BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Jenis-jenis Gergaji dan Fungsinya Masing-masing
0
0

12 Jenis-jenis Gergaji dan Fungsinya Masing-masing

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 8, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Jenis-jenis Gergajitop-right-banner

Gergaji adalah perkakas yang umum digunakan untuk memotong kayu, logam, plastik, atau berbagai bahan lainnya. Bahan yang digunakan untuk membuat ini menjadikan ada banyak jenis-jenis gergaji di sekitar kita. Apa saja jenis-jenis gergaji?

Sebagai informasi, gergaji merupakan perkakas yang telah digunakan selama ribuan tahun. Maka tidak mengherankan jika ada banyak jenis dengan desain khusus yang ditujukan untuk tujuan dan fungsi tertentu. Artikel ini akan membahas tuntas jenis-jenis gergaji beserta fungsinya masing-masing. 

Sebelum lanjut, kamu bisa membeli perumahan di Bekasi seperti The Ambawani Residence atau Golden City Bekasi dengan mudah di Pinhome. Selain itu, Pinhome juga bisa membantu menjual rumah second di Bandung dengan fasilitas pasang iklan properti gratis.

Baca juga: Aman dan Mudah! Ini Dia Cara Instalasi Water Heater Gas

Jenis-jenis Gergaji

Jenis-jenis Gergaji
Source : iStock Photo

Secara umum, ada dua jenis gergaji yaitu gergaji manual dan gergaji listrik. Gergaji manual memiliki berbagai pilihan jenis untuk pemotongan presisi pada banyak bahan atau pemotongan kasar, seperti memangkas semak atau menebang pohon. 

Sementara gergaji listrik menghemat waktu dan tenaga dengan memberikan mesin penggerak yang dioperasikan hanya dengan menekan tombol. Namun, penggunaan gergaji listrik harus hati-hati agar tidak salah dan mencelakai.

Berikut adalah beberapa jenis gergaji beserta fungsinya masing-masing yang perlu kamu ketahui. 

1. Gergaji Besi

Jenis-jenis Gergaji
Source : Pixabay

Gigi kecil dan tajam pada gergaji besi dirancang untuk memotong pipa tembaga, besi, atau timah, meskipun bisa juga digunakan pada plastik. Gergaji besi biasanya tidak digunakan pada kayu karena bilahnya yang tipis di antara kedua sisinya. 

Selain itu penggunaan gergaji besi pada material kayu dapat merusak bilahnya, sehingga disarankan agar gergaji jenis ini hanya untuk memotong logam dan plastik.

2. Gergaji Potong

Jenis Gergaji
Source : iStock

Berikutnya adalah gergaji manual klasik yaitu gergaji potong. Jenis ini biasa  digunakan untuk memelihara pohon, semak, dan pagar tanaman. Ciri-ciri jenis ini memiliki deretan gigi yang besar dan mata pisau yang relatif tebal sehingga membantu gergaji memotong batang kayu dan batang pohon yang tebal. 

Gergaji potong menjadi salah satu perkakas yang wajib ada di rumah. Alat ini akan sangat membantu ketika akan menebang pohon, memotong papan kayu, atau saat sedang membuat kandang ayam.

Baca juga: Begini 4 Cara Mengetahui TV Digital atau Analog!

3. Gergaji Dinding

Jenis Gergaji
Source : iStock

Gergaji papan dinding memiliki ujung sempit dan runcing yang bertujuan untuk membuat lubang kecil pada bahan lembut, seperti drywall dan panel. Jenis gergaji ini memiliki bilah pendek dan lebar dengan gigi tebal yang dapat memotong dinding kering dengan mudah.

Biasanya alat ini digunakan untuk membuat lubang pada dinding untuk outlet listrik atau panel akses tanpa membuat bukaannya terlalu besar. Gergaji drywall biasanya digunakan dengan satu tangan.

4. Gergaji Busur

Jenis Gergaji
Source : iStock

Mirip dengan gergaji potong, gergaji busur dirancang untuk memotong kayu keras, batang kayu, dan pohon kecil. Gergaji juga biasa digunakan selama liburan ketika seseorang hendak menebang pohon Natal

Sepanjang tahun, gergaji busur biasanya ditemukan di garasi, bengkel, dan gudang, kecuali jika diperlukan untuk memangkas pohon di halaman. Gergaji ini terlihat mirip dengan gergaji besi karena memiliki pegangan logam yang memanjang di sepanjang mata pisau.

5. Gergaji Listrik

Jenis Gergaji
Source : iStock

Jenis gergaji ini biasa digunakan untuk memotong keramik, batu, logam, hingga kayu. Namun, kamu perlu berhati-hati saat mengoperasikan gergaji ini karena putaran mesin yang kuat bisa saja membuat bilah terlepas selama beroperasi. 

