BlogPemilik PropertiFinansialYuk Cari Tahu, Investasi Kondotel Apakah Menguntungkan?
0
0

Yuk Cari Tahu, Investasi Kondotel Apakah Menguntungkan?

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Nov 17, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Investasi Kondotel Apakah Menguntungkantop-right-banner

Kondotel merupakan salah satu instrumen investasi properti yang bisa menjadi pilihan. Namun banyak pertanyaan yang muncul, investasi kondotel apakah menguntungkan? Artikel ini akan membahas secara gamblang mengenai peluang investasi kondotel. 

Seperti diketahui, properti adalah salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih orang. Pasalnya, investasi properti dianggap menguntungkan mengingat harga properti seperti tanah yang cenderung naik seiring berjalannya waktu. Namun bagaimana dengan properti kondotel?

Dengan investasi kondotel, kamu bisa mencapai kebebasan finansial untuk membeli rumah eksklusif dari Pinhome atau salah satu perumahan di BSD dengan mudah. Rumah bekas di Kec Tangerang bisa kamu jual untuk diganti dengan rumah baru yang mewah.

Baca juga: 6 Cara Membuat Rencana Keuangan Pribadi Agar Finansial Lebih Aman

Apa Itu Kondotel?

Investasi Kondotel Apakah Menguntungkan
Source : Pixabay

Melansir Kamus Properti dari Pinhome, kondotel merupakan kata singkatan dari kondominium hotel. Kondotel adalah properti berbentuk bangunan tempat tinggal vertikal yang kepemilikan dipecah seperti kondominium namun pengelolaannya dilakukan oleh operator seperti hotel. 

Selain itu, kondotel juga merupakan properti residensial dengan model bangunan yang terdiri dari beberapa unit seperti apartemen. Dalam satu unit, furniture yang ada di dalamnya memiliki model yang sama namun luas dan desain unit berbeda tergantung tipe. 

Biasanya ada dua tipe unit kondotel, yaitu unit dengan banyak ruangan seperti dua atau lebih kamar tidur dan tipe studio. Sama seperti apartemen, kondotel banyak ditemui di perkotaan dan menjadi pilihan hunian bagi kaum urban. 

Munculnya konsep hunian kondotel ini merupakan bukti perkembangan di bidang properti. Perkembangan ini membawa perubahan dalam kaitannya dengan kepemilikan dan pengelolaan bangunan dan fasilitas. 

Dengan adanya kondotel, seorang investor bisa memiliki atau membeli unit rumah tinggal, namun akan mendapatkan servis layaknya tinggal di hotel karena dikelola oleh operator. 

Mudahnya, kondotel bisa disebut sebagai tempat tinggal yang dibangun oleh developer untuk dijual kepada end user atau investor atau pembeli, untuk selanjutnya dikelola oleh operator hotel sebagai hotel.

Baca juga: Kenali 5 Jenis-Jenis Suku Bunga dalam Keuangan

Investasi Kondotel Apakah Menguntungkan?

Investasi Kondotel Apakah Menguntungkan
Source : Pixabay

Pada dasarnya, investasi tidak selalu membawa keuntungan. Dalam beberapa kasus, investasi justru memberikan kerugian dengan adanya banyak faktor yang mempengaruhi. Begitu pula dengan investasi kondotel. 

Memang ada potensi kerugian dalam investasi kondotel ini. Namun mengingat kondotel merupakan bagian dari properti yang harganya cenderung naik, bisa disimpulkan bahwa potensi keuntungan dari investasi kondotel ini lebih besar. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan investasi kondotel bisa memberikan keuntungan, yaitu:

1. Harga Properti Cenderung Meningkat

Seperti yang disinggung di atas, kondotel termasuk dalam kategori properti yang harganya terus meningkat seiring berjalannya waktu. Terlebih jika kondotel di bangun di pusat kota atau kawasan strategis dan dilengkapi fasilitas yang menarik. 

Ya, kondotel juga memiliki fasilitas layaknya yang ada di hotel. Fasilitas yang biasanya tersedia di kondotel meliputi seperti kolam renang, salon spa, restoran, meeting rooms, dan lain sebagainya.

Selain harga yang meningkat, kepemilikan atas kondotel ini juga bisa dijadikan agunan untuk mendapat pinjaman di bank. Uang yang dihasilkan dari pinjaman ini bisa kamu investasikan di bidang lain untuk menambah income

Baca juga: Merdeka Finansial Secara Syariah? Tentu Bisa!

2. Penghasilan

Jika sudah memiliki rumah tempat tinggal lalu membeli kondotel, kamu tidak perlu khawatir tentang pengelolaannya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kondotel akan dikelola dan dipasarkan oleh operator layaknya hotel.

Dengan demikian, unit yang kamu miliki itu bisa menjadi passive income yang memberikan pemasukan bulanan. Seorang pemilik kondotel rata-rata mendapat penghasilan sebesar 8-12% per tahun dari harga beli. 

Misalnya kamu membeli satu unit kondotel 2 kamar tidur seharga Rp 1,5 miliar. Lalu dalam perjanjian kamu akan mendapat bagi hasil sebesar 10 persen per tahun. Maka dalam satu tahun kamu akan mendapat keuntungan Rp 150.000.000 per tahun atau Rp 12.500.000 per bulan. 

3. Staycation Gratis

Sebagai salah satu pemilik, maka kamu juga mendapat kesempatan untuk bermalam atau staycation gratis. Dengan fasilitas yang lengkap layaknya hotel, tentu saja fasilitas ini menjadi keuntungan tersendiri.

Memang durasi menginap untuk pemilik ini dibatasi. Seorang pemilik hanya bisa menginap atau staycation selama 18-30 hari setiap tahunnya. Lumayan, kan?

Itulah jawaban untuk pertanyaan investasi kondotel apakah menguntungkan. Tentu saja keuntungan itu akan didapat dengan memperhatikan beberapa faktor, seperti lokasi yang strategis, reputasi pengembang, kredibilitas operator, hingga fasilitas yang dijanjikan. 

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Mengenai Property Secondary

Pertimbangan Investasi Kondotel

Investasi Kondotel Apakah Menguntungkan
Source : Freepik

Selain itu kamu juga perlu memperhitungkan risiko yang mungkin terjadi. Beberapa risiko itu antara lain depresiasi furniture, renovasi, dan masih banyak lagi. Jadi jangan sampai Pins tidak mengetahui hal-hal tersebut. 

Sebelum berinvestasi kondotel, kamu juga harus mencari tahu terkait hak dan kewajiban sebagai pemilik. Biasanya, investor akan mendapatkan dua hal yaitu rental guarantee dan profit sharing. 

Untuk jaminan sewa atau rental guarantee yang biasanya diberikan pada pemilik hotel adalah 8% per tahun dari harga beli. Sedangkan profit sharing atau pembagian keuntungan, keuntungan harus dikurangi untuk biaya operasional Kondominium Hotel, dan proporsi pembagian berkisar antara 40-60 atau 50-50 antara investor dan pengembang.

Demikian ulasan lengkap mengenai investasi kondotel apakah menguntungkan. Bagaimana, Pins, apakah kamu tertarik?

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Bali Resort Tangerang dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download