BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Referensi Model Pagar Rumah Ala Korea

10 Referensi Model Pagar Rumah Ala Korea

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Nov 28, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard

Korea Selatan terkenal dengan budaya yang kaya dan estetika yang menarik. Salah satu aspek dari keindahan Korea Selatan yang sering kali menarik perhatian yaitu desain arsitektur rumah tradisionalnya. Jika Kamu mau memberikan sentuhan Korea pada rumah Kamu, salah satu caranya yang bagus yaitu melalui desain pagar. Pada artikel ini, Pinhome akan memberikan beberapa referensi model pagar rumah ala Korea.

Pagar rumah ala Korea yang khas sering kali diperlihatkan pada rumah-rumah tersebut. Hanok merupakan sebutan bagi rumah-rumah tradisional Korea yang telah ada sejak zaman kerajaan terdahulu, mungkin saja salah satunya yaitu yang pernah Kamu lihat di drama Korea. Berikut ini beberapa desain pagar rumah ala korea yang dapat Kamu buat.

Pins bisa memilih unit-unit di Pinhome seperti rumah di Pesona Ciputih atau rumah di Bogor lainnya untuk dipadukan dengan pagar otomatis. Tidak hanya rumah baru, Pins juga bisa mempertimbagkan rumah bekas seperti rumah second di Jakarta Pusat. Inspirasi rumah nyaman lainnya juga dapat Pins temukan di Rumah Ekslusif, kumpulan rumah pilihan untuk kamu dari Pinhome.

Baca juga: 

Referensi Model Pagar Rumah Ala Korea

Model Pagar rumah ala Korea saat ini sedang menjadi pilihan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari sejarah yang mengaitkan budaya Korea dengan kemewahan dan elegan. Kekhasan desain pagar rumah ala Korea yang minimalis, akan tetapi tetap mewah dan elegan membuatnya cocok untuk digunakan pada rumah-rumah modern saat ini.

Terdapat banyak desain pagar rumah ala Korea yang dapat Kamu pilih. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Pagar rumah tersebut sangat layak untuk dijadikan pilihan bagi Kamu yang ingin menambah keindahan rumah Kamu dan memberikan perlindungan yang baik untuk keluarga Kamu.

1. Pagar Beratap Khas Rumah Hanok

Source : Imwood

Referensi model pagar rumah ala Korea yang pertama yaitu pagar tembok yang beratap. Akan tetapi, atap tersebut dibuat dari semen dan bentuknya kecil mengikuti panjang pagar yang dibuat pada sekeliling rumah. Beberapa ciri khas lain yang dipunyai pagar rumah Hanok beratap satu ini yaitu penggunaan batu-batu kali di bagian bawahnya dan terdapatnya lekukan di bagian tengah pagar sebagai motifnya. Pagar bertapa ini terlihat sangat tradisional dan cocok untuk konsep rumah yang menggunakan genting.

2. Pagar Bata Roster

Source : Arch Daily

Bata roster adalah salah satu jenis bata yang mempunyai lubang pada bagian tengah sebagai tempat masuknya udara di area rumah. Jenis bata yang satu ini sering kali digunakan untuk bagian atas jendela agar sirkulasi udara di dalam rumah lancar. Selain untuk bagian atas jendela, bata roster juga sering digunakan untuk bahan pagar rumah agar rumah terlihat menarik.

Memakai bata roster untuk pagar rumah juga dapat memberikan nuansa rumah Korea di rumah Kamu, apalagi konsep rumah minimalis dengan bahan kaca yang dominan.

3. Pagar Kayu Horizontal

Source : Architizer

Pagar kayu horizontal sering kali digunakan pada rumah yang menggunakan konsep rumah khas ala Korea yang modern. Bentuk yang dapat dipakai salah satunya yaitu bentuk memanjang horizontal dengan jarak kayu yang sedikit renggang. Kamu dapat memberikan sekat di bagian dalam agar kayu lebih kokoh dan kuat dari terjangan angin.

