BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Rekomendasi Model Dak Rumah Kampung yang Sederhana
0
0

10 Rekomendasi Model Dak Rumah Kampung yang Sederhana

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jun 9, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Model rumah sederhana di kampung yang indah bisa menjadi suatu daya tarik tersendiri untuk beberapa orang. Udara yang lebih menyegarkan dan menyehatkan, cuaca yang lebih sejuk, dan lingkungan yang tidak tercemar oleh polusi udara merupakan salah satu nilai plus. Kali ini, Pinhome akan memberikan beberapa rekomendasi model dak rumah kampung yang sederhana. Simak artikel ini untuk mengetahuinya!

Baca juga: 8 Tips dan Trik Renovasi Rumah Kampung Serta Estimasi Biaya

Rekomendasi Model Dak Rumah Kampung yang Sederhana

Bentuk rumah yang minimalis di kampung menjadi salah satu yang paling disukai oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia. Karena, selain bentuknya yang elegan, rumah model minimalis pun juga dipercaya lebih mudah dalam hal perawatan.

Salah satu yang menjadi ciri khas rumah minimalis yaitu biasanya menggunakan atap yang terbuat dari beton. Material yang satu ini memang dikenal lebih baik dalam hal kekuatan dan juga dapat mengahadirkan nilai estetika yang lebih keren.

Bagi Kamu yang tertarik kepada model rumah seperti ini, simak baik-baik beberapa rekomendasi di bawah ini ya.

1. Model Dak Rumah Kampung yang Memanjang

Model dak rumah kampung saat ini yang cukup banyak diminati oleh banyak orang yaitu yang mempunyai sebuah desain yang memanjang. Cor-corannya pada bentuknya dapat menutupi teras dan terdapat sebuah bentuk memanjang yang menyatu dengan pagar.

Ruas ini dapat juga menjadi sebuah penutup untuk bagian atas sekaligus jika bisa ditanami dengan tanaman jalar yang menarik tentunya.

Baca juga: Rekomendasi 12 Desain Rumah 2 Lantai Sederhana di Kampung

2. Model Dak Rumah Kampung Minimalis Elegan

Source : HAUS Arquitetura

Kebanyakan orang yang menggunakan model dak rumah kampung sebenarnya mempunyai tujuan untuk membuat tampilan eksterior rumah lebih menarik dan bagus. Dak tipis yang terbuat dari beton yang pada bagian atasnya dibiarkan kosong menjadi salah satu model yang paling banyak digemari.

Terdapanya dak tipis di teras rumah sebenarnya dapat menjadi area untuk meletekkan lampu agar penerangan pada area teras terasa lebih baik.

3. Rekomendasi Rumah Type 36

Contoh berikutnya yaitu yang menggunakan atap kanopi guna melindungi kendaraan Kamu dari cuaca yang panas ataupun saat hujan. Tidak hanya digunakan sebagai garasi mobil saja, teras tampak depan rumah minimalis yang satu ini juga nyaman untuk digunakan sebagai area ruang tamu dengan tema outdoor.

Kamu dapat menempatkan sepasang kursi kayu pada model yang satu ini.

Baca juga: 7 Inspirasi untuk Model Rumah Letter U di Kampung

4. Menggunakan Ide Fasad yang Natural

Source : The Local Project

Desain rumah atap dengan dak lantai 1 yang satu ini mempunyai tampilan fasad yang sangat natural. Hal tersebut karena penggunaan batuan alam pada bagian tiang rumah minimalis dan juga pada sebagian dinding eksteriornya. Teras rumah minimalis modern yang satu ini akan terlihat lebih asri dengan tambahan taman depan yang cantik.

5. Atap Rumah Datar Dengan Full Dak

model dak rumah kampung
Source : Boutique Homes

Model yang satu ini sangat bisa Kamu pertimbangkan untuk Kamu aplikasikan pada hunian Kamu. Di mana untuk semua bagian atap rumahnya dibuat dak sehingga atap rumah akan terlihat datar. Model atap rumah yang datar satu ini dapat membuat tampilan rumah terlihat lebih elegan dan minimalis.

Jika mau, Kamu juga dapat menjadikan bagian rooftop sebagai tempat untuk bersantai ataupun bercocok tanam. Sehingga rumah Kamu akan terlihat lebih adem dan asri.

Baca juga: 10 Ide Dapur Sederhana dari Kayu dengan Nuansa Rumah Desa

6. Model Rumah Kampung Bersusun

model dak rumah kampung
Source : Essenziale HD

Model dak rumah kampung yang tidak kalah populer juga yaitu model bersusun. Terdapatnya dua dak yang dibuat bertingkat ini dapat menciptakan ilusi tampilan rumah yang lebih tinggi. Untuk bagian bawah rumahnya pun juga akan terasa lebih asri. Hal ini akan membuat tampilan eksterior rumah Kamu tentunya lebih menarik karena terlihat banyak lekukan pada rumah.

7. Rumah Dengan Type 21

Untuk model depan rumah tipe 21 ini terlihat sangat menarik dengan sentuhan sebuah taman kecil pada bagian depan pagarnya. Dengan lahan yang terbilang terbatas, model dak rumah kampung yang satu ini juga masih dapat mempunyai carport berkapasitas 1 mobil.

Guna mempercantik tampilannya, Kamu juga dapat menggunakan pagar yang terbuat dari material kayu. Sehingga dapat memberikan kesan yang lebih sejuk dan asri tentunya.

Baca juga: Desain Rumah Joglo Modern Beserta Dekorasinya

8. Model Dak Rumah Kampung yang Keren

Source : Remodel Holic

Model dak rumah kampung satu ini terlihat sederhan akan tetapi tetap kekinian. Agar lebih kokoh, dak tersebut dapat dibangun dengan menggunakan semen cor seperti contoh di atas. Tidak membutuhkan banyak pilar untuk mendapatkan model dak yang keren. Yang penting adalah keefisienan dari penggunaan pilar-pilar tersebut.

9. Dak Rumah Kampung dengan Carport

Source : NawaKaryaStudio

Rekomendasi model dak rumah kampung berikut ini memadukan dak dengan carport pada hunianmu. Penerapan model dak satu ini banyak sekali diterapkan pada hunian tradisional hingga modern, karena sangat simple.

Dak akan terlihat dengan sangat jelas di bagian samping rumah yang menjadi atap carportmu Pins.

Baca juga: 20 Desain Rumah Bambu Sederhana di Desa yang Nyaman

10. Model Dak Kayu Rumah Kampung

Source : Architonic

Model dak rumah kampung yang terakhir adalah pemanfaatan material kayu sebagai bahan dasar dak di rumah. Biasanya dak dibuat dengan bahan beton, tetapi kayu juga bisa Pins!. Penggunaan material kayu akan membuat penampilan hunian kamu menjadi unik dan artistik.

Material kayu pada dak akan membuat rumah kamu menjadi space saving, karena tampilannya lebih tipis dibandingkan dengan beton. Konsep ini terkenal dengan konsep Japandi.

Itu dia beberapa rekomendasi model dak rumah kampung yang dapat Kamu jadikan referensi. Semoga penjelasan di artikel kali ini dapat bermanfaat buat Kamu semua.

Baca juga: 

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download