BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Model Kanopi Tangga Luar yang Melindungi dari Sinar Matahari

7 Model Kanopi Tangga Luar yang Melindungi dari Sinar Matahari

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Nov 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Kanopi Tangga Luar

Tangga luar rumah bisa menjadi pilihan untuk rumah 2 lantai atau lebih dengan fungsi utama sebagai penghubung antara lantai bawah dan atas. Namun letaknya yang berada di luar rumah membuat tangga ini perlu pelindung atau kanopi. Berikut beberapa model kanopi tangga luar yang bisa jadi referensi. 

Adanya kanopi di atas tangga luar rumah menawarkan banyak manfaat. Kanopi bisa melindungi diri dari sinar matahari saat siang yang terik. Selain itu, adanya kanopi juga bisa menambah estetika desain eksterior rumah ketika memilih model yang tepat. 

Sebelum lanjut, kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue yang mempermudah proses pembelian dan penjualan properti. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari tahu estimasi harga rumah bekas di Jakarta Timur atau perumahan di BSD

Baca juga: Tips dan Trik Memilih Model Tangga Rumah Minimalis

Model Kanopi Tangga Luar

Kanopi Tangga Luar
Source : iStock Photo

Sebenarnya, kamu bisa memilih model kanopi apa saja yang ditawarkan tukang untuk di pasang di tangga luar. Perbedaan antara kanopi untuk keperluan lain dengan kanopi untuk tangga adalah pada ukurannya. 

Kanopi untuk keperluan lain tentunya memiliki ukuran yang lebih lebar, sesuai dengan area yang akan dilindungi. Sementara untuk tangga, ukuran lebarnya tentu lebih kecil karena lebar tangga hanya sekitar 1,5 sampai 2 meter saja. 

Material juga perlu menjadi pertimbangan dalam memilih kanopi untuk tangga ini. Beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan material kanopi antara lain cuaca, curah hujan, hingga area tangga apakah dekat dengan pepohonan. Tentunya material ini akan mempengaruhi anggaran yang perlu disiapkan untuk pemesanan hingga instalasi. 

Berikut beberapa ide model kanopi tangga luar untuk rumah kamu yang bisa dijadikan sebagai referensi. 

1. Gaya Industrial

Kanopi Tangga
Source : Pinterest

Industrial adalah konsep desain yang memberikan tampilan berkesan setengah jadi atau unfinished. Konsep industrial terlihat unik, to-the-point, dan apa adanya ini terinspirasi dari berbagai komponen industri. 

Kamu bisa menerapkan gaya industrial untuk kanopi penutup tangga. Dalam hal ini, pilih material yang kokoh dan kuat, seperti baja ringan atau besi, dengan dominasi warna hitam. Model ini akan memberikan kesan yang kuat bagi siapa saja yang melintas di tangga rumah. 

Baca juga: Cara Menghitung Trap Anak Tangga

2. Gaya Klasik

Kanopi Tangga
Source : Pinterest

Kamu yang suka dengan desain klasik bisa mempertimbangkan model kanopi yang satu ini. Kanopi ini menggunakan material genteng layaknya atap rumah, yang dilengkapi dengan kayu usuk dan reng. Dalam hal ini kamu juga bisa menguatkan kesan klasik pada material tangganya. 

Misalnya kamu menggunakan material kayu untuk anak tangga dan pegangan di sampingnya. Namun pertimbangkan pula posisi tangga. Mengingat letaknya di luar rumah, maka tangga akan terpapar sinar matahari dan hujan yang akan membuat kayu menjadi lapuk. 

Sebagai alternatif, pilih material tangga dari besi, baja ringan, atau aluminium. Material-material ini lebih kuat dan tahan terhadap permasalahan cuaca seperti paparan sinar matahari maupun hujan. 

3. Tangga Tertutup

Kanopi Tangga
Source : Pinterest

Tangga dalam gambar ini memang berada di luar rumah, namun modelnya dibuat seperti dalam ruangan tertutup. Model kanopi seperti ini bisa kamu jadikan opsi untuk mengantisipasi cuaca yang tidak menentu. 

Kamu bisa membuat kanopi dari kaca buram atau polycarbonate dengan rangka menggunakan besi hollow. Sementara area samping tangga ditutup menggunakan kaca bening sehingga pemandangan di dalam terekspos dari luar dengan mudah. 

4. Kanopi Melengkung

Kanopi Tangga
Source : Pinterest

Lengkungan pada kanopi ini hampir seperti setengah lingkaran. Desain ini memungkinkan untuk memberi perlindungan maksimal dari paparan sinar matahari saat terik maupun percikan air saat hujan. 

Bahan atau material yang digunakan untuk kanopi ini adalah polycarbonate. Namun kamu juga bisa menggunakan material lain, seperti kaca, solartuff, membran, hingga alderon. Dengan memilih model ini, selain perlindungannya maksimal, estetika eksterior rumah juga akan meningkat. 

Baca juga: Tips Mengecat Ulang Dinding Rumah untuk Pemula

5. Kanopi Berbelok

Kanopi Tangga
Source : Pinterest

Sebagai penutup, kanopi untuk tangga sejatinya didesain sepanjang tangga itu sendiri. Termasuk jika tangganya berbelok atau tangga spiral, maka kanopinya juga harus dibuat dengan model seperti itu. 

Seperti model tangga pada gambar yang berbelok ke kanan, maka kanopinya juga dibuat demikian. Adapun kanopi ini menggunakan material polikarbonat sebagai atap dan rangkanya menggunakan aluminium yang dicat. Kamu juga bisa menggunakan bahan kaca plexiglass sebagai pengganti polikarbonat.

6. Kanopi Sederhana

Kanopi Tangga
Source : Pinterest

Desain kanopi ini cukup sederhana dengan rangka yang tidak terlalu rumit. Atap kanopi yang terbuat dari material polikarbonat dibuat lurus ke atas sesuai dengan tangga yang akan dilindungi. Meski desainnya cukup sederhana, kanopi ini tetap mengedepankan fungsinya untuk melindungi dari sinar matahari. 

7. Kanopi Berukiran

Kanopi Tangga
Source : Pinterest

Jika dilihat sekilas, kanopi ini memang tampak biasa saja seperti kanopi sederhana di atas. Namun, model ini menambahkan ukiran pada bagian rangka yang membuatnya makin estetik ketika dipandang. Untuk hasil yang lebih bagus, kamu bisa memilih material atap dari kaca atau plexiglass yang bening transparan. 

Itulah beberapa model kanopi tangga luar yang bisa kamu jadikan referensi. Perlu diingat, dalam memilih model kamu harus mengutamakan fungsi dan ketahanan ketimbang desain, mengingat letaknya yang berada di luar rumah. 

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download