BlogPemilik PropertiDesain Hunian20 Desain Rumah Bambu Sederhana di Desa yang Nyaman
0
0

20 Desain Rumah Bambu Sederhana di Desa yang Nyaman

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jun 8, 2024

9 menit membaca

Copied to clipboard
rumah bambu sederhana di desatop-right-banner

Apakah Pins sedang menginginkan suasana pedesaan yang nyaman dan alami? Desain rumah bambu sederhana di desa bisa jadi pertimbangannya. Rumah bambu telah lama menjadi bagian dari budaya Indonesia, dan kini semakin banyak orang yang kembali tertarik dengan keindahan dan keberlanjutan material alami ini. Walaupun terbuat dari bambu, namun kualitas bangunan tetap menjadi perhatian yang nomor satu, agar bangunan tetap kokoh dan awet. Simak desain rumah bambu ini di bawah!

Baca juga: 10 Desain Atap Bambu Unik & Cara Membangunnya

Desain Rumah Bambu Sederhana di Desa yang Nyaman

Desa-desa tradisional menjadi tempat yang indah bagi desain rumah bambu sederhana yang menggabungkan keindahan alam dengan keseimbangan material alami. Dari atap jerami hingga sentuhan kayu, inilah koleksi rumah bambu yang memikat dalam suasana desa yang tenang.

1. Rumah Bambu Sederhana Di Desa dengan Kolam Ikan

rumah bambu sederhana di desa
Source : 123rf

Rumah bambu, dengan pesona alaminya, seringkali dibangun di lahan lapang yang disertai oleh kolam ikan yang luas. Kolam ikan tidak hanya menjadi elemen dekoratif, tetapi juga memberikan nuansa yang menenangkan dan damai bagi penghuninya. 

Selain itu, Pins bisa tambhakan tanaman gantung juga memberikan sentuhan khusus pada teras rumah. Bunga-bunga yang berwarna-warni dan daun-daun hijau yang merayap menambahkan aroma alami dan keindahan visual yang tiada tara. 

Pilihlah tanaman yang cocok dengan iklim dan lingkungan sekitar, sehingga keindahannya akan tetap terjaga sepanjang tahun.

Baca juga: 3 Jenis Bambu untuk Bahan Bangunan

2. Desain Rumah Bambu Modern

Rumah sederhana di desa dari bambu ini menggabungkan bambu dan kaca dalam desain supaya menghasilkan harmoni material yang cantik. 

Kaca pada jendela memungkinkan sinar matahari masuk dengan leluasa, menciptakan suasana terang dan segar di dalam ruangan. Pada saat yang sama, penggunaan bambu sebagai bahan utama membantu menjaga suhu ruangan, menciptakan kenyamanan termal yang penting.

3. Rumah Bambu Sederhana Di Desa dengan Ruang Terbuka

Source : Pixabay

Salah satu daya tarik rumah bambu adalah kemampuannya untuk menciptakan ruang terbuka yang menyatu dengan alam sekitar. Pemanfaatan dinding bambu yang terbuka di bagian tertentu rumah bisa menghasilkan suasana yang nyaman dan alami. Ruang terbuka ini dapat dijadikan area bersantai atau ruang makan keluarga yang hangat.

Baca juga: Unik dan Asri! Ini 30 Desain Rumah Bilik Bambu Modern

4. Desain Rumah Panggung Bambu Modern

Keunikan rumah ini tidak hanya terletak pada bahan utama yang digunakan, yaitu bambu, tetapi juga pada harmoni antara elemen-elemen modern dan tradisional yang menyatu dengan sempurna. Sebagai contoh, sebuah konsep rumah kayu modern dengan bentuk segitiga dapat menjadi daya tarik tak tertahankan, terutama bagi pengguna media sosial seperti Instagram. 

Bentuk segitiga yang dinamis dan modern menghadirkan tampilan yang memukau, sekaligus menggambarkan kekreatifan dan inovasi dalam desain. 

Dengan sentuhan akhir yang cermat, seperti pemilihan warna dan tekstur yang tepat, rumah ini dapat menjadi inspirasi bagi orang-orang yang mencari gaya hidup kontemporer yang unik dan menarik.

5. Konsep Vila Bambu Sederhana

rumah bambu sederhana di desa
Source : Pinterest

Rumah bambu di desa dengan konsep vila atau penginapan mengusung nilai-nilai harmoni antara kenyamanan modern dan keindahan alam. 

Konsep ini memiliki keunggulan dalam pemanfaatan lahan yang lebih efisien, yang sangat berharga terutama dalam lingkungan desa yang terbatas luasnya. Mengadopsi jenis bambu kuning atau golden bamboo sebagai bahan utama memastikan bahwa rumah ini tidak hanya tahan lama, tetapi juga memberikan kesan alami yang khas.

Selain itu, kesan alami yang dihadirkan oleh bambu kuning menambah nilai estetika pada desain, menciptakan suasana yang sejuk dan menyatu dengan alam sekitar.

