BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Desain Mushola Kecil di Luar Rumah
0
0

15 Desain Mushola Kecil di Luar Rumah

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Mei 23, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
mushola kecil di luar rumahtop-right-banner

Desain rumah minimalis biasanya tidak begitu banyak memiliki ruangan yang bisa dimanfaatkan. Kecuali untuk kegunaan utama seperti kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Walaupun ruangannya terbilang pas, namun rumah minimalis memiliki sisa tanah atau halaman yang dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan kebutuhan kita. Sehingga jika memiliki keinginan tersendiri, dapat membuat mushola kecil di luar rumah. Simak artikel ini untuk mengetahui desain mushola kecil di luar rumah!

Baca juga: 5 Inspirasi Ukuran Mushola dalam Rumah yang Ideal

Desain Mushola Kecil di Luar Rumah

Berikut adalah beberapa desain mushola kecil di luar rumah yang tetap manis tapi tidak mengambil jatah ruangan dalam rumah. Kamu bisa mengalihfungsikan ataupun membuat area dalam rumah lebih besar.

1. Mushola Kecil di Luar Rumah Nuansa Saung

mushola kecil di luar rumah
Source : RCTI Plus

Pilihan terbaik tentu mendedikasikan satu area tertentu di luar rumah menjadi mushola kecil. Gaya yang paling sering dipilih adalah nuansa saung atau bale-bale yang dijamin menambah kesejukan beribadah.

Desain gazebo bisa kamu wujudkan dengan lantai biasa atau marmer yang akan menambah kemewahan dari mushola saung. Tapi jika bisa, tambahkan aksen kayu-kayuan agar kesan saungnya tetap terasa dan menambah syahdu aktivitas sholat Kamu.

Biasanya, konsep saung atau bale-bale memiliki pilar-pilar yang menyangga setiap ujung atau sudut ruangannya. Pilar-pilar ini selain dengan ubin biasa, bisa juga dihias dengan anyaman atau hal lain yang sesuai jika ingin konsep tradisional terasa lebih kental.

Baca juga: 8 Model Jendela Mushola Minimalis

2. Mushola yang Dikelilingi Taman

mushola kecil di luar rumah
Source : Pinterest

Mushola luar ruangan tentu identik dengan hal-hal yang tidak banyak ditemukan di dalam rumah, salah satunya adalah taman. Tidak ada salahnya membuat sudut luar ruangan menjadi mushola dengan menambahkan tanaman-tanaman sebagai hiasannya.

Komposisi tanaman-tanaman yang berwarna hijau akan membuat rasa tenang muncul dan menjaga khusyu ketika beribadah. Coba dekor juga mushola yang dikelilingi taman itu dengan perlengkapan yang sesuai seperti sajadah berwarna hijau atau cokelat dan rak-rak berwarna senada.

Jenis tanaman yang dipilih juga bisa menyesuaikan konsep yang diinginkan dan tetap memperhatikan komposisi agar tidak berlebihan. Misalnya, ada beberapa tanaman berdaun lebar seperti monsterra tapi juga imbangi dengan tanaman kecil-kecil seperti kaktus agar menambah estetik mushola tersebut.

3. Mushola Semi Outdoor dengan Parket

mushola kecil di luar rumah
Source : Pinterest

Jika tidak ingin mushola yang terlalu jauh dengan rumah, bisa menerapkan konsep mushola semi outdoor. Letaknya tetap terpisah dengan rumah, namun masih memiliki atap dengan aksen outdoor yang segar. Selain itu, jika siang hari akan mendapat sinar matahari alami dari penggunaan roster.

Dengan penghubung tempat wudhu mini, coba aplikasikan parket kayu di area sholat agar tidak terlalu licin ketika air membasahi lantai selepas mengambil wudhu. Bisa juga menambahkan karpet tipis berwarna senada.

Baca juga: 15 Desain Mushola Minimalis Terbuka di Rumah

4. Mushola Kecil di Luar Rumah dengan Sekat

Source : Line Interior

Mushola di luar ruangan tentu akan mendapat banyak sinar matahari di pagi dan siang hari. Memang alami tapi di beberapa waktu akan menjadi panas dan terik meski memiliki atap. Cara mengakalinya adalah memberikan sekat yang bisa dilipat atau diperkecil di sisi-sisi mushola luar ruangan tersebut.

Sebaiknya, pilih juga partisi yang memiliki rongga atau lubang-lubang agar mushola tidak tertutup seluruhnya. Hal tersebut bertujuan agar memiliki akses sirkulasi udara yang baik dari rongga-rongga tersebut.

Tidak hanya sekat lipat dari kayu misalnya, Kamu juga bisa memilih sekat ruangan mushola luar ruangan ini dengan tirai agar lebih fleksibel dan tidak kaku. Pilihan lainnya adalah gantungan rajutan yang kini menjamur seperti hiasan dreamcatcher besar.

5. Mushola Rooftop

Source : Suba Arch

Jika tidak memiliki tanah luar rumah yang cukup untuk mushola, Kamu bisa memilih mushola berkonsep rooftop di atas rumah. Mushola satu ini dijamin akan membuat siapapun betah jika memiliki penerangan dan konsep yang nyaman. Bila lahannya cukup luas, kamu pun bisa menambahkan ruang nyaman untuk istirahat.

Sediakan pula tempat wudhu yang juga tidak jauh dari mushola ini agar tidak repot mengambil air ke lantai di bawahnya. Dikarenakan berada di bagian paling atas, Kamu bisa menyesuaikan plafonnya dengan lebih nyaman. Pilih plafon tinggi dengan bahan plafon PVC atau lainnya agar mushola rooftop ini tetap sejuk dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Sudah bukan hal aneh jika langit-langit yang tinggi akan membuat ruangan lebih lapang. Hal ini juga bisa menghemat penggunaan air conditioner karena biasanya, area paling atas rumah akan semakin panas jika matahari bersinar terik.

