BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Model Pembatas Sekat Ruangan dari Triplek yang Menarik
0
0

10 Ide Model Pembatas Sekat Ruangan dari Triplek yang Menarik

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jul 6, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
pembatas ruangan dari triplektop-right-banner

Pembatas ruangan adalah benda yang dipasang menjadi pemisah ruangan secara visual tanpa ada perubahan permanen pada ruangan. Banyak material yang bisa dijadikan pembatas, salah satunya triplek. Beragam model bisa dikreasikan untuk membuat pembatas ruangan dari triplek. Mengetahui model pembatas ruangan dari triplek menjadi penting agar Pins bisa menyesuaikan perabot di dalam ruangan yang dibatasi dengan bahan tersebut. Simak artikel ini untuk mengetahui pembatas sekat ruangan dari triplek!

Baca juga: 15 Inspirasi Desain Kamar Tidur dari Triplek yang Bagus

Ide Model Pembatas Ruangan dari Triplek yang Menarik

Pembatas sekat ruangan triplek menjadi solusi desain yang fleksibel dan terjangkau untuk membagi ruang dalam rumah. Berikut adalah 15 desain pembatas sekat ruangan dari triplek yang bisa menjadi inspirasi:

1. Pembatas Ruang dengan Sliding

pembatas ruangan dari triplek
Source : Pinterest

Model pembatas sekat ruangan dari triplek yang pertama berbentuk sliding yang bisa dibuka tutup. Model ini bisa menjadi pilihan jika kamu sering membuat acara bersama keluarga besar di rumah. 

Dengan model pembatas seperti ini, kamu hanya perlu membuka ketika memerlukan ruangan lebih luas, dan menutup kembali ketika acara sudah selesai. 

Baca juga: Plafon Triplek atau Gypsum, Mana yang Lebih Baik?

2. Pembatas Kamar dan Ruang Kerja

pembatas ruangan dari triplek
Source : Pinterest

Biasanya, kamar dan ruang kerja atau ruang belajar dibuat menyatu tanpa sekat. Namun beberapa orang mungkin perlu kamar tidur yang terpisah dan lebih privat. Dengan demikian, model pembatas seperti ini sangat cocok untuk membatasi antara kamar dan ruang kerja atau ruang belajar. 

3. Pembatas Sekat Vertikal

pembatas ruangan dari triplek
Source : Pinterest

Model pembatas sekat ruangan dari triplek ini dibuat seperti pagar berbentuk vertikal. Desain pembatas ini cocok untuk menjadi sekat antara ruang dapur dan ruang keluarga, atau ruang tamu dengan ruang tengah. Dengan model ini, kamu bisa memantau ruangan di sebelah dengan mudah. 

Baca juga: 10 Desain Sekat Triplek Sederhana yang Bagus

4. Pembatas Kamar Mandi

pembatas ruangan dari triplek
Source : Pinterest

Berikutnya adalah pembatas untuk kamar tidur dan kamar mandi. Desainnya dibuat tertutup, namun karena kamar mandi berada di dalam kamar tidur, maka bagian atas dibuat ada celah. Namun kamu perlu melapisi bagian dalam pembatas ini dengan material yang tahan air.

5. Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

pembatas ruangan dari triplek
Source : Pinterest

Model ini sebenarnya hampir sama dengan pembatas ruangan pada umumnya. Namun yang membedakan adalah adanya tempat duduk dan rak kecil di bagian ruang tamu, sehingga menambah tempat duduk atau bersantai sambil membaca buku. 

Baca juga: 15 Inspirasi Model Sekat Ruang Tamu dari Tembok

6. Pembatas Rak Penyimpanan

Source : Pinterest

Bahan triplek memberikan kemudahan untuk didesain. Kamu bisa menjadikan pembatas ruangan sebagai rak penyimpanan, yang bisa digunakan untuk menyimpan barang tertentu atau buku sebagai rak buku yang aesthetic. 

7. Pembatas Sudut

Source : Pinterest

Pembatas sekat ruangan dari triplek juga bisa dibuat dengan model sudut, sehingga sisa ruang bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai. Kamu juga bisa menjadikan sisi dinding pembatas sebagai rak penyimpanan, sehingga sudut itu bisa menjadi perpustakaan pribadi.

