BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Contoh Rumah Bedeng dan Pengertiannya
0
0

6 Contoh Rumah Bedeng dan Pengertiannya

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Okt 24, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Rumah Bedengtop-right-banner

Rumah atau tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Kebutuhan akan papan sebagai tempat tinggal berlaku umum, baik bagi yang menetap atau sementara. Begitu pula bagi para pekerja. Mereka tetap butuh rumah tinggal atau yang biasa dikenal dengan rumah bedeng. 

Pekerja yang harus bekerja jauh dari kampung halaman biasanya memilih untuk kontrak atau kos. Namun bagi pekerja proyek, pemberi kerja biasanya memberikan fasilitas tempat tinggal sebagai mess karyawan.

Keberadaan mess karyawan sangat membantu bagi pekerja. Pemberi kerja tidak perlu membuat tempat tinggal mewah untuk mess ini, bahkan biasanya berupa rumah sementara atau rumah bedeng. 

Sebelum lanjut, kamu yang ingin punya rumah di BSD bisa memilih untuk tinggal di Golden Flower, The Zora, atau Green Serpong Bintaro. Di Pinhome, kamu juga bisa pasang iklan properti gratis jika ingin menjual rumah bekas di Kec Tangerang

Baca juga: Tips Memilih Tempat Tinggal Berdasarkan Lingkungannya

Pengertian Rumah Bedeng

Rumah Bedeng
Source : iStock Photo

Kalimat “rumah bedeng” merupakan kalimat baku yang sudah ada pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Menurut KBBI, rumah bedeng adalah rumah darurat atau rumah sementara bagi para pekerja. 

Pengertian ini hampir sama dengan pondok atau pondokan. Dalam KBBI, pondok adalah bangunan untuk tempat sementara yang biasa didirikan di ladang, hutan, dan sebagainya. 

Sementara arti pondokan menurut KBBI adalah rumah tempat tinggal menumpang, lazimnya seperti hotel dengan kamar-kamar dalam jumlah yang banyak. 

Dengan demikian, pondokan sama seperti rumah bedeng, yaitu rumah sementara dengan keperluan tertentu, seperti untuk mess karyawan atau pekerja. 

Baca juga: Cara Agar Aman dan Nyaman Tinggal di Rumah Sendiri

Manfaat Rumah Bedeng

Rumah Bedeng
Source : iStock Photo

Sebagai tempat untuk karyawan, rumah bedeng proyek tentu memiliki banyak manfaat. Tak hanya bagi pekerja, manfaat adanya rumah sementara ini juga bisa dirasakan oleh pemberi kerja. 

Hal ini lantaran keberadaan fasilitas tempat tinggal membuat waktu lebih efisien sehingga pekerja bisa fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya. Berikut ini beberapa manfaat rumah sementara untuk pekerja proyek yang perlu kamu ketahui. 

1. Memberikan Kemudahan

Salah satu manfaat dari rumah pondokan adalah memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pekerja. Dengan adanya rumah ini, pekerja tidak perlu mencari tempat tinggal sendiri, yang bisa sulit jika mereka baru saja pindah atau bekerja jauh dari rumah. 

Selain itu, adanya fasilitas tempat tinggal sementara ini menyediakan akomodasi yang nyaman dengan fasilitas seperti tempat tidur, kamar mandi, dapur bersama, dan ruang bersantai.

2. Menghemat Waktu dan Biaya

Dengan tinggal di rumah ini, pekerja bisa menghemat waktu dan biaya perjalanan. Mereka tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari untuk pergi ke tempat kerja dari rumah atau mencari transportasi. Hal ini juga juga berlaku pada biaya transportasi dan akomodasi harian.

3. Meningkatkan Produktivitas

Biasanya, tempat tinggal sementara ini dibangun di sekitar lokasi kerja atau jika jauh akan disediakan bus atau kendaraan antar jemput. Dengan demikian, adanya fasilitas ini akan membantu meningkatkan produktivitas pekerja dengan menyediakan tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja. 

Pekerja memiliki lebih banyak waktu untuk istirahat dan mempersiapkan diri untuk hari kerja, daripada harus menghabiskan waktu lama dalam perjalanan. Lingkungan yang lebih dekat dan lebih terkonsentrasi juga meningkatkan efisiensi kerja.

Baca juga: Tips Memilih Arsitek Rumah Tinggal

Contoh Rumah Bedeng

Dengan banyaknya manfaat fasilitas tempat tinggal bagi pekerja, maka tak ada salahnya kamu sebagai pemberi kerja memberikan fasilitas ini. Berikut adalah beberapa contoh desain rumah bedeng yang bisa kamu jadikan referensi. 

1. Dua Bilik 1 Pintu

Rumah Bedeng
Source : iStock Photo

Desain pertama menggunakan model dua kamar atau bilik dengan satu pintu. Pada masing-masing kamar bisa ditempati 1-2 orang, sehingga dalam satu rumah bisa menampung hingga 4 pekerja. 

Model ini menawarkan kepraktisan. Pasalnya, kamu bisa membuat hanya satu dapur dan kamar mandi untuk dalam satu pintu ini. Sehingga, 4 orang pekerja bisa bergantian menggunakan 1 kamar mandi yang rasanya tidak akan membuat antrian terlalu panjang. 

2. Bedeng Panggung

Rumah Bedeng
Source : iStock Photo

Model rumah sementara ini bisa dengan mudah dibongkar dan dipasang. Desainnya seperti rumah panggung namun panggungnya tidak terlalu tinggi. Model rumah ini biasa digunakan untuk daerah yang rentan gempa karena strukturnya bisa menahan guncangan. 

3. Barak Tentara

Rumah Bedeng
Source : iStock Photo

Desain rumah sementara untuk karyawan yang ini terinspirasi dari barak tentara. Modelnya sederhana dengan hanya menggunakan atap dari terpal tebal, lalu ranjang sebagai alas tidur bagi pekerja. Kelebihan model ini bisa memuat banyak, tergantung seberapa besar instalasi yang dibuat. 

Baca Juga: Rumah Apartemen Minimalis

4. Satu Pintu

Rumah Bedeng
Source : iStock Photo

Berbeda dengan model nomor satu, desain rumah bedeng ini hanya terdiri satu bilik dalam satu pintu. Di dalamnya bisa dibuat seperti apartemen studio, yaitu tempat tidur, kamar mandi, dan sedikit area untuk dapur. 

Model rumah sementara ini bisa memuat 1-2 orang di setiap pintunya. Ini juga cocok bagi pekerja yang membawa istri sehingga mereka bisa tinggal bersama. 

5. Industrial Tingkat

Rumah Bedeng
Source : iStock Photo

Pada dasarnya, rumah-rumah sementara untuk karyawan mengusung konsep desain industrial. Hal ini lantaran sifat rumah yang sementara dan mudah dibongkar pasang, sehingga tidak diperlukan finishing layaknya hunian tetap. 

Model rumah bedeng bertingkat juga bisa alternatif. Rumah model ini cocok untuk lahan yang tidak terlalu luas, namun harus memberikan fasilitas tempat tinggal bagi pekerja yang banyak. 

6. Rumah Kontainer

Rumah Bedeng
Source : iStock Photo

Kamu juga memanfaatkan kontainer untuk disulap menjadi rumah sementara bagi pekerja. Ini merupakan pilihan yang praktis, mengingat penyedia jasa rumah kontainer sudah banyak sehingga mudah diaplikasikan. 

Itulah ulasan mengenai pengertian dan contoh rumah bedeng yang nyaman bagi pekerja proyek. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Avoria Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download