BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Halaman Belakang Rumah yang Asri dan Menenangkan

10 Desain Halaman Belakang Rumah yang Asri dan Menenangkan

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jun 24, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard

Desain halaman belakang rumah juga harus mendapat perhatian yang sama seperti fasad dan taman depan rumah. Jika didesain dengan baik, taman Kamu bisa dijadikan tempat bersantai dan melepas penat bersama keluarga. Simak beberapa inspirasi desain halaman belakang rumah yang menarik di bawah ini untuk menciptakan lanskap yang indah. Taman belakang rumah memainkan peranan penting untuk membuat rumah menjadi lebih segar dengan tanaman hijau.

Desain Halaman Belakang Rumah yang Asri

Berikut ini adalah desain halaman belakang rumah yang bisa kam contek, Pins!

1. Taman Belakang Minimalis Modern

Source : Art Fasad

Gaya minimalis tetap populer dan masih banyak pembangunan perumahan yang mengikuti konsep ini. Halaman modern seperti ini biasanya memiliki taman baik di depan maupun di belakang. Contohnya di atas adalah inspirasi desain taman halaman belakang rumah minimalis modern. PemKamungannya sederhana namun anggun dan indah. Tambahkan sentuhan tanaman atau bunga pada beberapa sudut dengan komposisi yang bagus.

2. Taman Rumah Serba Hijau

Source : Pin IMG

Apakah Kamu penggemar film The Lord of the Rings dan The Hobbit? Jika ya, gunakan contoh inspiratif di atas untuk mengetahui seberapa khas kesan dekat Shire dengan suasana hijau yang bisa Kamu sampaikan. Hiasi taman Kamu dengan halaman rumput yang pendek dan terawat seperti rumput Jepang, rumput Manila, dan rumput Swiss. Jangan lupa tambahkan beberapa tanaman hias seperti semak agar semakin terlihat seperti rumah kerdil.

3. Taman Belakang Khas Gurun

Source : Pin IMG

Apakah halaman belakang yang banyak tanaman hijau bukan gaya Kamu? Desain ini mungkin opsional. Penggunaan batu dan kerikil yang dipadukan dengan kolam mini dan area tempat duduk bisa menjadi inspirasi menarik untuk halaman belakang. Kamu bisa menciptakan kembali pemKamungan unik seperti oasis di tengah gurun di rumah.

4. Minimalis Semi Klasik

Source : Youtube

Apakah Kamu memiliki taman yang luas? Desain ini dapat dicapai. Konsep dan desain ini tidak hanya cantik, namun juga memungkinkan Kamu memaksimalkan fungsionalitas ruangan Kamu. Ciptakan teras batu yang memberikan kesan rumah klasik. Tempatkan meja dan kursi makan sebagai tempat bersantai atau beraktivitas. Desain halaman belakang seperti ini hanya memerlukan sedikit perawatan karena hanya terdapat sedikit tanaman hidup.

5. Taman Belakang Khas Jepang

Source : Stylize Lab

Inspirasi halaman belakang rumah ala Jepang juga sangat direkomendasikan, apalagi jika Kamu menginginkan suasana santai dan kedekatan dengan alam. Taman Zen tidak hanya indah, tetapi juga memiliki filosofi mendalam yang mendukung meditasi dan menenangkan. Untuk mewujudkan konsep taman Zen di rumah, Kamu bisa memulainya dari halaman belakang rumah. Misalnya menambahkan batu hias, tanaman hijau,  kolam ikan.

6. Taman Belakang Ala Vintage

Source : Pin IMG

Tanaman hijau saja tidak cukup untuk menghiasi halaman belakang rumahmu. Saya perlu membuat taman bunga bergaya vintage yang indah seperti gambar di atas. Estetika pondok Inggris adalah gaya yang sangat populer saat ini. Ide ini tidak hanya indah, tapi juga unik, mengingatkan kita pada suasana Eropa kuno.

Tanam berbagai macam bunga hias dengan warna berbeda dan tata sesuai keinginan Kamu. Ciptakan nuansa masa lalu dengan kursi berwarna antik dan meja makan. Kamu juga dapat menambahkan aksen batu untuk menciptakan lanskap yang lebih tertata. Ini sangat bagus.

7. Minimalis Skandinavia

Source : Pin IMG

Jika Kamu menyukai gaya sederhana namun ingin tampil maskulin, Kamu pasti bisa meniru desain rumah sederhana Skandinavia. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuat teras dan menambahkan elemen berwarna netral pada halaman belakang Kamu. Hitam putih juga opsional dan dapat diaplikasikan pada furnitur dan dinding.

Hindari kesan monoton dengan menggunakan tanaman hias berwarna hijau sebagai aksen. Konsep ini memungkinkan Kamu menciptakan lanskap yang bersih sekaligus menyatu dengan alam.

8. Rumah Mewah dengan Beberapa Elemen

Source : Art Fasad

Desain halaman belakang mewah biasanya kekurangan banyak elemen. Biasanya hanya ada tiga elemen yang tersedia: batu, kayu, dan tanaman. Di atas adalah contoh desain yang dapat disesuaikan dengan gaya hidup Kamu dan keluarga sehari-hari. Tentu saja ide ini sangat cocok diterapkan pada properti mewah modern yang terdapat di berbagai kota di Indonesia.

9. Taman Rumah dengan Gazebo

Source : Family Handy

Ada desain taman halaman belakang dengan gazebo yang bernuansa tradisional. Dalam hal ini, Kamu dapat menggunakan elemen alam berupa bebatuan dan furnitur rumah tangga outdoor seperti kursi geladak. Contohnya adalah taman tradisional Bali dengan patung batu di puncaknya. Pastikan taman Kamu memiliki ruang untuk sinar matahari.

10. Taman Sederhana Minimalis

Source : Next Luxury

Apabila Kamu memiliki lahan yang kecil untuk membangun taman, tenang! Taman belakang sederhana minimalis adalah solusinya. Desain taman minimalis ini memungkinkan kamu memiliki taman meski dengan lahan yang sempit. Pins dapat menyisihkan 1-2 meter untuk taman belakang.

Pins dapat membuat kolam ikan kecil di belakang rumah yang dapat membuat halaman terlihat natural meski berukuran kecil. Selain itu, kamu dapat menambahkan kursi kecil pada pinggiran taman untuk bersantai di sore hari. Pins juga dapat menambahkan batu-batu alam kecil dan tanaman hias gantung yang dapat membuat taman semakin terlihat asri dan alami. 

Itulah dia harga genteng metal yang bisa kamu ketahui, semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:

Feature Source Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download