BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Inspirasi Model Rumah Pintu Samping yang Modern
0
0

7 Inspirasi Model Rumah Pintu Samping yang Modern

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mei 29, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jika Kamu menginginkan privasi di rumah Kamu, pintu samping rumah bisa menjadi pilihan. Kamu dapat melihat ke dalam rumah segera setelah Kamu membuka pintu depan, namun tidak demikian halnya dengan pintu belakang. Saat aku membuka pintu, aku tidak melihat apa pun di dalam apartemen melalui pintu samping.

Selain aspek fungsional, desain rumah pintu samping juga mempunyai nilai estetika tersendiri. Termasuk pintu samping agar sesuai dengan arsitektur keseluruhan. Di bawah ini beberapa inspirasi mendesain rumah dengan pintu samping.

Pengertian Pintu

Pengertian pintu sendiri adalah suatu bukaan  pada suatu dinding atau area yang memungkinkan terjadinya pergerakan antar ruang yang dibatasi oleh dinding atau area tersebut.

 Merupakan elemen yang tidak terpisahkan dari sebuah bangunan karena melambangkan penghubung antara satu ruang dengan ruang lainnya.

Fungsi Pintu

Berikut ini adalah fungsi pintu yang kamu perlu ketahui, antara lain:

  • Sebagai akses masuk dan keluar ruangan yang satu ke ruangan yang lain
  • Sebagai alat sirkulasi udara
  • Sebagai media penghantar cahaya alami dalam suatu ruangan

Bagian rumah ini kurang lebih sama dengan jendela, hanya saja pada bagian tersebut terdapat sebuah jendela memiliki keuntungan dalam menyediakan koneksi antara bangunan dan alam terbuka.

Material Pintu Model Rumah Pintu Samping

Berikut ini material-material pintu samping yang bisa Kamu terapkan:

1. Material Kayu

Material ini sangat umum digunakan untuk konstruksi pintu pada berbagai jenis bangunan. Jika finishingnya tepat, pintu kayu bisa memberikan nuansa alami pada rumah Kamu. Kayu solid dan kayu rekayasa adalah kayu yang biasa digunakan untuk membangun bagian rumah ini.

2. Pintu Plipit

Bagian ini mempunyai struktur papan dengan papan kayu yang disusun secara vertikal pada rangka kayu, dan mempunyai sifat stabil. Pintu lipit merupakan tipe tradisional dan jarang dipasang di rumah. Biasanya model ini dipasang di kamar mandi, gudang, kKamung, dan bagian belakang rumah.

3. Pintu Panel

Pintu masuk ini terdiri dari beberapa elemen panel kayu. Sering digunakan karena harganya terjangkau dan desainnya fleksibel. Selain itu, Kamu juga bisa memadukan material kaca pada bagian rumah ini.

4. Pintu Flush

Bagian ruangan ini relatif tidak terpengaruh karena terdapat area kosong di tengahnya. Terkadang bagian tengah ini diisi dengan kertas sarang lebah atau gabus. Pintu ini biasanya dipasang di dalam ruangan dengan sedikit modifikasi. Kami lebih menghargai fungsi daripada gaya.

Model Rumah Pintu Samping

Kamu sedang mencari inspirasi model rumah pintu samping untuk rumah Kamu, Pins!

1. Kombinasikan Pintu dengan Jendela Kaca

Source : Studio Mcgee

Jika Kamu membutuhkan pintu samping yang berukuran cukup besar, Kamu bisa menggunakan desain pintu samping ini. Karena model pintunya yang besar dan sederhana, terbuat dari bahan  kayu yang tahan lama sehingga memberikan tampilan klasik dan minimalis.

2. Hadap Ke Taman

Source : Ciano Port Beach

Mengapa tidak mencoba desain pintu samping ini? Pintu samping rumah terbuka ke arah taman yang memadukan gaya minimalis dan modern. Desain ini memberikan tampilan indah dan segar pada rumah Kamu karena terbuka langsung ke taman Kamu.

3. Desain Modern

Source : The Cottage Journal

Kombinasi desain ini mengedepankan fungsionalitas dan efisiensi. Bedanya, desain ini menggunakan  material  modern dengan pilihan warna cat  netral atau monokrom. Desain ini sangat cocok  bagi Kamu yang ingin membangun rumah saat ini, karena  bahan dan peralatan yang digunakan di dalam rumah modern.

4. Sederhana dengan Kayu

Source : Allison Ramsey Architect

Meski terlihat sederhana, namun memberikan kesan indah dan nyaman bagi yang melihatnya. Pintu ini cocok bagi Kamu yang mencari konsep minimalis. Menggunakan warna monokrom bisa membuat rumah Kamu semakin menarik. Untuk meningkatkan keawetan dan kestabilan pintu samping, sebaiknya gunakan bahan dasar kayu jati.

5. Pintu dengan Teralis Besi

Source : Tatum Brown

Desain pintu samping berikut ini menggunakan kisi-kisi baja. Desain ini sangat cocok bagi Kamu yang menginginkan konsep minimalis pada rumahnya. Kamu juga bisa menentukan model teralis yang sesuai dengan konsep hunian Kamu. Pintu ini sangat cocok bagi mereka yang menginginkan privasi lebih di rumahnya.

6. Desain Rumah Tropis

Source : Pin IMG

Berikut desain pintu rumah minimalis bergaya tropis. Desain ini sebagian besar menggunakan material kayu dengan warna senada sehingga sangat cocok dipadukan dengan konsep minimalis. Selain itu, desainnya yang dikelilingi tanaman cantik memberikan kesan asri, sejuk, dan nyaman bagi penghuninya.

7. Desain Warna Monokrom

Source : Gaglower Eiche

Kunci sukses rumah berkonsep minimalis adalah pemilihan warna yang tepat dan tidak memasukkan terlalu banyak warna. Menggunakan warna yang senada dengan pintu belakang rumah Kamu dapat memberikan tampilan yang minimalis dan sederhana.

Itulah dia model rumah pintu samping yang bisa kamu tiru, semoga bermanfaat Pins!

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download