Baca juga: 10 Kumpulan Model Pagar Bambu yang Bikin Rumah Makin Menarik

6. Rumah di Pinggir Sawah dengan Pemandangan Indah

Tinggal di rumah panggung sederhana di pinggir sawah bukan hanya sekadar sebuah pilihan tempat tinggal, tetapi juga merupakan sebuah gaya hidup yang memukau.

Keindahan alam sekitar, dengan sawah yang hijau dan langit yang luas, memberikan pemandangan yang mempesona setiap saat Pins melihat keluar jendela. Suara desiran angin dan riak air sungai kecil di tengah sawah menjadi musik alami yang menenangkan.

Desain rumah bambu yang melingkupi lingkungan sawah ini bahkan bisa menjadi inspirasi bagi mereka yang ingin memiliki hunian impian atau vila pribadi. Pins dapat menggabungkan sentuhan artistik dalam desain rumah bambu, menciptakan harmoni yang sempurna antara gaya hidup modern dan alam yang memanjakan mata.

7. Rumah Bambu Sederhana Di Desa dengan Ventilasi Luas

Source : iStock

Meskipun mengusung konsep minimalis, rumah sederhana di desa dari bambu ini menghadirkan kesejukan dan kenyamanan tak tertandingi berkat sirkulasi udara yang luas.  Desain sederhana rumah ini dirancang dengan pintu dan jendela strategis, memungkinkan udara segar dan cahaya alami untuk mengalir dengan bebas. 

Pins dapat merasakan betapa segarnya udara pagi masuk ke dalam ruangan, memberikan kesegaran yang membangunkan setiap hari. Dengan ukurannya yang lebih kecil, rumah bambu ini masih berhasil menyajikan teras minimalis yang menjadi tempat sempurna untuk bersantai. 

Baca juga: 10 Contoh Kerajinan Bambu: Alat, Bahan, dan Cara membuatnya

8. Nipa Hut

Nipa Hut atau Bahay Kubo, rumah panggung tradisional dari Filipina, telah menjadi inspirasi bagi banyak desainer untuk menciptakan rumah dengan nuansa tradisional dalam kemasan modern. 

Konsep rumah panggung ini menawarkan ruang tamu dan kamar tidur yang terbuka dengan sirkulasi udara yang optimal. 

Salah satu keunikan Bahay Kubo adalah kemampuannya dalam menjaga kesejukan alami di dalam ruangan, sekaligus memberikan kesempatan bagi cahaya matahari untuk menerangi setiap sudut.

Penggunaan area di bawah rumah sebagai penyimpanan barang menunjukkan pemikiran yang cerdas dalam memanfaatkan setiap bagian ruang. Ini juga memperlihatkan adaptasi terhadap kebutuhan modern, di mana penyimpanan yang efisien menjadi faktor penting dalam merancang rumah. 

9. Rumah Bambu dengan Halaman Luas

rumah bambu sederhana di desa
Source : OFW Newsbeat

Apabila impian Pins adalah memiliki rumah bambu sederhana di desa, Pins dapat mengambil inspirasi berharga dari rumah ini. Rumah tradisional yang memadukan bambu dengan elemen alami lainnya ini menawarkan lebih dari sekadar tempat tinggal. 

Dengan memiliki halaman yang luas, Pins dapat menciptakan kebun mini yang berisi beragam tanaman hias atau tanaman produktif, seperti sayuran dan buah-buahan.

Keberadaan pohon-pohon peneduh di halaman rumah memberikan pasokan udara yang alami dan menyegarkan. Pins bisa merasakan hembusan angin yang menyejukkan sepanjang hari, menciptakan lingkungan yang nyaman dan segar.

Baca juga: Kenali Karakteristik Serta Kekurangan dan Kelebihan dari Lantai Bambu

10. Rumah Bambu Sederhana Di Desa Ala Villa

Source : Arsitag

Kekuatan alami bahan bambu dipadukan dengan desain yang mengutamakan kenyamanan dan estetika, menciptakan suasana yang elegan dan mengundang. Keindahan alam sekitar pantai akan semakin terasa akrab dengan kehadiran villa bambu ini.

Salah satu keuntungan besar dari model rumah bambu adalah biaya pembangunan yang cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan hunian modern konvensional. 

11. Rumah Bambu Panggung

Source : rumahkuunik

Desain rumah panggung ini akan cocok sekali untuk di pedesaan. Dengan mengusung rumah panggung yang sederhana dan mengikuti perkembangan zaman.

Baca juga: 10 Inspirasi Model Gazebo Bambu Minimalis dan Nyaman

12. Rumah Bambu dengan Atap Tanah Liat

Source : rumahkuunik

Desain rumah bambu sederhana ini akan menggunakan atap tanah liat yang menambah kesan rumah pedesaan pada desain eksterior rumah.

