BlogPemilik PropertiKenali! 10 Jenis Ular yang Sering Masuk Rumah
0
0

Kenali! 10 Jenis Ular yang Sering Masuk Rumah

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 13, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Saat ini ular sering sekali memasuki rumah masyarakat dan mengumpat di tempat-tempat yang sempit, lembab, dan jauh dari jangkauan manusia. Apakah Kamu tahu Pins, mengapa bisa seperti itu? Hal ini terjadi karena habitat alam yang menjadi tempat tinggal ular telah hilang, baik karena kehancuran yang disebabkan oleh perubahan pada alam dan juga disebabkan oleh ulah manusia. Ular yang masuk ke rumah dapat mengancam nyawa manusia, karena gigitan ular yang mematikan. Kenali jenis ular apa saja yang sering masuk rumah, agar Kamu dapat menghindarinya.

Kamu bisa memelihara hewan musang di rumah baru yang Kamu dapatkan di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung untuk mencegah ular memasuki rumah Kamu. Kamu juga bisa menggunakan wewangian seperti kapur, parfum, dan pengharum ruangan yang mencolok di iklan jual rumah agar ular menghindari rumahmu.

10 Jenis Ular yang Sering Masuk Rumah

Ular memiliki habitat yang sangat dekat dengan wilayah manusia tinggal. Perluasan wilayah manusia juga membuat tempat tinggal ular mengalami gangguan. Tentunya wilayah manusia tinggal berdekatan dengan sumber makanan yang dapat diraih dengan mudah. Hal ini juga yang menjadi pilihan ular-ular untuk berdekatan dengan sumber makanan tersebut, agar ketika mereka mulai bertelur, telur tersebut dapat disimpan di dekat sumber makanan untuk memudahkan bayi ular mendapatkan kebutuhan makanannya. Sumber makanan ular seperti, burung, kadal, tikus, cacing, jangkrik, bahkan katak.

Ular menyukai tempat-tempat yang hangat, lembab, sempit, gelap gulita, dan kotor, bahkan di sela-sela rumah. Hewan melata satu ini sangat menyukai tempat yang tidak dibersihkan, jadi jangan sampai membiarkan suatu tempat di rumah Kamu jarang diperhatikan dan kotor ya Pins agar rumah Kamu jauh dari keberadaan ular. Ular memiliki sifat yang berpindah-pindah tempat atau disebut nomaden. Hal ini dilakukannya setelah bertelur dan meletakkannya di suatu tempat yang dekat dengan sumber makanan. 

Cara Kamu mengantisipasi keberadaan ular di rumah adalah dengan menambah penerangan di sekitar rumah agar dapat melihat dengan jelas jika terdapat pergerakan ular. Lalu, Kamu juga bisa menggunakan wewangian yang menyengat berbahan dasar dari kapur, obat nyamuk, bahkan parfum. Selanjutnya, Kamu dapat menutup celah-celah dan lubang yang memungkinkan untuk ular memasukinya. Cara terakhir adalah dengan memburu tikus di rumah Kamu, karena tikus ini adalah salah satu makanan dari ular. Oleh karena itu, ular akan mencari tikus hingga ke rumah-rumah.

Berikut ini beberapa jenis ular yang sering masuk ke dalam rumah:

1. Ular Welang

ular ke rumah
Source : iStock

Jenis ular pertama yang sering masuk ke dalam rumah Kamu adalah ular welang. Ular ini memiliki ciri warna yang sangat mencolok dengan kulit belang-belang yang menjadi ciri khasnya, orang menyebut kulit belang ini seperti kumpulan gelang besar. Warna belang yang timbul merupakan perpaduan dari kuning dan hitam atau putih dan kuning. Tidak hanya itu, di bagian bibirnya juga terdapat warna kekuningan atau putih kusam seperti warna broken white yang menghiasi. Kepalanya berbentuk lebar dan sedikit menggepeng.