4. Pagar Batu Kali dan Tanah

Pemakaian tanah liat untuk menyatukan batu-batu kali untuk membentuk pagar rumah memang terbukti bisa membuat tampilannya menjadi lebih alami. Tidak hanya itu, warna merah yang dihasilkan juga dapat memperindah tampilan pagar. Tidak lupa, untuk membuat ciri khas Korea yang menonjol di rumah Kamu, Kamu dapat memberikan ornamen atap tambahan pada bagian atas pagar batu kali yang dicor dengan adonan tanah liat.

5. Pagar Batu Bata Merah

Source : Kozaza

Jika Kamu pernah berkunjung ke Korea tepatnya di desa-desa yang banyak terdapat Hanok, di situ banyak sekali rumah yang telah menggunakan bata merah sebagai bahan bangunan rumah. Jika rumah terletak di tanjakan, Kamu dapat menggunakan konsep berundak seperti tangga. Kamu juga dapat menggunakan batu bata merah tanpa ditutup dengan acian agar kealamiannya tetap bertahan.

6. Pagar Batako

Source : Arch Daily

Referensi lainnya dalam membuat pagar rumah khas Korea yaitu menggunakan batako sebagai kombinasi batu bata merah. Batako ukurannya lebih tebal dan harganya lebih murah, sehingga bisa menekan biaya pembangunan rumah. Bentuk pagar seperti itu sangat cocok untuk digunakan pada rumah-rumah yang berada di area tanjakan curam.

7. Pagar Batu Pahat

Source : Wattpad

Di pasaran telah banyak tersedia batu pahat berbentuk kotak yang lebih kuat dijadikan batu bata untuk konstruksi rumah, termasuk pagar rumah. Batu yang satu ini dapat Kamu jadikan sebagai bahan dasar dalam membuat pagar rumah khas Korea. Selain akan lebih kuat dan tahan lama, batu yang satu ini juga mempunyai tampilan yang lebih cantik dibandingkan jika Kamu menggunakan batu kali biasa.

8. Pagar Tumpukan Batu

Source : Sekisui House

Terbatasnya bahan bangunan di zaman dulu ternyata tidak menghalangi para pendesain bangunan untuk membuat bangunan yang mempunyai nilai estetika tinggi. Terbatasnya semen membuat orang-orang zaman dahulu hanya menumpuk batu-batu untuk membuat benteng dan pagar. Hal tersebut dapat menjadi inspirasi bagi Kamu untuk membangunkan kembali nuansa rumah-rumah zaman dahulu, termasuk rumah khas Korea.

9. Pagar Rumah Garis-Garis Horizontal

Source : Ueshin

Pagar rumah yang ada di Korea memang sering kali menggunakan desain sederhana yang jarang menggunakan aksen ukiran. Salah satu desain sederhana yang dapat membuat rumah Kamu terlihat seperti rumah khas Korea yaitu pagar rumah garis horizontal. Pagar tersebut dapat dibuat dari besi ataupun dari semen yang ditata sedemikian rupa.

10. Pagar Stainless Steel dengan Hiasan Ornamental

Source : Happy Design House

Rekomendasi yang terakhir yaitu pagar stainless steel dengan hiasan ornamental. Stainless steel merupakan bahan yang sangat tahan lama, mudah dibersihkan, dan anti karat. Pemakaian stainless steel pada konstruksi pagar rumah dapat membuat pagar Kamu tahan lama dan terlihat elegan. Untuk memberikan sentuhan tradisional pada pagar rumah Kamu, Kamu bisa menambahkan hiasan ornamental seperti ukiran yang unik ataupun pola. Kamu dapat menambahkan pola tradisional Korea seperti ukiran bunga plum, bunga cherry ataupun motif geometris.

Itu dia beberapa referensi model pagar rumah ala Korea. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Crown Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download