Baca juga: 10 Ide Sekat Ruangan Kamar Tidur yang Tidak Makan Tempat

8. Pembatas Sekat Tangga Rumah

Source : Pinterest

Biasanya, tangga rumah akan dibatasi dengan dinding pada satu sisi, dan handling atau pegangan pada sisi yang satunya. Pada model ini kamu bisa berkreasi dengan handling pada satu sisi, dan pembatas menggunakan triplek pada sisi lainnya. Pada bagian triplek kamu bisa memanfaatkannya untuk rak penyimpanan. 

9. Pembatas Ruang Tamu dan Toilet

Source : Pinterest

Bagi yang rumahnya menyediakan toilet tamu, kamu bisa memanfaatkan triplek sebagai material untuk pembatas sekat ruangan. Namun kamu juga perlu memikirkan material pelapis bagian dalam karena bahan triplek tidak tahan air. 

Baca juga: 20 Rekomendasi Sekat Ruang Tamu Kecil Untuk Rumah Minimalis

10. Pembatas Lemari

Source : Pinterest

Jika pakaian yang kamu miliki sangat banyak, kamu perlu mempertimbangkan untuk membuat ruangan khusus lemari pakaian. Ruangan itu tidak perlu dari semen atau beton, karena kamu bisa membuat pembatasnya dari bahan triplek. 

11. Pembatas di Dalam Kamar Tidur

Source : Bangunesia

Ide model pembatas sekat ruangan dari triplek yang menarik adalah pembatas area di dalam kamar tidur. Bentuk pembatasnya dapat dijadikan penambah estetika di dalam kamar tidurmu. Selain penambah estetika, pembatas ini dapat menonjolkan fungsionalnya sebagai tempat menaruh tv pengganti meja tv.

Kerennya lagi tempat menaruh tv ini dapat diputar 360 derajat, mengikuti posisimu di mana.

Baca juga: 15 Model Sekat Ruangan Lipat, Praktis dan Fungsional

12. Pembatas Ruang Folding Screen

Source : AliExpress

Ide model pembatas sekat ruangan dari triplek yang menarik selanjutnya adalah pembatas ruang triplek menjadi folding screen. Folding screen ini merupakan layar lipat yang biasanya digunakan di bangunan-bangunan Asia.

Walaupun biasanya terbuat dari kayu, namun pembatas layar lipat bisa dibuat dari triplek juga. Tampilannya yang unik serta minimalis akan membuat rumahmu menjadi tampak Asia sekali.

13. Triplek Pembatas Ruang Menggantung

Source : CraftivaArt

Ide model pembatas sekat ruangan dari triplek yang menarik ketiga belas adalah pembatas dari triplek yang didesain menggantung.Triplek ini berada di antara ruang keluarga dan tangga untuk naik ke lantai 2. Kemudian triplek ini diberi warna yang senada dengan konsep warna ruangan. Sungguh ide yang unik bukan?

Baca juga: 10 Model Sekat Mushola dalam Rumah yang Memaksimalkan Desain Interior Ruangan

14. Pembatas Ruang Mushola

Source : Tokopedia

Ide model pembatas sekat ruangan dari triplek yang menarik berikutnya adalah triplek yang digunakan sebagai pembatas ruang mushola. Pembatas ini dapat dimanfaatkan menjadi sekat antara tempat sholat pria dan wanita. Atau bisa juga menjadi pembatas tempat sholat dan tempat untuk wudhu.

15. Triplek Pembatas Menjadi Lemari

Source : Freepik

Ide model pembatas sekat ruangan dari triplek yang menarik terakhir adalah triplek yang dijadikan pembatas dengan didesain menjadi lemari penyimpanan berbentuk kotak-kotak. Rangkanya bisa Pins buat dari besi atau baja ringan.

Pembatas ruangan ini dapat menjadi pembatas antar kamar tidur dan ruang keluarga, ataupun ruang keluarga dengan dapur. Selain menjadi pembatas, Pins dapat memanfaatkan model pembatas ini menjadi tempat penyimpanan dalam menyimpan buku bacaan, pajangan, dan lain-lain.

Itulah beberapa model pembatas sekat ruangan dari triplek yang bisa kamu terapkan untuk membatasi satu ruangan dengan ruangan yang lain. Semoga membantu!

Baca juga: 

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download