Nama lainnya adalah bungarus fasciatus, memiliki habitat di air tawar seperti sungai, danau, dan persawahan. Ternyata ular ini memiliki bisa bernama neurotoxcin yang akan membuat Kamu pingsan ketika tergigit. Ular welang dianggap sebagai ular yang tenang, tidak takut pada manusia, dan suka menghampiri kilauan cahaya. Itulah yang membuatnya selalu aktif di malam hari.

Baca juga: 10 Tanaman yang Ditakuti Ular dan Bisa Mengusirnya!

2. Ular Sanca

ular ke rumah
Source : iStock

Pasti Kamu sering sekali mendengar ular yang satu ini. Ini adalah ular sanca, ular sanca termasuk salah satu jenis ular yang sering masuk ke dalam rumah. Lagi-lagi hal ini terjadi karena rusaknya habitat mereka yang diulahkan oleh manusia atau perubahan alam. Biasanya karena habitatnya terendam banjir di musim penghujan, makanya mereka memutuskan pergi dari tempat tinggal aslinya, menuju ke tempat yang teduh dan menghangatkan. 

Ular berklasifikasi pythonidae memiliki ukuran yang sangat besar dan tebal, bisa mencapai 3 hingga 5 meter. Memang ular ini termasuk ular yang tidak berbisa, namun ketika mencari mangsa atau merasa terancam Kamu bisa dililit sangat kuat hingga kesulitan bernapas. Selain ini, Kamu juga dapat memahami penjelasan mengenai hewan mamalia!

3. Ular Kobra

ular ke rumah
Source : iStock

Jenis ular berikut ini sangat sering memasuki rumah Kamu. Banyak sekali bermunculan informasi menyedihkan akibat gigitan ular kobra yang menghampiri seseorang, menyebabkan orang tersebut kehilangan nyawanya. Bisa yang terkandung dalam gigitan ular kobra mampu membunuh manusia hanya dalam beberapa menit. Bahkan kobra dapat menyemburkan bisanya ke arah yang mereka mau, ketika bisa tersebut mengenai mata manusia, maka penglihatan kita akan rusak. Bahaya sekali bukan! Itulah mengapa kobra disebut sebagai ular mematikan di seluruh dunia.

4. Ular Tanah

jenis ular
Source : iStock

Ular selanjutnya yang tidak kalah bahaya dari bisa ular kobra, adalah ular tanah. Sesuai dengan namanya yaitu ular tanah memiliki warna yang dapat membuatnya samar-samar saat berada di sekitar tanah. Warna coklat tua dan corak bangun segitiga pada kulitnya semakin menambah kemiripan dengan tanah. Ular ini memiliki bisa yang dapat berbahaya bagi manusia. Walaupun tidak semematikan bisa ular kobra, namun racun yang terkandung di dalam bisa ular tanah tetap berbahaya ketika memasuki tubuh manusia.

Apakah ular termasuk hewan karnivora? Ketahui contoh hewan herbivora, karnivora, dan omnivora!

5. Ular Weling

jenis ular
Source : iStock

Ular kelima yang dapat dikategorikan sebagai jenis ular yang sering memasuki rumah adalah ular weling. Mungkin Kamu akan bertanya-tanya mengapa nama ular ini mirip dengan ular welang. Jawabannya adalah karena ular ini masih satu pohon keluarga dengan ular welang. Yang membedakan ular weling dan ular welang adalah ukuran dan bentuk tubuhnya. Ular weling memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan ular welang, lalu ular weling juga memiliki bentuk tubuh yang lonjong dan meruncing di bagian belakang.

Berbeda dengan ular welang, jika warna pada ular welang belang secara menyeluruh. Pada ular weling belangnya hanya berada di bagian atas saja, bagian bawah atau perutnya hanya memiliki satu warna yaitu putih. Ular weling berbisa loh Pins! Bisanya masuk ke dalam jenis neurotoxin yang berbahaya bagi manusia. Ditambah lagi dengan ukuran gigitan yang kecil dapat membuat manusia yang tergigit tidak menyadarinya. Hal ini berbahaya sekali, karena ketidaksadaran tersebut membuat korban tidak mendapatkan pertolongan pertama.

