BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Referensi Model Pagar Rumah Ala Jepang yang Simple
0
0

7 Referensi Model Pagar Rumah Ala Jepang yang Simple

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Okt 30, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
pagar rumah ala jepangtop-right-banner

Bagi penggemar anime atau drama Jepang, mendesain pagar rumah ala Jepang menjadi keharusan. Dengan mengubah eksterior rumah yaitu pagar menjadi ala Jepang, kamu akan semakin dekat dengan karakter atau idol favorit yang berasal dari negeri Sakura itu. 

Untuk itu, kamu pasti perlu tips dan ide desain untuk pagar ala Jepang yang sesuai dengan film atau drama yang suka kamu tonton. Ide desain ini bisa diterapkan di rumah eksklusif milikmu, termasuk kamu yang menempati perumahan di Bekasi atau rumah bekas di Jaktim

Namun sebelum membahas ide desain pagar ala Jepang, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu desain eksterior ala Jepang yang dikenal dengan gaya arsitektur “zen”. 

Baca juga: 13 Desain Gapura Keren untuk Perumahan atau Cluster

Mengenal Eksterior Zen ala Jepang

pagar rumah ala jepang
Source : iStock

Eksterior zen adalah gaya arsitektur dan desain luar ruangan yang mengadopsi prinsip-prinsip dari filosofi zen Jepang. Gaya arsitektur ini menitikberatkan pada kesederhanaan, keteraturan, dan koneksi dengan alam sebagai cara untuk mencapai keseimbangan dan ketenangan.

Eksterior zen biasanya menggunakan material-material alami, seperti kayu, batu, atau bambu untuk membangun struktur-struktur luar ruangan, seperti teras rumah, pagoda, taman, hingga pagar rumah. 

Material-material ini dipilih karena kemampuan mereka untuk menciptakan suasana yang alami dan sejuk.

Selain material, gaya arsitektur zen juga memberikan perhatian pada fitur-fitur lain di luar ruangan yang menunjukkan kesederhanaan dan keteraturan. Dalam hal ini, kamu bisa menambahkan patung atau benda alami secara simetris, hingga air mancur taman yang tenang. 

Selain itu, eksterior zen ala Jepang juga menekankan pentingnya koneksi dengan alam. Taman-taman yang dibuat dengan gaya ini biasanya dilengkapi dengan pohon-pohon, batu-batu, atau tanaman-tanaman yang ditanam secara alami. Tujuannya untuk membantu penghuni merasakan koneksi dengan alam dan menenangkan pikiran.

Baca juga: 10 Perumahan Dekat Gerbang Jalan Tol dan Keuntungannya

Karakteristik Eksterior Zen

pagar rumah ala jepang
Source : iStock

Konsep dari Zen berdasarkan pada konsep “kuu” yang memiliki artian kekosongan, void, atau langit. Bisa disimpulkan zen adalah pencarian akan kedamaian dan ketenangan yang berpadu dengan keharmonisan serta keseimbangan yang alami sehingga menghasilkan desain yang sederhana.

Dalam skripsi karya Greciana Olivia Putri berjudul “Kawasan Destination Spa dengan Pendekatan Filosofi Zen”, disebutkan beberapa hal yang menjadi karakteristik Zen, sebagai berikut:

1. Fukinsei (不均斉) atau Asimetris

Asimetris artinya tidak teratur, tidak rata, atau tidak sempurna. Pada filosofi zen, keindahan dapat ditemukan dalam ketidaksempurnaan. Seperti bentuk lingkaran yang memiliki bagian yang tidak sempurna.

2. Kanso (簡素) atau Kesederhanaan

Kesederhanaan dapat diterapkan dalam penggunaan warna yang tidak mencolok. Sebagai contoh penggunaan tinta hitam pada lukisan China. 

3. Koko (考古) atau Kering

Merupakan gambaran dari kematangan yang artinya memiliki pengalaman dalam menempuh waktu dalam kehidupan. Dalam konsep Buddhisme Zen, tua berarti telah mencapai tingkat tertinggi dalam kesenian.

