BlogPemilik PropertiDesain Hunian13 Inspirasi Model Tangga Luar Rumah atau Outdoor yang Awet
0
0

13 Inspirasi Model Tangga Luar Rumah atau Outdoor yang Awet

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Sep 14, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
model tangga luar rumahtop-right-banner

Tangga memainkan peran penting bagi rumah dengan dua lantai atau lebih. Keberadaannya juga cukup sentral dengan desain tangga rumah yang menambah estetika. Selain berada di dalam, model tangga luar rumah juga bisa menjadi alternatif pilihan. 

Model tangga luar rumah tidak hanya menjadi penghubung antar lantai saja namun mampu mempercantik rumah. Tak heran bila desain tangga rumah semakin berkembang setiap tahunnya, termasuk desain tangga luar rumah.

Sebelum lanjut, kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue yang mempermudah proses pembelian dan penjualan properti. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari tahu estimasi harga rumah bekas di Jakarta Timur atau perumahan di BSD

Baca juga: Tips dan Trik Memilih Model Tangga Rumah Minimalis

Kelebihan Tangga Luar Rumah

model tangga luar rumah
Source : Pixabay

Tangga luar rumah adalah elemen penting dalam arsitektur dan desain rumah yang memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhitungkan dalam perencanaan dan pemeliharaan rumah.

Berikut adalah beberapa kelebihan memiliki tangga di luar rumah yang perlu kamu ketahui.

1. Memudahkan Akses dan Fungsional

Tangga luar rumah memberikan akses yang mudah ke pintu depan atau bagian belakang rumah. Selain itu, tangga ini juga menciptakan jalur yang jelas dari area parkir atau trotoar ke pintu masuk rumah, yang memudahkan penghuni dan tamu untuk masuk atau keluar dari rumah dengan nyaman. 

Dengan demikian, tangga luar rumah memainkan peran yang sangat penting untuk meningkatkan aksesibilitas dan fungsionalitas rumah.

2. Menunjang Estetika

Tangga luar rumah dapat menjadi elemen estetis yang kuat dalam desain eksterior rumah. Dengan desain yang tepat, tangga luar rumah akan meningkatkan penampilan rumah, menciptakan daya tarik visual yang positif, dan memberikan sentuhan estetika pada rumah.

3. Penyimpanan Tambahan

Tangga luar rumah seringkali memiliki ruang di bawahnya yang dapat digunakan sebagai penyimpanan tambahan. Kamu bisa memanfaatkan ruang itu untuk menyimpan peralatan taman depan rumah, sepeda, atau bahkan sebagai ruang penyimpanan outdoor yang aman.

4. Menambah Keamanan

Tangga luar rumah yang dirancang dengan baik akan memberikan keamanan tambahan. Pasalnya, tangga ini biasanya dilengkapi dengan pegangan tangan atau rel tangga yang kuat, yang membantu mencegah jatuh atau kecelakaan saat naik atau turun tangga. 

Selain itu, tangga juga bisa membantu melindungi rumah dari air hujan atau banjir dengan menjaga permukaan lantai rumah tetap kering.

Baca juga: Cara Menghitung Trap Anak Tangga

Kekurangan Tangga Luar Rumah

model tangga luar rumah
Source : Pixabay

Di samping kelebihan-kelebihan tersebut, tangga luar rumah juga menyimpan beberapa kekurangan sebagai berikut. 

1. Menambah Biaya Perawatan

Tangga luar rumah memerlukan perawatan tambahan yang teratur. Pasalnya, paparan hujan dan panas bisa menyebabkan kerusakan pada material tangga seperti kayu atau beton. Perawatan seperti pengecatan ulang, perbaikan, atau penggantian material mungkin diperlukan secara berkala

2. Membatasi Ruang

Tangga luar rumah sudah pasti mengambil sebagian ruang di halaman depan atau belakang rumah. Hal ini mungkin menjadi kendala jika kamu memiliki lahan yang terbatas atau jika ingin memaksimalkan penggunaan ruang eksterior untuk keperluan lain seperti taman atau area bermain.

3. Menambah Biaya Konstruksi

Membangun atau merenovasi tangga luar rumah dapat menambah biaya konstruksi secara keseluruhan. Biaya renovasi rumah ini termasuk untuk material, tenaga kerja, dan perawatan rutin seperti perbaikan atau penggantian komponen yang rusak.

