BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Model Gazebo Bambu Minimalis dan Nyaman
0
0

10 Inspirasi Model Gazebo Bambu Minimalis dan Nyaman

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Sep 21, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Model Gazebo Bambutop-right-banner

Gazebo bambu bisa menjadi pilihan untuk dijadikan ruang bersantai di taman di depan rumah. Model gazebo bambu pun beragam, mulai dari yang sederhana, minimalis, hingga yang mewah. Namun, model yang dipilih harus disesuaikan dengan desain rumah agar selaras.

Adanya gazebo bambu akan membuat  rumah eksklusif seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD tampak lebih mewah. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur PinValue untuk membantu mengetahui estimasi harga rumah impian, termasuk harga rumah second di Jakarta Timur.

Sebelum membahas tentang model gazebo bambu, kamu perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan gazebo dari bambu sebagai bahan pertimbangan. Berikut ulasannya. 

Baca juga: 30+ Desain dan Model Gazebo Taman, Cocok untuk Santai!

Kelebihan dan Kekurangan Gazebo Bambu

Model Gazebo Bambu
Source : Pixabay

Gazebo adalah struktur paviliun, terkadang berbentuk segi delapan atau menara, yang sering dibangun di taman, kebun, atau area publik yang luas. 

Namun sekarang, gazebo juga digunakan untuk struktur kanopi seperti tenda dengan sisi terbuka yang digunakan sebagai tempat berlindung sebagian dari sinar matahari dan hujan pada acara di luar ruangan.

Gazebo bambu adalah pilihan yang menarik untuk mereka yang mencari solusi bangunan yang ramah lingkungan dan estetis. Beberapa kelebihan gazebo bambu adalah sebagai berikut. 

1. Ramah Lingkungan

Gazebo bambu adalah pilihan ramah lingkungan karena bambu adalah sumber daya alam yang cepat tumbuh dan dapat diperbarui dengan cepat. Bambu memiliki jejak karbon yang lebih rendah dibandingkan dengan banyak bahan bangunan lainnya, membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

2. Estetika Alami

Bambu memberikan estetika alami yang memukau. Serat dan pola alami bambu menciptakan nuansa hangat dan ramah, menyatu dengan alam sekitarnya. Gazebo bambu menghadirkan elemen kealamian dan keindahan yang unik, membuatnya cocok untuk berbagai gaya arsitektur dan taman.

3. Kuat dan Tahan Lama

Bambu memiliki kekuatan yang luar biasa, bahkan lebih kuat daripada beberapa jenis kayu. Meskipun ringan, bambu memiliki ketahanan yang baik terhadap beban dan tekanan. Dengan perawatan yang tepat, gazebo bambu dapat bertahan lama, menghadirkan investasi jangka panjang yang baik.

Baca juga: 11 Inspirasi Desain Gazebo Modern

4. Fleksibilitas Desain

Model Gazebo Bambu
Source : Pixabay

Bambu dapat dibentuk dengan mudah, memungkinkan berbagai desain gazebo yang kreatif. Dari tata letak sederhana hingga struktur yang lebih rumit, bambu dapat diadaptasi sesuai dengan preferensi estetika dan fungsionalitas, memungkinkan fleksibilitas dalam menciptakan gazebo yang unik dan personal.

Meski memiliki beberapa kelebihan seperti yang dijelaskan di atas, gazebo juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa dijadikan pertimbangan sebagai berikut. 

5. Perawatan yang Intensif

Gazebo bambu membutuhkan perawatan yang cukup intensif untuk mempertahankan keindahannya. Bambu rentan terhadap serangga dan kelembaban, sehingga perlu dilakukan perlakuan anti-serangga dan anti-jamur secara teratur.

6. Rentan terhadap Cuaca Ekstrem

Meskipun cukup kuat, bambu tidak sekuat logam atau beton. Gazebo bambu bisa lebih rentan terhadap kerusakan akibat cuaca ekstrem seperti badai, hujan deras, atau panas berlebihan. Dalam iklim yang keras, gazebo bambu mungkin memerlukan perawatan dan perbaikan lebih sering.