Baca juga: 7 Rekomendasi Warna Cat Pagar Rumah Terekeren dan Tipsnya

4. Shizen (自然) atau Kealamian

Alami adalah sesuatu yang bersifat wajar dan bukan buatan. Disebutkan, keindahan dalam Buddhisme Zen terletak pada pemahaman tentang sesuatu yang alami dan keberadaannya tidak dipaksakan.

5. Yugen (幽玄) atau Kegelapan

Kegelapan membantu untuk menimbulkan konsentrasi dan menciptakan suasana yang hening. Maksudnya adalah eksterior bangunan harus didesain untuk menunjang ketenangan.

6. Datsuzoku (脱俗) atau Bebas dari Ikatan

Secara singkat ini berarti bebas dari adat, rumus, peraturan dan tidak terikat pada sesuatu. Karakteristik ini berhubungan dengan kreativitas seniman dalam mengekspresikan pemahamannya terhadap alam ke suatu karya seni.

7. Seijaku (静寂) atau Ketenangan

Ketenangan dalam hal ini diartikan sebagai suara yang tidak menyebabkan perasaan terganggu. Pengaplikasian Seijaku dapat ditemukan pada Drama Noh Yokyoku, musik pengiring yang disebut dengan yokyoku merupakan jenis musik pengiring yang menimbulkan ketenangan pada pikiran.

Baca juga: 4 Pertimbangan Penting Sebelum Memilih Pagar Rumah

Pagar Rumah ala Jepang

Tak bisa dipungkiri bahwa pagar rumah termasuk bagian dari eksterior yang juga harus menerapkan filosofi Zen. Untuk itu, berikut adalah beberapa model pagar rumah ala Jepang yang bisa kamu jadikan referensi. 

1. Pagar Batu Klasik

pagar ala jepang
Source : Pinterest

Model pagar batu ala Jepang terbuat dari batu alam yang disusun dengan rapi. Pagar ini memberikan tampilan yang kuat dan tahan lama, dan seringkali ditemani oleh tanaman seperti bambu atau pohon-pohon kecil yang menciptakan estetika alami.

2. Pagar Kayu Shou Sugi Ban

Source : Pinterest

Shou Sugi Ban adalah teknik pengawetan kayu tradisional Jepang di mana kayu dihanguskan secara ringan untuk meningkatkan ketahanan dan memberikan tekstur dan tampilan yang unik. Pagar kayu Shou Sugi Ban memiliki penampilan yang indah dan tahan lama.

3. Pagar Bambu

pagar ala jepang
Source : Pinterest

Bambu adalah bahan yang sering digunakan dalam desain ala Jepang. Pagar bambu memberikan tampilan yang ringan dan alami, sering ditemukan di taman-taman Jepang yang indah.

Baca juga: 15 Model Pagar Rumah Minimalis Untuk Rumah Baru Anda

4. Pagar Sodegaki

pagar ala jepang
Source : Pinterest

Pagar Sodegaki adalah pagar dengan tiang kayu vertikal yang ditempatkan dalam jarak yang cukup dekat, dan tiang horizontal yang membentuk pola jalinan. Ini menciptakan privasi sambil mempertahankan cahaya dan ventilasi.

5. Pagar Sliding 

Source : Pinterest

Pagar ini terinspirasi oleh pintu geser ala Jepang. Pintu terbuat dari kayu dan dapat digeser untuk membuka atau menutup area tertentu. Pagar sliding memberikan sentuhan yang elegan dan fungsional.

6. Pagar Taman 

pagar ala jepang
Source : Pinterest

Pagar taman adalah pagar yang dikelilingi oleh tanaman hijau yang indah, seperti pohon-pohon kecil, semak-semak, atau taman batu ala Jepang (karetaki). Mereka menciptakan ruang yang sejuk dan nyaman.

7. Pagar dengan Desain Geometris (Kumiko)

pagar ala jepang
Source : Pinterest

Kumiko adalah seni kayu Jepang yang melibatkan potongan kayu yang halus dan jalinan geometris yang rumit. Pagar dengan desain Kumiko adalah karya seni yang memukau dan bisa menjadi sorotan di halaman.

Itulah beberapa inspirasi model pagar rumah ala Jepang yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga membantu!

Baca juga:

Featured Image Source: iStock Photo


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Orchard Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download