BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Inspirasi Desain Kamar Tidur Ala Jepang

12 Inspirasi Desain Kamar Tidur Ala Jepang

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Sep 18, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
kamar ala jepang

Bagi penggemar anime atau drama Jepang, mendesain ulang kamar menjadi ala Jepang menjadi keharusan. Dengan mengubah desain kamar ala Jepang, kamu akan semakin dekat dengan karakter atau idol favorit yang berasal dari negeri Sakura itu. 

Untuk itu, kamu pasti perlu tips dan ide desain untuk kamar tidur ala Jepang yang sesuai dengan film atau drama yang suka kamu tonton. Ide desain ini bisa diterapkan di rumah eksklusif milikmu, termasuk kamu yang menempati perumahan di Bekasi atau rumah bekas di Jaktim

Namun sebelum membahas ide desain kamar tidur ala Jepang, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu desain ruangan ala Jepang atau washitsu dan ciri-cirinya. 

Baca juga: Fungsi & Tips Desain Balkon Kamar Tidur Agar Semakin Cozy

Kamar Ala Jepang atau Washitsu

kamar ala jepang
Source : Pixabay

Desain kamar ala Jepang dikenal dengan istilah “washitsu”, yaitu adalah gaya interior yang terinspirasi oleh tradisi dan budaya Jepang. Washitsu ini mencakup seluruh desain interior khas Jepang, seperti kamar tidur hingga ruang tamu ala Jepang

Ciri paling kentara dari washitshu adalah penggunaan pintu geser atau fusuma sebagai penghubung antar ruangan. Karakteristik utama washitshu adalah kesederhanaan, keseimbangan, penggunaan elemen alam, dan pemanfaatan ruang dengan efisien. 

Secara tradisional, sebagian besar ruangan pada hunian Jepang bergaya washitsu. Namun, banyak rumah Jepang modern hanya memiliki satu washitsu, yang terkadang digunakan untuk menjamu tamu, dan sebagian besar ruangan lainnya bergaya Barat. 

Bahkan saat ini sudah banyak apartemen konstruksi baru di Jepang yang tidak memiliki washitsu sama sekali, melainkan menggunakan lantai linoleum atau kayu keras.

Selain pintu geser, washitshu biasanya juga menggunakan tikar tatami sebagai alas ruangan. Biasanya, orang-orang akan langsung duduk di atas tatami atau pada kursi rendah yang diletakkan di atas tatami. 

Sementara untuk tidur, masyarakat Jepang menyediakan kasur khas mereka yang disebut futon, yang akan dibentangkan pada malam hari dan dilipat pada pagi hari. 

Baca juga: 15 Pilihan Desain Kamar Tidur Hitam Elegan & Nyaman

Ciri Khas Washitshu

kamar ala jepang
Source : Pixabay

Washitsu adalah istilah dalam bahasa Jepang yang mengacu pada ruangan tradisional Jepang. Secara harfiah, “wa” berarti Jepang dan “shitsu” berarti ruangan, jadi “washitsu” secara keseluruhan berarti “ruangan Jepang”.

Karakteristik kunci dari washitsu adalah desain dan tata letak yang berakar dalam tradisi arsitektur Jepang. Beberapa ciri khas dari washitsu meliputi:

1. Tatami

Washitsu memiliki lantai yang dilapisi dengan tatami, yaitu alas lantai yang terbuat dari jerami dan kulit atau kain. Tatami memiliki ukuran standar dan memainkan peran penting dalam tata letak ruangan.

2. Fusuma dan Shoji

Ruangan Jepang sering dibagi menggunakan pintu geser kayu yang disebut fusuma dan dinding berbingkai kertas tipis yang disebut shoji. Fusuma adalah partisi ruangan yang sering dihiasi dengan lukisan atau seni, sementara shoji memungkinkan pencahayaan alami untuk masuk ke dalam ruangan.

3. Sederhana dan Minimalis

Furniture dan dekorasi washitsu cenderung minimalis dan sederhana, dengan fokus pada fungsi dan estetika yang seimbang. Washitsu sering didesain fleksibel dan dapat diubah sesuai kebutuhan, terutama dengan memanfaatkan sistem pintu geser dan partisi.

4. Pencahayaan Alami

Washitsu umumnya mendukung pencahayaan alami dengan penggunaan shoji dan jendela kaca, menciptakan atmosfer yang lembut dan nyaman.

Selain itu, bahan-bahan alam seperti kayu, bambu, dan kertas sering digunakan dalam konstruksi dan dekorasi washitsu.

Baca juga: 7 Perabot Kamar Tidur yang Wajib Ada di Apartemen Minimalis

Ide Desain Kamar ala Jepang

Tata letak dan desain kamar ala Jepang mencerminkan filosofi kesederhanaan, keseimbangan, dan harmoni dengan alam. Berikut adalah 12 ide desain kamar ala Jepang yang bisa kamu tiru.

