BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPAProses KPR Berapa Lama Hingga Disetujui? Ini Jawabannya

Proses KPR Berapa Lama Hingga Disetujui? Ini Jawabannya

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Nov 15, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi pengajuan KPR rumah.

Pada zaman ini, banyak orang yang tengah mempertimbangkan untuk memiliki rumah sendiri melalui pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Salah satu pertanyaan umum yang muncul dalam pikiran calon pembeli selain pengertian KPR rumah adalah, “Proses KPR berapa lama hingga disetujui?” .

Mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses KPR dapat menjadi informasi penting bagi mereka yang ingin memiliki rumah secara cepat dan efisien. Oleh karena itu, dalam artikel ini, terdapat penjelasannya lebih lanjut.

Sementara itu, perlu diketahui bahwa PinValue bermanfaat untuk mengetahui harga estimasi sebuah rumah tanpa harus bertanya ke developer atau pemilik rumah secara langsung. Bahkan, Kamu bisa mendapat informasi terkait Rumah Ekslusif seperti Intan Residence. Kemudian melalui fitur Pinhome tersebut, kamu juga bisa mencari informasi terkait rumah second di Tangerang Selatan dan perumahan di Jakarta Timur.

Baca juga: 5 Program Perumahan KPR Bersubsidi dari Pemerintah

Waktu Proses KPR dan Tahapannya

Ilustrasi proses KPR.
Source : Freepik

Seringkali muncul pertanyaan seputar durasi proses pengajuan KPR berapa lama sebenarnya? Umumnya, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses KPR berkisar antara 18 hingga 40 hari setelah pengajuan diterima. Memang benar, proses KPR rumah tidaklah singkat, dan hasil akhirnya pun belum tentu positif dari pihak bank.

Namun, terdapat peluang bagi persetujuan KPR yang lebih cepat, terutama jika bank melihat bahwa calon peminjam memiliki kemampuan finansial yang memadai untuk melunasi cicilan. Agar dapat memberikan jawaban terhadap pertanyaan seputar durasi proses KPR dan potensi persetujuan yang lebih cepat, berikut adalah tahapannya:

1. Proses Appraisal

Langkah pertama dalam proses KPR adalah appraisal. Tahapan ini akan dilakukan setelah Anda melewati BI checking. Sesuai dengan namanya, appraisal melibatkan pihak ketiga yang akan menilai nilai properti yang akan dijadikan jaminan KPR. Semakin tinggi nilai appraisal, maka batas pinjaman juga akan semakin besar.

2. Kalkulasi dan Penawaran

Setelah proses appraisal, langkah selanjutnya dalam KPR adalah kalkulasi oleh pihak bank. Mereka akan menghitung dan mengonfirmasi semua ketentuan terkait KPR. Pada tahap ini, penting untuk memperhatikan dengan teliti kesepakatan seperti jumlah cicilan, jenis bunga, dan hal lainnya. Jika ada pertanyaan atau kebingungan, sebaiknya langsung diajukan kepada pihak bank. Hal ini untuk menghindari kebingungan setelah KPR disetujui terkait dengan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya.

3. Kredit Disetujui oleh Bank

Apabila tidak ada hambatan signifikan, kredit Anda akan disetujui oleh pihak bank. Mereka akan menyusun Surat Persetujuan Kredit (SPK) dan menunjuk seorang notaris untuk menangani semua persyaratan. Terkait biaya notaris, calon debitur dapat mengajukan pertanyaan kepada notaris yang ditunjuk. Jika biayanya terlalu berat, ada kemungkinan untuk melakukan negosiasi.

4. Tanda Tangan Akad Kredit

Langkah terakhir adalah proses tanda tangan akad kredit, yang dilakukan di hadapan notaris sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Tidak hanya melibatkan notaris, beberapa pihak lain juga perlu hadir saat akad kredit, termasuk penjual, perwakilan dari bank, dan pihak pembeli (suami dan istri).

Baca juga: Program KPR Milenial dari Bank BTN untuk Kemudahan Memiliki Hunian Sendiri

Tips Agar KPR Cepat Disetujui

Ilustrasi proses KPR berapa lama untuk disetujui.
Source : Freepik

Setelah mengetahui proses KPR berapa lama serta berbagai tahapannya, penting juga mengetahui tips mengajukan KPR cepat disetujui. Diantaranya adalah:

1. Memiliki Laporan Kredit yang Sehat

Laporan kredit yang sehat merupakan faktor kunci dalam persetujuan KPR dan jadi bagian cara KPR rumah. Pastikan untuk membayar tagihan secara tepat waktu dan memantau laporan kredit secara berkala.

Hindari tunggakan pembayaran dan pastikan bahwa skor kredit berada dalam rentang yang baik. Sebuah laporan kredit yang bersih akan meningkatkan kepercayaan pemberi pinjaman dan mempercepat proses persetujuan KPR.

2. Tidak Mengajukan Kredit Lain

Saat mengajukan KPR, hindari mengajukan kredit lain secara bersamaan. Pemberi pinjaman biasanya melihat tingkat utang dan kewajiban finansial lainnya karena potensi terlambat membayar angsuran KPR rumah.

Mengajukan terlalu banyak kredit secara bersamaan dapat memberikan kesan bahwa Kamu memiliki beban keuangan yang tinggi, yang dapat merugikan proses persetujuan KPR. Fokus pada satu aplikasi kredit untuk meningkatkan peluang persetujuan.

3. Memilih Rumah Sesuai dengan Kemampuan

Penting untuk memilih rumah yang sesuai dengan kemampuan finansial. Pemberi pinjaman akan mempertimbangkan rasio utang terhadap pendapatan.

Jika rumah yang Kamu pilih terlalu mahal, itu dapat jadi penyebab pengajuan KPR rumah tidak disetujui. Tentukan anggaran yang masuk akal dan pilih properti yang sesuai dengan kemampuan pembayaran bulanan. Ini akan meningkatkan peluang persetujuan KPR dan mencegah beban finansial yang berlebihan.

4. Alokasikan Dana dengan Tepat

Alokasikan dana untuk proses KPR.
Source : Freepik

Saat mengajukan KPR, pemberi pinjaman akan mengevaluasi pengeluaran bulanan. Pastikan bahwa dana yang diajukan untuk KPR dan pembayaran bulanan sesuai dengan perkiraan penghasilan.

Alokasikan dana dengan bijak, termasuk pembayaran uang muka dan biaya-biaya terkait KPR. Pemberi pinjaman akan memperhatikan seberapa baik Kamu mengelola keuangan, sehingga alokasi dana yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan persetujuan KPR dengan cepat.

Itulah penjelasan mengenai berapa lama proses KPR sebenarnya dibutuhkan, sehingga Kamu bisa mengira-ngira serta mempersiapkan apa yang dibutuhkan. Selain itu, pastikan Kamu mengikuti tips-tips yang harus diperhatikan saat membeli rumah KPR. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download