6. Ular Pucuk

jenis ular
Source : iStock

Ular berikut yang harus diwaspadai karena memungkinkan untuk masuk ke dalam rumah adalah ular pucuk. Jika mendengar ular pucuk, bukan berarti ular tersebut memiliki ukuran tubuh yang sama dengan ulat ya Pins! Ular ini memiliki panjang hingga 2 sampai 2,5 meter, bentuk bibirnya cukup unik seperti daun tanaman yang menguncup. Warnanya yang sama dengan warna tanaman, semakin membuatnya dapat berkamuflase di balik semak-semak atau dedaunan tanaman. Walaupun jenis ular satu ini tidak memiliki bisa, tetap harus diwaspasai ya Pins agar tidak menjadikan rumah Kamu sebagai sarangnya.

7. Ular Kadut

jenis ular
Source : iStock

Jenis ular selanjutnya yang harus Kamu kenali karena seringnya memasuki rumah adalah ular kadut. Pasti Kamu sering mendengarnya kan! Tenang saja ular kadut memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun saat melihat bentuknya mirip sekali dengan warna belut. Ular ini biasanya ikut bermunculan ketika banjir melanda pemukiman, karena memang habitat ular ini berasal dari rawa-rawa, sungai, dan area persawahan. Walaupun tidak memiliki bisa untuk meracuni aliran darah manusia, tetapi gigitannya cukup untuk membuat manusia merasakan sakit.

8. Ular Pipa

jenis ular yang sering masuk rumah
Source : iStock

Jenis ular urutan kedelapan yang memiliki kebiasaan memasuki rumah manusia adalah ular pipa. Seperti namanya, jenis ular satu ini sering kali memasuki rumah dengan menggunakan jalur pipa bawah tanah yang menghubungkan saluran air rumah Kamu. Warna kulitnya menghitam ditambahi corak garis-garis berwarna oranye. Ukuran ular jenis ini terbilang kecil, namun panjangnya mencapai 45 cm sampai 65 cm. Hewan melata satu ini tidak memiliki bisa, namun mampu menggigit dan melilit mangsanya.

Tambahkan pengetahuanmu dengan memahami adaptasi morfologi hewan!

9. Ular Hijau atau Ular Pohon

jenis ular yang sering masuk rumah
Source : iStock

Jenis ular kesembilan yang harus Kamu waspadai keberadaannya di dalam rumah adalah ular hijau. Sesuai dengan pemberian namanya, ular jenis ini hidup di lingkungan hijau seperti hutan karena sangat suka berada di atas pohon. Terlebih lagi warnanya yang hijau semakin dapat menyamarkan keberadaannya di antara daun-daun. Ular satu ini ada yang memiliki bisa dan ada juga yang tidak memiliki bisa. Oleh karena itu, Kamu harus selalu berhati-hati ya Pins, jika mengusirnya jangan sampai tergigit.

Baca juga: Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Ular Masuk Ke Rumah

10. Ular Cicak

jenis ular yang sering masuk rumah
Source : iStock

Apakah Kamu baru mendengar ular cicak? Betul sekali Kamu tidak salah membaca, ular cicak termasuk jenis ular yang sering memasuki kediaman manusia. Jenis ular yang dimasukan ke dalam urutan terakhir ini, diberikan penamaan yang unik karena pemilihan mangsanya yaitu berupa cicak. Ular jenis ini menjadikan cicak sebagai makanannya. Ciri-ciri fisiknya memiliki kulit yang berwarna coklat gelap dan terdapat tambahan corak putih yang menghiasi sisiknya.

Ular unik satu ini tidak melepas bisa dalam gigitannya, karena memang tidak memiliki bisa. Walaupun begitu, taringnya memiliki ketajaman dan daya cengkram yang kuat untuk membuat manusia merasakan kesakitan. Selain, disebut sebagai ular cicak, negara-negara lain memberikan julukan ular serigala.

Itulah beberapa jenis ular yang sering masuk ke dalam rumah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat Kamu mengenali bahaya dari jenis-jenis ular tersebut dan melaksanakan pencegahan untuk terbebas dari ular.

Baca juga4 Hewan Pengganggu di Rumah dan Cara Mengusirnya

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Villa Jatiluhur dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download