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Plafon Mushola Rumah yang Menenangkan

6. Mushola Teras Belakang Rumah

Source : Pinterest

Desain teras rumah juga bisa dimanfaatkan sebagai mushola ketimbang hanya menjadi teras kosong, khususnya di belakang rumah. Mushola yang biasanya berdesain tertutup akan sedikit berbeda dengan konsep teras belakang ini.

Kesejukan tidak perlu dikhawatirkan karena udara dan angin akan datang dari banyak penjuru. Tinggal tambahkan karpet dan sajadah minimalis sebagai tanda area tersebut adalah mushola serta dekorasi rak duduk atau rak gantung untuk meletakkan perlengkapan sholat agar tetap bersih ketika tidak dipakai.

7. Mushola Kecil di Luar Rumah Estetik

Source : Pinterest

Mushola luar ruangan tidak perlu selalu bertema alam seperti tanaman atau kayu-kayuan. Kamu bisa memilih konsep imut atau estetik seperti shabby chic agar tetap nyaman dan hangat ketika beribadah.

Warna-warna pastel bisa dipilih dengan perabotan pendukung berwarna senada. Bisa juga tambahkan dekorasi nuansa islami seperti lafal Allah dan Rasulullah tapi dari rajutan agar nuansa shabby atau boho chic tetap terasa. Sisipkan juga bantal-bantal kecil yang bisa membuat kegiatan membaca kitab suci menjadi lebih nyaman.

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Unik Mushola di Halaman Rumah 

8. Desain Mushola Terbuka

Source : instagram.com/titi_kamall

Konsepnya semi terbuka dengan menggunakan kanopi di atasnya sementara dinding terbuat dari roster agar memaksimalkan cahaya. Pemakaian kanopi adalah melindungi area sholat dari debu dan tetesan hujan ketika tidak digunakan.

9. Mushola Gaya Industrial di Samping Rumah

Source : Arsitag

Jika hunian memiliki konsep industrial maka interior mushola ini akan sangat serasi. Dindingnya dibuat dari semen dan bata ekspos serta penambahan indirect lighting untuk area arah kiblat.

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Rumah 3 Kamar Tidur 1 Mushola

10. Desain Mushola Dengan Atap Kayu

Source : Pinterest

Model mushola ini menggunakan atap kayu agar terkesan hangat. Ditambah lagi dengan lampu gantung futuristik untuk penerangan di malam hari.

11. Mushola Mini di Halaman

Source : Pinterest

Desain mushola kecil di luar rumah berikutnya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan desain lainnya. Mushola ini dibuat kecil karena hanya digunakan oleh anggota keluarga atau tamu saja yang datang berkunjung.

Walaupun mushola dibuat tidak terlalu luas, tetapi jika fungsi dimaksimalkan dengan baik maka akan membuat ibadah kita menjadi nikmat. Contohnya dengan pemaksimalan pada gambar, desainnya simpel namun terasa mewah.

Gunakan hiasan kaligrafi dan tanaman yang menempel di dinding agar mushola terkesan adem. Jangan lupa untuk menambahkan tempat wudhu yang mini.

Baca juga: 12 Pilihan Warna Cat Mushola yang Mewakili Kesan Hangat dan Damai

12. Mushola Kecil di Dekat Belakang Dapur

Source : Pinterest

Desain mushola kecil di luar rumah kedua belas adalah mushola di halaman belakang yang dekat dengan dapur. Tempatnya yang terbuka hanya menggunakan kanopi sebagai pelindung dari hujan dan cahaya matahari, membuat tempat ibadah ini sangat adem dan sejuk.

Kamu dapat menambahkan rak lemari sebagai tempat menaruh peralatan sholat agar lebih rapi dan tidak mudah kotor.

13. Mushola Minimalis Tertutup di Halaman Samping

Source : Pinterest

Desain mushola kecil di luar rumah selanjutnya adalah mushola tertutup di halaman samping. Untuk memaksimalkan ruang agar tidak terasa sempit, gunakan rak kayu yang menempel di dinding sebagai pengganti lemari. Tambahkan kipas angin gantung agar tidak panas ketika beribadah.

Baca juga: 5 Desain Mushola dan Tempat Wudhu dalam Rumah yang Simple

14. Mushola Kecil Berunsur Kayu

Source : Pinterest

Desain mushola kecil di luar rumah keempat belas adalah desain mushola yang menggunakan unsur kayu. Penggunaan unsur kayu yang tepat akan membuat mushola kamu terlihat estetik seperti pada gambar.

Dengan menggunakan lantai kayu beserta dengan rak kayu yang menempel di dinding, suasana yang terbangun dalam mushola ini menjadi hangat dan menenangkan. Cocok untuk beribadah! Lampu yang digunakan adalah lampu downlight.

15. Mushola Kecil dengan Plafon Tinggi

Source : Pinterest

Desain mushola kecil di luar rumah yang terakhir adalah mushola dengan plafon tinggi. Walaupun dibuat dengan ruang yang kecil, Pins dapat meninggikan plafon di mushola tersebut agar ruangan tidak pengap.

Pins dapat menambahkan tempat berwudhu berukuran kecil. Jika Pins tidak memiliki cukup ruang untuk membangun tempat berwudhu, maka Pins dapat berwudhu di garasi rumah.

Itulah beberapa rekomendasi desain mushola kecil di luar rumah yang bisa Kamu pilih dan aplikasikan, Pins. Apakah ada yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu? Semoga bermanfaat ya!

Baca juga:

Feature Image Source: Builder.id


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download