BlogPemilik PropertiDesain HunianKenali 4 Jenis Plat Lantai untuk Bangunan dan Fungsinya

Kenali 4 Jenis Plat Lantai untuk Bangunan dan Fungsinya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Apr 8, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard

Dalam dunia konstruksi, pemilihan bahan bangunan merupakan langkah penting untuk menjamin kestabilan suatu bangunan. Salah satu elemen yang memegang peranan penting dalam konstruksi adalah pelat lantai. Artikel ini merinci jenis-jenis plat lantai dan fungsinya dalam konstruksi bangunan untuk membantu Kamu  memilih pelat lantai yang tepat. Lihat di bawah untuk ketahui lebih dalam!

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Fungsi Plat Lantai

Source : Asiacon

Jenis plat lantai mencakup berbagai aspek yang berkaitan dengan keamanan, kenyamanan, dan kestabilan struktural. Mari kita bahas lebih lanjut tentang fungsi-fungsi plat lantai.

1. Pemisah Antara Ruang Bawah dan Atas

Peran utama platlantai adalah memisahkan ruang bawah dari ruang atas. Papan lantai ini tidak hanya sekedar penutup, namun juga merupakan elemen struktur yang memisahkan fungsi kedua ruang tersebut.

2. Tempat Pijak Penghuni Bangunan

Fungsi selanjutnya adalah menyediakan tempat  aman bagi penghuni gedung kantor untuk berdiri. Ketahanan dan kekuatan pelat lantai sangat penting untuk menopang berbagai macam beban, termasuk beban manusia. Oleh karena itu, struktur dan material pelat lantai harus mampu menahan beban statis dan dinamis dengan aman.

3. Sebagai Peletak Kabel Listrik dan Lampu

Papan lantai juga berfungsi sebagai jalur kabel listrik dan penerangan pada ruangan di bawahnya. Desain plat lantai dengan pertimbangan sistem kabel yang tepat memudahkan pemasangan dan pemeliharaan  listrik.

Jenis-Jenis Plat Lantai

Source : Asiacon

Terdapat berbagai jenis plat lantai yang tersedia. Mengetahui jenis-jenisnya membuat Kamu dapat menentukan mana yang pas untuk digunakan sebagai bahan konstruksi. Berikut empat jenis plat lantai.

1. Plat Kayu

Plat lantai kayu sering digunakan dalam konstruksi bangunan. Tentunya jenis kayu yang kami gunakan dipilih dengan cermat agar stabil dan aman untuk diinjak orang.

 Keuntungan utama menggunakan panel lantai kayu adalah harganya yang relatif terjangkau dan kemudahan pemrosesan dibandingkan panel lainnya. Terlepas dari kelebihan-kelebihan tersebut, panel lantai kayu juga mempunyai beberapa kelemahan yang patut dipertimbangkan.

Salah satunya adalah keramik tidak bisa digunakan untuk konstruksi. Selain itu, panel lantai kayu tidak kedap air dan rentan bocor sehingga tidak cocok untuk area dengan kelembapan tinggi atau bersentuhan langsung dengan air.

Kerugian lainnya termasuk ketidakmampuannya bertindak sebagai peredam yang baik dan kerentanannya terhadap kerusakan akibat elemen. Oleh karena itu, panel lantai kayu  rentan terhadap perubahan kondisi cuaca ekstrim seperti hujan dan panas. Terakhir, karena karakteristik dan keterbatasannya, penggunaan panel kayu lebih disarankan untuk bangunan  sederhana dan ringan.

2. Plat Beton

Source : LKPP

Plat beton atau biasa disebut dengan pelat beton bertulang merupakan salah satu material yang banyak diminati dalam konstruksi bangunan. Selama proses pengerjaan, balok sebagai penopang dan kolom sebagai struktur penopang sekaligus dicor di lokasi.

Keuntungan utama penggunaan pelat beton bertulang adalah kemampuannya menahan beban  besar, sehingga ideal untuk lantai bangunan yang memerlukan daya dukung beban tinggi. Selain itu, panel beton bertulang juga berfungsi sebagai peredam suara yang sangat baik, sehingga menjamin lingkungan dalam ruangan yang nyaman. Keunggulan lainnya termasuk tahan terhadap api dan air, sehingga ideal untuk berbagai kondisi lingkungan.

3. Plat Baja

Source : Tokopedia

Plat material baja biasanya menjadi pilihan pertama pada bangunan  yang sebagian besar komponennya terbuat dari  baja. Bangunan yang menggunakan pelat lantai baja pada umumnya merupakan bangunan semi permanen seperti bengkel dan gudang yang memerlukan kekuatan dan ketahanan baja. Kamu juga bisa pasang atap baja ringan di rumah Kamu!

4. Plat Yumen

Plat dari yumen adalah singkatan dari papan lantai kayu semen, yang merupakan inovasi baru dalam dunia arsitektur yang dibuat dengan mencampurkan potongan-potongan kecil kayu dengan semen. Material yumen masih tergolong baru sehingga jarang digunakan. Pemilihan jenis pelat lantai tergantung pada kebutuhan dan karakteristik bangunan yang akan dibangun. Memahami fitur masing-masing jenis pelat lantai serta kelebihan dan kekurangannya akan membantu Kamu membuat keputusan yang tepat tergantung pada proyek konstruksi Kamu.

Penting untuk memastikan bahwa setiap tahap proyek diselesaikan dengan menggunakan peralatan yang sesuai dan berkualitas tinggi. Salah satu faktor yang tidak dapat diabaikan adalah pemilihan perkakas tangan yang Kamul. Untuk menjamin keberhasilan proyek konstruksi Kamu, gunakan perkakas tangan berkualitas.

Jangan mengorbankan kualitas konstruksi dengan menggunakan perkakas tangan yang kualitasnya lebih rendah. Lihatlah beragam perkakas tangan hari ini untuk menemukan pilihan perkakas tangan yang sempurna untuk membantu Kamu di setiap tahap proyek konstruksi Kamu.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download