1. Washitsu Minimalis

kamar ala jepang
Source : Pinterest

Desain kamar minimalis ala Jepang fokus pada penggunaan ruang yang efisien dengan furniture minimalis dan perabotan yang sederhana. Pemilihan warna netral seperti putih, abu-abu, atau cokelat membantu menciptakan kesan tenang dan lapang.

2. Tradisional dengan Tatami

kamar tidur ala jepang
Source : Pinterest

Desain kamar ini memasukkan tatami sebagai lantai utama. Tata ruang secara simetris untuk memaksimalkan estetika tradisional. Furniture kayu alami dengan warna netral menonjolkan unsur kealamian. 

3. Jepang-Scandinavia (Japandi)

kamar ala japandi
Source : Pinterest

Menggabungkan unsur-unsur desain Skandinavia dengan sentuhan Jepang menciptakan desain yang menawan. Gabungan warna putih bersih, kayu hangat, dan pencahayaan alami dari jendela besar memberikan kesan ringan, sederhana, namun hangat.

4. Kamar Shoji yang Terang dan Terbuka

kamar ala jepang
Source : Pinterest

Desain kamar ini menyoroti penggunaan shoji (partisi kertas) yang memungkinkan pencahayaan alami mengisi ruangan. Pintu geser shoji menciptakan fleksibilitas ruang. Desain terbuka ini memberi kesan lapang dan menyambut sinar matahari.

Baca juga: 8 Macam Jendela Kamar Tidur Sederhana Yang Fungsional

5. Eklektik Modern dengan Sentuhan Tradisional

kamar ala jepang
Source : Pinterest

Desain ini menggabungkan furniture dan dekorasi modern dengan aksen tradisional Jepang seperti lukisan, kimono dinding, atau taplak meja. Kombinasi antara elemen-elemen modern dan tradisional menciptakan tampilan yang unik dan menarik.

6. Desain Kamar Ryokan

kamar ala jepang
Source : Pinterest

Desain kamar ini mencakup tatami, futon, dan elemen tradisional Jepang. Penggunaan batu alami, lentera kayu, dan tanaman hijau memberikan sentuhan alami dan damai seperti suasana ryokan.

7. Kamar Kecil yang Optimal

kamar ala jepang
Source : Pinterest

Ide ini cocok untuk ruang yang lebih kecil. Tata letak simpel dengan tatami dan partisi kayu. Pilihan furniture yang bisa digunakan ganda seperti futon yang dapat digulung saat tidak digunakan membantu mengoptimalkan ruang.

8. Kamar Anak ala Jepang

kamar ala jepang
Source : Pinterest

Desain ini menghadirkan elemen-elemen Jepang dalam ruangan anak-anak dengan warna cerah seperti merah dan biru. Tatami mini atau karpet dengan motif tradisional menciptakan ruang bermain yang unik dan penuh energi.

Baca juga: Kenali 10 Tipe Ukuran Kamar Apartemen & Keunggulannya

9. Kamar Tidur Zen

kamar anak ala jepang
Source : Pinterest

Desain ini mengutamakan kenyamanan dan ketenangan. Gunakan warna-warna alami seperti kayu, batu, dan hijau tanaman untuk menciptakan atmosfer Zen. Gunakan elemen minimalis seperti tempat tidur rendah dan perabotan sederhana.

10. Onsen Vibes

kamar ala jepang
Source : Pinterest

Inspirasi datang dari onsen Jepang. Desain kamar yang menampilkan sentuhan batu alam, penggunaan kayu, dan cahaya alami yang lembut menciptakan suasana santai ala pemandian air panas tradisional Jepang.

11. Kombinasi Ruang Tamu dan Kamar Tidur

kamar ala jepang
Source : Pinterest

Gabungkan ruang tamu dan kamar tidur dengan konsep ruang terbuka yang mengoptimalkan ruang. Desain ini mencakup tatami di lantai dan futon yang dapat digulung saat tidak digunakan, menciptakan ruang multifungsi.

12. Kamar dan Ruang Kerja

kamar ala jepang
Source : Pinterest

Ruang kerja dengan sentuhan Jepang, menggunakan meja rendah dan kursi tanpa kaki. Dinding kayu alami atau partisi shoji memberikan tampilan tradisional, sementara elemen modern seperti laptop atau peralatan kerja menambah sentuhan kontemporer.

Setiap desain kamar ala Jepang memberikan nuansa dan pengalaman unik, sesuai dengan preferensi dan tujuan ruangan. Hal penting adalah menciptakan ruang yang memancarkan ketenangan dan kesederhanaan ala Jepang.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cikarang Griya Pratama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download