4. Potensi Bahaya

Tangga luar rumah yang rusak atau tidak terawat dapat menjadi sumber bahaya. Mereka bisa menjadi licin saat basah, yang dapat menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, perawatan dan pemeliharaan yang tepat sangat penting untuk menjaga keamanan penghuni rumah.

Baca juga: Tips Mengecat Ulang Dinding Rumah untuk Pemula

Model Tangga Luar Rumah

Secara umum, model tangga yang ada di dalam rumah bisa diterapkan di luar rumah juga. Pertimbangannya adalah pada fungsi tangga dan ketersediaan ruang atau lahan. Berikut beberapa model tangga luar rumah yang bisa menjadi inspirasi. 

Tangga Spiral

model tangga luar rumah
Source : Pinterest

Tangga spiral adalah pilihan yang bagus untuk ruang yang terbatas. Desain tangga ini berputar 360 derajat dan dapat menambah sentuhan unik pada eksterior desain rumah.

Tangga Beton

model tangga luar rumah
Source : Pinterest

Model tangga beton adalah model yang kuat dan tahan lama. Tangga ini bisa dibuat dengan berbagai gaya, termasuk beton polos, beton dicor dengan motif, atau bahkan beton berwarna.

Tangga Kayu

model tangga luar rumah
Source : Pinterest

Model tangga kayu memberikan akan tampilan alami dan hangat pada rumah. Desain tangga outdoor ini cocok untuk gaya rumah yang lebih tradisional atau rustik.

Baca juga: Cara Menghitung Trap Anak Tangga Lurus dan Melingkar

Tangga Batu

model tangga luar rumah
Source : Pinterest

Model tangga batu ini berbeda dengan beton yang memang dicor dengan semen. Pasalnya tangga batu menggunakan material dari batu alam yang memberikan tampilan yang elegan dan tahan lama.

Tangga Aesthetic

model tangga luar rumah
Source : Pinterest

Kamu yang mengedepankan estetika bisa memilih model tangga luar rumah yang aesthetic ini. Ada dua anak tangga di sisi kanan dan kiri, yang pada bagian bawah akan bertemu di tengah. 

Tangga Logam

model tangga luar rumah
Source : Pinterest

Selain tangga spiral, tangga dari bahan logam bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dijadikan tangga luar rumah. Tangga logam cenderung lebih ringan dan mudah dirawat. 

Tangga Terapung

model tangga luar rumah
Source : Pinterest

Model tangga terapung atau tangga floating memberikan tampilan modern dan minimalis. Desain tangga tampak seperti melayang di udara dan memberikan kesan ringan.

Tangga Kaca

model tangga luar rumah
Source : Pinterest

Model tangga ini juga bisa menunjang estetika di rumah. Tangga kaca memiliki treads atau langkah-langkah yang terbuat dari kaca, memberikan tampilan transparan dan kontemporer.

Tangga Industrial

model tangga luar rumah
Source : Pinterest

Gaya desain industrial adalah konsep desain yang memberikan tampilan berkesan setengah jadi atau unfinished. Konsep industrial terlihat unik, to-the-point, dan apa adanya ini terinspirasi dari berbagai komponen industri. 

Baca juga: 10 Model Tangga Rumah Minimalis dan Simpel Untuk Rumahmu

Tangga Tidak Berundak

model tangga luar rumah
Source : Pinterest

Berbicara tentang tangga, maka desain yang umum adalah berundak. Namun untuk tangga luar rumah, kamu bisa menggunakan model tangga tanpa undakan.

Tangga Bambu

model tangga luar rumah
Source : Pinterest

Material tangga dari bambu disebut-sebut lebih kuat dan tahan lama daripada tangga kayu. Tangga bambu cocok untuk desain yang terinspirasi alam serta memberikan tampilan tropis dan eksotis.

Tangga Bertingkat

model tangga luar rumah
Source : Pinterest

Model tangga berundak memiliki langkah-langkah yang terbagi menjadi beberapa tingkat, menciptakan tampilan yang menarik dan memberikan ruang yang lebih besar.

Tangga Tertutup Kanopi

model tangga luar rumah
Source : Pinterest

Model tangga outdoor ini tampak berbeda dengan desain yang lain. Pasalnya tangga ini tertutup kanopi pada bagian atas sehingga kamu terlindung dari paparan hujan saat melintas. 

Pilihan model tangga luar rumah akan sangat tergantung pada gaya rumah, anggaran, dan preferensi pribadi. Penting untuk mempertimbangkan keamanan, tampilan estetika, dan perawatan saat memilih model yang diinginkan.

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Kertamukti Sakti Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download