BlogPemilik PropertiDesain HunianKeren! Perempuan Ini Berhasil Renovasi Rumah Tua Jadi Bagus 

Keren! Perempuan Ini Berhasil Renovasi Rumah Tua Jadi Bagus 

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 1, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Renovasi rumah tua jadi bagus

Rumah menjadi kebutuhan dasar setiap manusia di belahan bumi manapun. Cara mendapat rumah juga beragam. Mulai dari membeli tanah dan membangun rumah di atasnya, membeli rumah jadi, atau membeli dan renovasi rumah tua jadi bagus.

Cara terakhir inilah yang ditempuh oleh seorang perempuan bernama Betsy Sweeny asal West Virginia, Amerika Serikat. Ia membeli rumah tua yang terbengkalai di East Wheeling Historic District seharga US$ 16.500 atau Rp 262 juta dan menyulapnya menjadi bagus. 

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama, yaitu membeli rumah second di Bandung lalu merenovasinya menjadi bagus. Namun jika enggan melakukan renovasi, beli saja rumah jadi yang terdapat pada perumahan di Bekasi seperti The Ambawani Residence atau Golden City Bekasi

Baca Juga: Ingin Merenovasi Rumah? Ini Estimasi Biaya Renovasi Rumah Selengkapnya!

Alasan Sweeny Beli Rumah Tua

Renovasi rumah tua jadi bagus
Source : Betsy Sweeny/CNBC Make It

Cerita tentang Sweeny yang merenovasi rumah tua jadi bagus ini diungkap dalam artikel berjudul “This 30-year-old paid $16,500 for a ‘cheap, old’ abandoned house—and completely transformed it: Look inside”. Artikel itu terbit di CNBC Make It pada 23 September 2023 lalu. 

Betsy Sweeny adalah Direktur Pemrograman Warisan di Kawasan Warisan Nasional Wheeling. Dia memegang gelar dalam bidang sejarah seni, antropologi, dan pelestarian sejarah. 

Betsy Sweeny memulai karirnya sebagai sejarawan arsitektur di lingkungan museum. Misinya adalah membantu masyarakat menjalani gaya hidup lokal dan autentik yang menghormati warisan bersama dan mendorong pengembangan masyarakat yang sehat dan adil. 

Alasan Sweeny membeli rumah tua yang terbengkalai adalah persoalan harga. Menurutnya, harga rumah terus mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu. Untuk itu, ia pun memikirkan untuk melakukan renovasi atau restorasi rumah yang terbengkalai. 

Awalnya, Sweeny merasa jatuh hati dengan lingkungan di Wheeling, West Virginia. Ia menyewa sebuah apartemen tipe loft di kawasan tersebut. Sweeny merasa terkesan dengan sambutan masyarakat yang tinggal di Wheeling. 

Meski begitu, Sweeny belum memikirkan untuk menetap dan membeli rumah di kawasan tersebut. Sampai suatu hari, ia melihat rumah McLain seluas 286 meter persegi di East Wheeling Historic District. 

Rumah McLain itu sudah berdiri kokoh sejak tahun 1892 silam. Hanya saja, rumah ini sudah tidak layak huni karena ditinggal oleh pemiliknya sejak beberapa dekade lalu. Akibatnya, rumah dengan halaman luas di samping itu rusak secara struktural. 

Kendala itu tidak menyurutkan niat Sweeny. Pada Mei 2020, ia akhirnya membeli rumah tua itu seharga US$ 16.500 atau Rp 262 juta. Kemudian, ia mengajukan pinjaman untuk konstruksi senilai US$ 100.000 atau setara Rp 1,6 miliar untuk memulai renovasi. 

Baca juga: 8 Jasa Renovasi Rumah Terbaik di Jabodetabek dan Tips Untuk Memilihnya!

Renovasi Rumah Tua Jadi Bagus

Renovasi rumah tua jadi bagus
Source : Betsy Sweeny/CNBC Make It

Profesinya sebagai seorang sejarawan arsitektur membuat Sweeny akrab dengan proses renovasi bangunan. Ia tahu betul tentang ilmu renovasi rumah dan menemukan cara terbaik untuk melestarikan, memulihkan, dan merenovasi bangunan bersejarah

Proses renovasi rumah itu berjalan dari musim panas 2020 hingga musim gugur 2021. Sweeny menyebutkan, renovasi rumah McLain membutuhkan banyak material, mulai dari jendela baru, lantai, hingga dinding. Namun, ia mencoba untuk melakukan pelestarian material asli semaksimal mungkin. 

Sweeny pun menyampaikan bagian paling sulit dalam proses renovasi ini, yaitu perbaikan tembok bata pada bagian fasad rumah. “Sata menyewa kru untuk memperbaiki tembok bata bagian depan rumah, tetapi saya sendiri menghabiskan waktu sampai 4 bulan pada malam hari dan akhir pekan untuk memperbaiki bagian lain,” katanya. 

Badai pandemi COVID-19 memberi angin segar bagi Sweeny untuk fokus dalam renovasi rumahnya tersebut. Pasalnya, banyak proyek yang terhenti akibat pandemi. Hal itu ia manfaatkan untuk fokus merenovasi rumahnya sendiri. 

Perbaikan yang dilakukan Sweeny terhadap rumah tua itu pun berbuah manis, nilai rumah meningkat drastis. “Setelah perbaikan awal selesai, saya menaksir kembali nilai rumah ini dan yang membuat saya senang, nilainya meningkat jadi US$ 202.000,” imbuhnya.

Baca juga: 10 Aturan Renovasi Rumah Subsidi Sesuai Ketetapan Pemerintah

Tinggal di Rumah Tua

Renovasi rumah tua jadi bagus
Source : Betsy Sweeny/CNBC Make It

Renovasi rumah tua itu memerlukan waktu kurang lebih 18 bulan. Betsy Sweeny akhirnya bisa pindah dan tinggal di rumah itu sekitar bulan Desember 2021. Rumah itu terdiri dari 3 kamar tidur dan satu kamar mandi. 

Sweeny lantas membagikan pemandangan rumah setelah direnovasi. Menurutnya, saat masuk, kamu akan disambut oleh tangga besar yang dilengkapi dengan perapian di bagian sudutnya. Jendela kaca pun terpatri kokoh di atas pintu depan. 

Di bagian belakang, terdapat dapur yang didesain dengan mengkombinasikan konsep orisinal dan modern, dengan lemari built-in baru yang mengingatkan pada apa yang awalnya ada di sana.

Kamar tidur utama, kamar mandi, dan ruang cuci berada di lantai atas. Area ini harus direnovasi dalam beberapa tahap. Sweeny bahkan menjadikan kamar tidur tamu sebagai ruang kerja pribadi sementara. 

Renovasi rumah tua jadi bagus milik Sweeny ini masih jauh dari kata selesai. Menurutnya, ia masih punya pekerjaan rumah berkaitan dengan renovasi lantai tiga. Di sana, ia berencana membuat kamar tidur, ruang kerja, dan ruang utilitas. 

Baca juga:

Featured Image Source: CNBC Make It


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Villa Jatiluhur dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download