BlogPemilik PropertiDesain HunianEstimasi Biaya dan Tips dalam Renovasi Dapur!
0
0

Estimasi Biaya dan Tips dalam Renovasi Dapur!

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jul 2, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dapur dianggap sebagai jantung rumah. Area ini adalah tempat memasak aroma makanan yang menggoda dan berbagi cerita dengan keluarga. Tak heran jika desain dapur modern tidak hanya memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah, namun juga dapat meningkatkan nilai jual rumah.

Merenovasi dapur adalah salah satu cara untuk meningkatkan keindahan lingkungan Kamu. Biaya renovasi dapur sangat bervariasi tergantung dari bahan bangunan yang digunakan, fungsi dan jenis furnitur yang digunakan, serta besar kecilnya ruang dapur di rumah Kamu. Di bawah ini Kamu akan mendapatkan informasi tips dan biaya renovasi dapur untuk menaikkan harga jual rumah Kamu.

Berapakah Estimasi Biaya Renovasi Dapur?

renovasi dapur
Source : Pixabay

Ketika kita berbicara tentang perkiraan harga dapur baru atau renovasi, pertama-tama kita perlu memperkirakan bahan-bahan yang akan digunakan dan perabotan yang akan dibutuhkan.

 Misalnya saja jika Kamu sedang merenovasi dapur, tentu biayanya akan berbeda-beda tergantung apakah Kamu memiliki kitchen set atau tidak. Perkiraan harga kitchen set per meternya bisa Kamu ketahui berdasarkan bahan yang digunakan pada artikel ini.

 Cari tahu juga bahan bangunan apa saja yang perlu Kamu beli, seperti: Contoh: cat, ubin dinding dapur atau backsplash dapur, ubin lantai dapur, dan material lainnya.

Rincian Harga Renovasi Dapur

Source : Pixabay

Untuk menghitung perkiraan biaya renovasi dapur Kamu, konsultasikan dengan kontraktor Kamu. Sebagai referensi Kamu, rincian harga material renovasi dapur tercantum di bawah ini.

  • Jasa tukang bangunan: Tarifnya sangat bervariatif tergantung daerah atau domisili rumah Anda. Perkirakan tarifnya Rp100.000 per orang. Dengan perkiraan memerlukan 2 orang selama 5 hari, maka Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp1.000.000
  • Cat dinding: Estimasi mulai dari Rp90.000 hingga Rp210.000 untuk cat 5 kg. Harga cat tergantung pada jenis dan merek cat yang digunakan. Anda bisa mendiskusikannya dengan tukang bangunan untuk memilih cat yang sesuai.
  • Keramik Dinding: Harga mulai dari Rp37.000 hingga Rp105.000/m2.
  • Granit Meja: Untuk kitchen table top, Anda bisa menggunakan granit  agar lebih tahan lama. Namun, harganya akan lebih mahal daripada keramik biasa. Estimasi harga granit bergantung pada ukuran, siapkan budget mulai dari Rp350.000. 

Perlengkapan yang Lainnya yang Wajib Diperhitungkan

renovasi dapur
Source : Pixabay

Berikut ini beberapa perlengakpan lain yang harus kamu rincikan:

  • Besi ukuran 8: Rp35.000 x 2 = Rp70.000
  • Pasir: Estimasi mulai dari Rp300.000
  • Semen: Estimasi mulai dari Rp40.000/sak x 2 = Rp80.000
  • Batu Bata: Estimasi mulai dari Rp1.000 x 30 = Rp30.000
  • Bata Tempel: Estimasi mulai dari Rp125.000/dus bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Nat Khusus Hitam: Estimasi mulai dari Rp15.000.
  • Wastafel dapur: Harga wastafel untuk dapur atau bak cuci piring bergantung pada material yang digunakan. Sebagai contoh, bak cuci piring atau kitchen sink dijual mulai dari Rp107.000.

Namun perlu diingat bahwa harga yang tercantum di bawah ini hanyalah contoh dan perkiraan. Untuk mengetahui harga pasti bahan bangunan, Kamu tetap harus datang langsung ke lokasi pembangunannya.

Baca juga: 15 Inspirasi Kanopi Untuk Dapur Terbuka di Rumah

Mempersiapkan Anggaran dengan Siap Sebelum Renovasi

renovasi dapur
Source : Pixabay

Perkiraan biaya renovasi dapur di atas diberikan sebagai contoh untuk dapur berukuran kecil. Untuk renovasi dapur kecil, sebaiknya siapkan anggaran sebesar Rp 3.500.000 hingga Rp 5.000.000. Namun jika dapur Kamu cukup besar, anggaran Kamu akan disesuaikan.

 Jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat, karena  renovasi kecil-kecilan di rumah bisa tiba-tiba menimbulkan biaya tambahan.

Namun jika Kamu menganggarkan dengan bijak, Kamu sebenarnya dapat menghindari pengeluaran berlebihan untuk renovasi. Senang rasanya bisa mewujudkan semua ide dan keinginan desain interior yang ada di kepala saya ke dalam dapur. Tentu saja merenovasi dapur akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sebagaimana telah disebutkan, tergantung dari berbagai faktor.

Namun, dalam beberapa kasus, biaya renovasi mungkin melebihi anggaran Kamu. Dapatkan rincian biaya renovasi dapur rumah Kamu secara detail sehingga Kamu tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan. Tetap berpegang pada anggaran yang Kamu buat. Jika memungkinkan, Kamu juga bisa menggunakan jasa desainer interior untuk merencanakan renovasi dapur Kamu.

Desain interior membantu memilih skema warna, bahan, dan desain keseluruhan. Selain itu, kami dapat memberi Kamu saran ahli dan membantu Kamu merencanakan ruangan secara efektif agar sesuai anggaran Kamu.

Memilih Desain Dapur yang Tepat

Jika kondisi perekonomian tidak memungkinkan untuk dilakukan renovasi dalam beberapa tahun ke depan, sebaiknya pilih desain yang modern dan minimalis.

 Desain modern dan minimalis ini tahan lama, sehingga Kamu tidak perlu mendesain ulang dapur selama bertahun-tahun yang akan datang.

Membeli Peralatan yang Berkualitas bagus

Setelah Kamu mengetahui perkiraan biaya renovasi, Kamu dapat meningkatkan kenyamanan  dapur Kamu dengan menggunakan peralatan dapur yang sesuai dengan gaya interior Kamu. Misalnya, banyak peralatan aluminium yang digunakan dalam desain dapur industri.

 Berinvestasi pada peralatan dapur terbaru untuk efisiensi anggaran jangka panjang. Pilih peralatan yang hemat energi dan memiliki fitur terkini untuk memaksimalkan kenyamanan dan kemudahan penggunaan.

Meningkatkan Pencahayaan yang Ada

Pencahayaan yang tepat dapat membuat dapur Kamu terasa lebih hangat dan mengundang. Lampu gantung dan lampu bawah kabinet adalah pilihan bagus untuk  penerangan yang banyak. Pemilihan lampu juga  menambah keindahan dapur Kamu.

Itulah dia pembahasan mengenai renovasi dapur yang bisa Kamu ketahui, semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download