BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Penyebab Cat Tembok Menggelembung dan Cara Mengatasinya
0
0

5 Penyebab Cat Tembok Menggelembung dan Cara Mengatasinya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Des 7, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mengatasi munculnya gelembung pada area dinding tidak boleh dilakukan dengan sembarangan atau asal-asalan. Agar Kamu tidak salah dalam mengatasi hal ini, pada artikel ini Pinhome akan menjelaskan penyebab cat tembok menggelembung dan cara mengatasinya.

Cat dinding rumah tidak hanya sekedar digunakan sebagai pelengkap interior ataupun eksterior saja. Menggunakan cat tembok yang tepat dapat mengahasilkan suasana hunian yang lebih nyaman dan tentram. Sayangnya, sering kali terjadi kesalahan ketika melakukan proses pengecatan. Salah satu kesalahan tersebut dapat mengakibatkan cat dinding menggelembung.

Terdapatnya bagian yang menggelembung pada tembok ini justru akan membuat tampilan rumah Kamu jadi tidak enak dilihat oleh mata. Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa Kamu lakukan.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Penyebab Cat Tembok Menggelembung

Sebelum mengetahui cara mengatasi permasalah yang satu ini, ada baiknya Kamu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab cat tembok menggelembung. Berikut penjelasan soal penjelasan tentang penyebab cat tembok menggelembung.

1. Permukaan Dinding Kotor

Source : Pixabay

Penyebab cat tembok menggelembung yang pertama yaitu karena permukaan dinding kotor. Sebelum memulai proses cat tembok rumah, permukaan dinding perlu dibersihkan terlebih dahulu agar tidak kotor. Pasalnya, terdapat banyak debu dan kotoran yang mungkin telah menumpuk setelah sekian lama menempel pada permukaan dinding.

Jika tidak dilakukan, cat baru dapat kesulitas menempel pada permukaan tembok karena tentunya akan tertutupi oleh kotoran yang menempel tersebut. Pada saat tertentu, cat ini akhirnya akan terangkat dan membentuk gelembung di sekitar bintik-bintik kotoran.


2. Tidak Memakai Primer

Penyebab cat tembok menggelembung berikutnya yaitu tidak menggunakan primer atau plamir tembok. Area tembok yang tidak diaplikasikan primer mempunyai lapisan pengikat yang tipis. Dengan kondisi cat yang tidak menempel pada lapisan dasar, tentunya hal tersebut akan mengakibatkan bagian ujung tembok yang akan menggelembung.

3. Permukaan Tembok Terlalu Panas

Source : iStock

Panas yang ekstrem biasanya terjadi pada ruangan yang berisikan perabotan penghasil panas ataupun yang menerima sinar matahari secara langsung. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi yang satu ini dapat mengakibatkan lapisan atas cat dinding mengering dan akhirnya tidak merata. Dengan seperti itu, kemungkinan gelembung muncul di bawah permukaannya akan menjadi lebih tinggi.

4. Salah Memilih Jenis Cat

Kesalahan jenis cat juga dapat menjadi penyebab cat tembok menggelembung. Misalnya Kamu menggunakan jenis cat minyak dan lateks secara bersamaan, keduanya tidak dapat saling bertumpukan dan mengakibatkan senyawa tidak mengikat. Hal tersebut dapat mengakibatkan lapisan cat tersebut akan timbul gelembung udara.

5. Dinding yang Lembab

Penyebab cat tembok menggelembung yang terakhir yaitu karena kelembapan yang terperangkap pada lapisan cat dan terbentuk kantong udara. Kelembapan ini dapat terjadi karena konstruksi dinding yang buruk seperti kebocoran. Jika masalah utamanya adalah hal ini maka hal yang harus Kamu lakukan yaitu melakukan perbaikan kebocoran tersebut sebelum memperbaiki cat temboknya.

Cara Mengatasi Cat Tembok yang Menggelembung

Source : Pixabay

Setelah Kamu mengetahui penyebab cat tembok menggelembung, sekarang Kamu bisa masuk ke tahap mengatasi hal tersebut. Terdapat beberapa cara yang dapat Kamu lakukan untuk mengatasi hal yang satu ini. Berikut ini beberapa penjelasan cara mengatasi cat tembok yang menggelembung.

1. Biarkan hingga Mengering

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab muncul gelembung pada area dinding yaitu karena permukaannya yang lembap. Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan membiarkan dinding tersebut hingga benar-benar kering. Diharapkan, gelembung yang muncul juga dapat ikut kempis seiring mengeringnya lapisan cat.

2. Hilangkan Bagian Cat yang Rusak

Source : Pixabay

Jika gelembung masih tetap terlihat, cara mengatasi permasalahan cat tembok yang menggelembung berikutnya yaitu dengan menghilangkan bagian cat yang rusak. Kikis perlahan cat yang menggelembung dengan menggunakan pisau dempul. Lakukan proses pengikisan area yang terangkat ini secara vertikal dan horizontal agar hasilnya dapat sesuai yang Kamu mau.

3. Proses Pembersihan dan Pengolesan Primer

Cara mengatasi cat tembok yang menggelembung selanjutnya yaitu melakukan proses pembersihan dan pengolesan primer. Proses pembersihan dapat dimulai dengan mengamplas area yang ditambal dengan amplas halus. Jika perlu, Kamu juga dapat menggunakan paint remover untuk pembersihan yang lebih optimal. Setelah bersih, keringkan permukaan tersebut. Jika dirasa telah benar-benar bersih, barulah lapisi area dindingnya dengan primer atau plamir.

4. Lakukan Pengecatan Ulang

Setelah lapisan primer telah benar-benar kering, lakukan pengecatan ulang menggunakan sikat atau roller dengan benar. Untuk menghindari munculnya kembali gelembung, aduk cat dengan perlahan dan aplikasikan dengan kecepatan sedang. Agar hasilnya lebih optimal, Kamu dapat menggunakan cat tembok anti lembap.

Itu dia penjelasan tentang penyebab cat tembok menggelembung dan cara mengatasi hal tersebut. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download