7. Biaya Perawatan

Perawatan gazebo bambu bisa jadi memerlukan biaya tambahan. Diperlukan lapisan pelindung, cat khusus bambu, dan perbaikan berkala untuk memastikan gazebo tetap dalam kondisi terbaik. Ini bisa meningkatkan biaya jangka panjang dibandingkan dengan bahan lain yang memerlukan perawatan yang lebih sedikit.

Baca juga: Kenali Karakteristik Kaca Riben dan 6 Keunggulannya

Model Gazebo Bambu

Bahan bambu memiliki fleksibilitas untuk dibuat dengan berbagai model. Berikut adalah model gazebo bambu yang bisa kamu jadikan inspirasi buat gazebo di taman rumah.

Gazebo Ala Jepang

Model Gazebo Bambu
Source : Pinterest

Mengusung desain klasik Jepang dengan atap berkubah, dinding bambu terbuka, dan dekorasi ala oriental. Gaya ini memberikan nuansa yang tenang dan damai.

Gazebo Bambu Bali

Model Gazebo Bambu
Source : Pinterest

Terinspirasi oleh arsitektur Bali, gazebo ini memiliki atap jerami, tiang-tiang bambu kokoh, dan dekorasi yang kaya akan motif etnis Bali. Memberikan sentuhan eksotis dan alami.

Gazebo Bambu Minimalis

Model Gazebo Bambu
Source : Pinterest

Desain simpel dengan garis-garis bersih dan bentuk minimalis. Biasanya memiliki atap datar atau sedikit melengkung, cocok untuk gaya arsitektur modern.

Gazebo Bambu Tropis

Model Gazebo Bambu
Source : Pinterest

Desain yang menghadirkan nuansa tropis dengan atap jerami, tata letak terbuka, dan dekorasi yang menggambarkan kehidupan alam tropis.

Gazebo Bambu Rustik

Model Gazebo Bambu
Source : Pinterest

Menggunakan bambu dengan kulit untuk memberikan kesan rustik. Atap bisa terbuat dari daun kelapa atau kayu untuk kesan alami yang kuat.

Baca juga: 12 Ide dan Model Gazebo dari Beton yang Kuat

Gazebo Bambu Eropa Klasik

Model Gazebo Bambu
Source : Pinterest

Menggabungkan elemen arsitektur klasik Eropa dengan bambu, menciptakan gazebo yang elegan dengan sentuhan tradisional dan antik.

Gazebo Bambu Modernis

Model Gazebo Bambu
Source : Pinterest

Desain yang lebih futuristik dengan elemen-elemen geometris, garis-garis tajam, dan struktur bambu yang lebih halus. Cocok untuk penggemar estetika modern.

Gazebo Bambu Taman

Model Gazebo Bambu
Source : Pinterest

Gazebo yang didesain untuk taman kering dengan tanaman tahan kekeringan. Penataan tanaman minimalis dengan struktur bambu yang ringan dan terbuka.

Gazebo Semi Tertutup

Model Gazebo Bambu
Source : Pinterest

Memiliki dinding bambu setengah tinggi dan atap terbuka untuk memberikan privasi sebagian dan tetap terhubung dengan lingkungan luar.

Gazebo Bambu Kolam Renang

Source : Pinterest

Gazebo yang dirancang untuk mengapit kolam renang, memberikan tempat berteduh dan bersantai setelah berenang. Desainnya harus mencocokkan dengan tema dan desain kolam renang.

Setiap model gazebo bambu memiliki karakteristik unik dan dapat disesuaikan dengan preferensi pribadi serta kebutuhan ruang. Pastikan untuk mempertimbangkan lokasi, ukuran, dan gaya arsitektur sekitar sebelum memilih model gazebo bambu yang sesuai.

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome. Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download