BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Rekomendasi Ventilasi Kamar Tidur Tanpa Jendela
0
0

10 Rekomendasi Ventilasi Kamar Tidur Tanpa Jendela

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mei 15, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
Kamar Tidur Tanpa Jendelatop-right-banner

Keberadaan jendela sangatlah krusial karena berfungsi mengakomodoasi sirkulasi udara dan masuknya dari sinar matahari ke dalam rumah. Kali ini Pinhome akan memberikan beberapa rekomendasi ventilasi kamar tidur tanpa jendela.

Idealnya, sebuah ruangan seperti kamar tidur harus mempunyai setidaknya satu jendela. Akan tetapi seringkali kita menemukan kamar tanpa menggunakan jendela. Tanpa kehadiran jendela, sirkulasi udara di dalam ruangan pun akan terhambat, sehingga kamar dapat terasa pengap dan lembap.

Selain itu jendela juga bisa memberikan pemandangan yang indah, meskipun sayangnya tidak selalu demikian, akan tetapi jika rumah Kamu menghadap ke laut atau pepohonan dengan daun hijau yang bisa memberikan kesejukan, hal ini pastinya akan berguna pada relaksasi dan suasana hati yang baik jika sebuah ruang kamar tidur dilengkapi dengan jendela.

Cek juga penjelasan soal simulasi KPR dan cara cek estimasi harga rumah di Pinhome. Kamu juga bisa cek daftar rumah dijual di bogor dan rumah second di kota Jakarta Pusat di sini, lho. 

Baca juga: 

Rekomendasi Ventilasi Kamar Tidur Tanpa Jendela

Jendela merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah bangunan atau rumah. Lalu bagaimana jika dalam ruangan tidak memiliki jendela? Cek rekomendasi penggantinya di bawah ini!

1. Menggunakan Evaporative Air Cooler

Kamar Tidur Tanpa Jendela
Source : Freepik

Secara sekilas, mesin yang satu ini mirip dengan dehumidifier. Bedanya, evaporative air cooler bisa menurunkan suhu dan mengatur tingkat kelembapan ruangan.

Kamu bisa memasukkan es atau air ke dalam tangki, yang nantinya dapat diubah menjadi hembusan udara dingin untuk disebarkan ke seluruh kamar. Evaporative air cooler sangat cocok diterapkan ke dalam desain kamar tidur 3×3 tanpa jendela.

2. Gunakan Dehumidifier

Source : Freepik

Dehumidifier dapat ditaruh di sudut manapun. Perangkat portabel ini bisa menyedot udara di dalam ruangan lalu menyaring debu, serbuk sari, atau polutan lain yang masuk melaluinya. Udara yang masuk pun akan dibersihkan dengan filter lalu dikeluarkan kembali ke dalam ruangan.

Dehumidifier juga bisa menyaring udara lembap. Udara tersebut akan mengembun di dalamnya, lalu menetes ke tangki yang ada di bawahnya.

Baca juga: Tips Membeli Air Purifier dan Perbedaanya dengan Diffuser serta Humidifier

3. Memasang Exhausted Fan

Source : Freepik

Pilihan ventilasi kamar tidur tanpa jendela lainnya yaitu exhausted fan, yang sering kita temukan dalam desain kamar tidur minimalis tanpa jendela. Berbeda dengan kipas angin konvensional, ventilasi yang satu ini bisa menyedot udara kotor yang ada di dalam kamar kemudian membuangnya keluar.

Tidak hanya itu, selain digunakan untuk kamar tidur, exhausted fan juga sering digunakan di dalam kamar mandi minimalis.

4. Menggunakan Kipas Plafon

Source : Freepik

Kipas angin yang dipasang di plafon rumah sangatlah efektif untuk mengatur aliran udara, terutama di dalam kamar kecil. Seperti yang kita ketahui, kipas angin sering digunakan oleh masyarakat yang hidup di tengah iklim tropis seperti Indonesia. Tidak hanya kipas plafon, Kamu juga bisa menggunakan kipas portabel.

Kamu bisa meletakkan kipas portabel di dekat pintu atau pada ujung ruangan agar tidak tersenggol orang yang lewat.

5. Membuat Lubang Ventilasi

Source : Freepik

Berikutnya kamu dapat memberikan lubang ventilasi pada kamar tidur Kamu yang tidak memiliki jendela. Kamu dapat membuat lubang kecil seperti contoh di atas atau membuat jalur udara yang lebih panjang.

Walaupun terlihat simpel, ventilasi kamar tidur minimalis ini dapat mengatasi kamar yang pengap akibat tidak ada kehadiran jendela.

6. Menggunakan Skylight Rumah

Source : Freepik

Cara yang dapat Kamu lakukan berikutnya untuk memberikan sirkulasi udara yang baik ke dalam kamar tanpa jendela berikutnya yaitu dengan memasang skylight rumah. Selain berguna untuk  mengalirkan udara segar, ide ventilasi kamar tidur tanpa jendela satu ini juga bisa memberikan pencahayaan yang maksimal ke dalam kamar tidur. Hal ini sudah sering digunakan pada banyak hunian di Indonesia.

7. Menambahkan Tanaman Untuk Memurnikan Udara

Source : Freepik

Kamu juga dapat meletakkan beberapa tanaman indoor pembersih udara di sudut-sudur ruangan untuk meningkatkan sirkulasi udara pada kamar tidur tanpa jendela. Sudah menjadi rahasia umum kalau beberapa varietas tanaman bisa membersihkan udara di dalam ruangan.

Beberapa contoh tanaman yang bisa membersihkan udara yaitu spider plant (Chlorophytum comosum), Peace Lily (Spathiphyllum), tanaman sri rejeki (Aglaonema simpletum), lidah ibu mertua (Sansevieria rifasciata), tanaman hias philodendron (Philodendron), sirih gading (Epipremnum aureum), pakis Boston (Nephrolepis exaltata), dan lain sebagainya.

8. Kipas Portable

Source : Dinomarket

Untuk membuat sirkulasi udara di kamar tanpa jendela dapat menambahkan kipas angin gantung yang bagus. Kamu juga dapat menaruh kipas portable dekat pintu atau ujung ruangan agar tidak tersenggol oleh orang yang lewat.

9. Pilih Warna Cerah

Source : Zillow

Untuk mendinginkan ruangan bisa dengan memakai warna cat tembok cerah. Misalnya warna putih cerah, hijau sage, warna kuning dan lainnya agar mampu memantulkan panas dalam ruangan.

10. Sering Buka Pintu Kamar

Source : Harapan Rakyat

Kamu perlu pula sering membuka pintu kamar agar tidak terlalu pengap. Dengan begitu sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik meski tanpa jendela.

Jika Kamu mempunyai kamar tidur yang tidak ada jendela, Kamu dapat mencoba beberapa ide di atas untuk meningkatkan kualitas hidup. Perlu diingat jika ventilasi sangatlah penting untuk keselamatan dan kesehatan Kamu. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Kamar Tidur Lesehan Hemat Budget

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Parama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download