13. Rumah Bambu Cerobong Asap

Source : rumahkuunik

Dengan menambah cerobong asap pada desain rumah bambu, kamu sekaligus bisa menambah ventilasi rumah. Dengan ini rumah kamu akan terasa lebih sejuk.

Baca juga: Bambu Petuk: Mitos, Fakta, Manfaat dan Jenisnya

14. Rumah Bambu dengan Kaca

Source : rumahkuunik

Desain ini akan menggunakan kombinasi bambu dan kaca. Dengan banyaknya jendela, kamu akan menambah sumber pencahayaan dan menghemat listrik pada siang hari.

15. Rumah Bambu Dua Lantai

Source : rumahkuunik

Bagi kamu yang tetap ingin mengadaptasi desain rumah mewah namun dengan bahan bambu. Kamu bisa meniru desain yang dicontohkan di atas. Rumah berbahan bambu ini memiliki 2 lantai dengan konsep terbuka atau dikenal dengan konsep tropis.

Tidak hanya bambu sebagai elemen alam, kayu juga menjadi perpaduan diletakkan di balkon rumah.

Baca juga: 13 Ide Kreatif Desain Gapura dari Bambu yang Unik dan Menarik

16. Rumah Bambu dengan Teras Luas

Source : Desainid

Desain rumah bambu sederhana di desa yang nyaman selanjutnya adalah rumah bambu yang memiliki ukuran teras cukup luas. Keluasan dari teras rumah bambu ini mampu menciptakan ruang santai yang ideal untuk menikmati pemandangan alam di pedesaan.

Rumah tradisional yang terbuat dari bambu seperti pada gambar di atas dapat memberikan kehangatan dan kenyamanan bagi siapapun yang berkunjung. Dikarenakan desain terasnya yang cukup terbuka, Pins dapat menambahkan tirai yang terbuat dari bambu juga untuk mencegah cahaya masuk secara berlebih dan tampias air hujan.

17. Rumah Bambu Kombinasi

Source : Pinterest

Desain rumah bambu sederhana di desa yang nyaman berikut ini memiliki desain yang berkombinasi dengan material beton. Seperti yang terlihat pada gambar, bangunannya tidak sepenuhnya menggunakan material bambu saja, melainkan terdapat material beton yang menjadi dinding serta alas lantai pada rumah.

Lalu, pada bagian teras depan atau belakangnya menggunakan pintu yang terbuat dari bambu dengan dorongan besi. Dikarenakan penggunaan material bambu pada pintu telah tersusun rapi, tetapi tetap meninggalkan jarak antara bambu.

Oleh karena itu, Pins disarankan membuat pintu bambu tersebut dengan kaca juga, jadi tetap ada pembatasnya yang benar-benar menutupi.

Baca juga: 8 Manfaat Mempunyai Bambu Hoki di Rumah

18. Rumah Bambu Bergaya Tropis Bali

Source : iStock

Desain rumah bambu sederhana di desa yang nyaman kedelapan belas ini mengusung konsep rumah bambu tropis Bali yang menarik mata. Jika kamu perhatikan rumah bambu ini sangat terasa menyatu dengan alam. Penggunaan material bambu pada bangunannya, atap serat, dan tangga untuk masuk ke dalam rumah.

19. Rumah Bambu Mungil dan Unik

Source : TukangSaung

Desain rumah bambu sederhana di desa yang nyaman berikut ini memiliki arsitektur yang mungil dan unik. Hal ini dapat menjadi pilihan kamu yang ideal loh Pins dari segi ukuran. Uniknya lagi terdapat pintu yang menyambung dengan rumah bambu sebelahnya.

Hal ini dikarenakan desain rumah bambu yang mungil, jadi untuk memaksimalkan ruangnya dibangun rumah bambu satu lagi disebelahnya. Pintu sambung tersebut yang akan memudahkan perpindahan dari dalam.

Baca juga: 4 Cara Mengawetkan Bambu untuk Bahan Bangunan

20. Rumah Bambu Sederhana Berkonsep Luas

Source : Carousell

Desain rumah bambu sederhana di desa yang nyaman terakhir memiliki desain rumah bambu yang memiliki konsep luas pada bagian depannya. Rumah bambu satu ini dibuat seluas mungkin agar terkesan lapang dan juga unik. Sehingga orang akan senang untuk berkunjung ke rumah satu ini.

Kamu dapat menambahkan karpet pada rumah bambu tersebut untuk memberikan kenyamanan bagi orang lain yang berkunjung. Kemudian, anyaman bambu terlihat diterapkan pada dinding dengan pewarnaan yang sama.

Itu tadi daftar desain rumah bambu sederhana di desa yang bisa Pins jadikan referensi. Dengan memanfaatkan bambu, Pins dapat memiliki rumah yang tidak hanya estetis, tetapi juga ramah lingkungan. 

Baca juga:

Feature Image Source: AdobeStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download