BlogPemilik PropertiDesain HunianKenapa Ular Masuk Rumah? Ini Dia Penyebabnya!

Kenapa Ular Masuk Rumah? Ini Dia Penyebabnya!

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Des 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard

Ular adalah salah satu hewan predator yang sangat membahayakan. Hewan reptil yang satu ini tidak jarang masuk ke dalam rumah, apalagi jika sedang musim hujan seperti sekarang ini. Walaupun terdapat ular yang tidak berbisa, tetap saja hewan yang satu ini tetap harus dihindari. Pada artikel ini, Pinhome akan menjelaskan kenapa ular masuk rumah? Simak penjelasnnya berikut ini.

Rumah menawarkan tempat yang nyaman bagi para ular untuk berlindung, bersarang, sekaligus untuk mencari makanan. Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan ular masuk ke dalam rumah, akan tetapi sebagian orang percaya hal tersebut dikarenakan datangnya makhluk halus. Sedangkan, tidak sedikit orang yang mempercayai datangnya ular kerumah merupakan pertanda buruk ataupun kehilangan anggota keluarga.

 Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung atau dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Penyebab Ular Masuk Rumah

Source : Flickr

Ular merupakan salah satu hewan yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Tentunya beberapa orang tidak mau ular memasuki rumah meraka. Akan tetapi, bagaimana jika ular sering masuk ke rumah walaupun telah diusir? Nah, mungkin saja karena terdapat beberapa penyebab yang jarang Kamu sadari. Berikut ini beberapa penyebab ular masuk rumah.

1. Terdapat Hama di Rumah

Alasan kenapa ular masuk rumah yang pertama yaitu terdapat hama di rumah. Kebanyakan orang yang berifikar jika tikus merupakan penyebab ular masuk rumah, padahal makanan ular tidak hanya tikus saja. Selain tikus, kehadiran hama di rumah seperti kadal, katak, dan hewan amfibi lainnya bisa menarik perhatian ular.

Hewan-hewan yang telah disebutkan yaitu sumber makanan bagi para ular. Tidak hanya itu saja, ular juga tertarik dengan telur burung dan bayi burung yang berada di sekitaran rumah Kamu. Jadi, sebaiknya Kamu harus memastikan lagi di rumah bersih dari binatang-binatang ini ya.

2. Tumpukan Batu

Tumpukan batu juga salah satu faktor kenapa ular masuk rumah. Terkadang di beberapa rumah minimalis ataupun rumah lainnya terdapat tumpukan batu sebagai ornamen hiasan. Walaupun indah, akan tetapi hiasan yang satu ini tentunya dapat menyimpan bahaya juga.

Hiasan seperti itu justru akan memancing ular untuk masuk rumah menurut pakar entomologi, Nancy Troyano, Ph. D. Ia mengatakan bahwa tumpukan batu bisa dimanfaatkan ular untuk menyelinap ke dalam rumah. Oleh karena itu, penghuni rumah harus berhati-hati ketika membuat hiasan di sekitar rumah.

3. Tumpukan Kayu

Source : Pixabay

alasan kenapa ular masuk rumah berikutnya yaitu terdapat tumpukan kayuTidak hanya daun dan batu saja, tumpukan kayu juga bisa menjadi bahaya bagi para penghuni rumah. Tumpukan kayu di halaman ternyata bisa memancing ular masuk ke dalam rumah menurut Utah State University. Hal ini dikarenakan, tumpukan kayu dapat dimanfaatkan oleh tikus dan hewan pengerat lainnya untuk bersembunyi disana.

Kehadiran hewan pengerat tentunya dapat mengundang ular untuk datang. Hal ini dikarenaka karena hewan melata ini memerlukan sumber makanan. Sehingga, dengan menyingkirkan tikus, penghuni rumah bisa mencegah ular secara tidak langsung agar tidak masuk ke dalam rumah.

4. Celah Rumah

Ular merupakan hewan berdarah dingin. Binatang yang satu ini memerlukan tempat berdiam untuk menyesuaikan suhu tubuhnya. Karena alasan itulah ular memilih masuk ke dalam rumah agar hewan melata ini bisa meningkatkan suhu tubuhnya.

Kemungkinan ular masuk ke dalam rumah akan meningkat jika terdapat celah-celah di rumah tidak ditutup. Dalam hal ini, ular bisa menyelinap melalui beberapa tempat. Waspadalah jika di rumah terdapat lubang, retakan, termasuk saluran pembuangan air.

5. Tumpukan Daun

Source : Pixabay

Tumpukan daun tidak hanya dapat mengotori rumah saja. Akan tetapi, dapat menarik perhatian ular untuk bersembunyi di sana juga. Sampah yang satu ini bisa dimanfaatkan oleh ular untuk berkamuflase. Hal tersebut dilakukan oleh ular guna melindungi dirinya dari pemangsa ataupun menunggu mangsa yang lewat.

6. Selang

Selang kerap kali ditumpuk begitu saja di halaman rumah, padahal benda yang satu ini dapat dimanfaatkan oleh ular untuk bersembunyi. Bahkan, selang yang kondisinya bocor dan menimbulkan genangan air bisa memancing ular untuk bersarang.

Karena alasan itulah selang sebaiknya diperhatikan kondisinya dan ditempatkan di tempat tertentu agar jauh dari jangkauan ular. Di dalam hal ini, Kamu bisa menggantungkan selang pada keran atau gantungan dinding agar ular tidak bersembunyi di tempat ini.

7. Sampah

Source : Pixabay

Sampah yang cepat terurai merupakan sumber makanan hewan pengerat, seperti mencit dan tikus. Dua hewan pengerat tersebut merupakan mangsa bagi para ular. Keberadaan sampah yang cepat terurai juga menawarkan tempat bagi para ular untuk bersembunyi sekaligus untuk menghangatkan tubuh.

Agar rumah bebas dari ular, ada baiknya sampah yang cepat terurai seperti sisa makanan dibuang ditempat sampah langsung. Jika tidak, hindari membuang daging atau susu ke halaman rumah karena aromanya bisa mengundang hewan pengerat datang yang pada gilirannya akan diikuti oleh ular. Cara lain yang bisa Kamu lakukan yaitu menyebarkan amonia di halaman agar hewan pengerat tidak datang.

Itu dia beberapa penyebab kenapa ular masuk rumah. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download