan sedang mencari lokasi yang tepat untuk bisnis Anda, ada beberapa pilihan ruko yang bisa Anda sewa di sini. Sekarang, saatnya menentukan strategi pemasaran untuk bisnis apotek Anda, ya!

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download