Setiap kali gergaji digerakkan oleh motor listrik, hal itu menambah unsur bahaya tambahan yang perlu diperhitungkan sebelum mulai bekerja. Hal ini berlaku untuk semua gergaji listrik.

Baca juga: 6 Fungsi Mode Dry Pada AC yang Jarang Diketahui

6. Gergaji Mitre

Jenis Gergaji
Source : iStock

Jenis gergaji mitra memiliki alas yang dibuat untuk diletakkan di meja kerja atau meja. Bahan yang akan dipotong ditempatkan di atas alas ini dan pisau melingkar besar ditarik ke bawah untuk memotong bahan tersebut. 

Gergaji mitre umumnya digunakan untuk membuat beberapa potongan miring atau berpotongan serupa pada kayu, logam, atau pasangan bata.

7. Gergaji Potong Listrik

Jenis Gergaji
Source : iStock

Gergaji potong lebih mendasar dalam pergerakannya dibandingkan gergaji mitre atau gergaji majemuk karena hanya dibuat untuk memotong secara vertikal. Kebanyakan gergaji potong dibuat untuk memotong hanya pada sudut 90 derajat.

Jenis gergaji ini dapat dimasukkan ke dalam truk kerja untuk dibawa ke lokasi kerja. Namun ukurannya cukup besar sehingga kamu mungkin lebih suka membiarkannya dipasang di meja kerja atau meja kerja.

8. Gergaji Mitre Majemuk

Jenis Gergaji
Source : iStock

Gergaji mitre majemuk berbeda dari gergaji mitre standar dan gergaji potong karena memiliki bilah pemotong melingkar besar yang dipasang pada lengan, bukan tuas berputar. 

Hal ini memungkinkan pengguna melakukan penyesuaian yang lebih akurat pada gergaji untuk potongan lurus, miring, bersudut, dan majemuk pada kayu, plastik, logam, pasangan bata, dan material komposit. 

9. Gergaji Ukir

Jenis Gergaji
Source : iStock

Salah satu jenis-jenis gergaji serbaguna, gergaji ukir terdiri dari badan persegi panjang dengan pegangan atas dan bilah persegi kecil yang memanjang ke bawah secara vertikal. Bilah ini bergerak naik turun dengan cepat dalam gerakan vertikal. 

Gunakan satu tangan untuk mengarahkan pisau menembus bahan horizontal untuk memotong lengkungan, sudut, spiral, dan bentuk atau pola tidak beraturan lainnya. Biasanya, gergaji ini dibuat untuk memotong kayu, panel, atau dinding kering.

Baca juga: 10 Fungsi Air purifier di Rumah. Ternyata, Banyak Manfaatnya!

10. Gergaji Pita

Jenis Gergaji
Source : iStock

Gergaji pita adalah perkakas stasioner berukuran besar yang umum digunakan di bengkel pengerjaan kayu. Jenis ini memiliki bilah pemotong vertikal tipis dengan gigi halus yang dapat memotong berbagai bahan. 

Tempatkan material target pada meja gergaji pita dan sesuaikan pagar atau pemandu untuk mengarahkan material melewati mata pisau. Berbeda dengan gergaji meja, saat memotong dengan gergaji pita, kamu tidak perlu terlalu khawatir akan bantingan balik. 

11. Gergaji Meja

Source : iStock

Gergaji meja memakan banyak ruang di bengkel. Namun gergaji meja juga memberi permukaan yang luas dan rata untuk meletakkan material yang akan diukur dan potongan kayu, logam, atau plastik yang lebih besar dapat didorong melalui mata gergaji meja agar lurus, potongan memanjang. 

Jenis gergaji meja memiliki bilah berbentuk lingkaran yang menonjol ke atas dari permukaan meja. Ketinggian mata pisau juga dapat disesuaikan untuk pemotongan yang lebih dalam atau lebih dangkal.

12. Gergaji Mesin

Jenis Gergaji
Source : iStock

Gergaji mesin digunakan untuk memangkas pohon, semak, dan pagar tanaman sambil memelihara taman. Namun gergaji mesin juga dibuat untuk memotong batang pohon dengan bersih, yang penting untuk menebang pohon tua dan sekarat dengan aman. 

Gergaji mesin memotong kayu kasar dengan rantai terkait yang berputar cepat di sekitar sepotong baja. Rantai tersebut memiliki gigi khusus yang memotong kayu, memungkinkan mesin ini menebang pohon dan memotong kayu.

Itulah jenis-jenis gergaji yang perlu kamu ketahui lengkap dengan masing-masing fungsinya. Jangan sampai salah, ya!

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cimanggis Golf Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download