BlogPemilik PropertiDesain HunianSuara Bising Sangat Mengganggu? Ini Dia 8 Cara Membuat Rumah Kedap Suara
0
0

Suara Bising Sangat Mengganggu? Ini Dia 8 Cara Membuat Rumah Kedap Suara

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Agu 12, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
rumah kedap suaratop-right-banner

Suara berisik yang berasal dari lingkungan rumah, memang bisa mengganggu kenyamanan dan konsentrasi penghuninya. Untuk itu, sebagai solusinya banyak pemilik rumah yang memutuskan untuk mendesain rumah kedap suara. Dengan menyematkan sistem kedap suara, kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan kenyamanan tetangga sekitar akan terganggu. 

Hal ini dikarenakan suara yang berasal dari dalam maupun luar rumah dapat diredam. Tertarik untuk memiliki rumah kedap suara, Pins? Ada 8 cara membuat rumah kedap suara yang bisa kamu lakukan. Untuk mengetahui apa saja caranya, yuk simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Kegunaan Peredam Bunyi Di 4 Tempat Berbeda, Ini Detailnya!

Melapisi dengan Vinyl

Source : Freepik

Vinyl adalah bahan sintetis yang sering digunakan di rumah-rumah sebagai lapisan permukaan lantai. Vinyl memiliki ketahanan yang lama dan dapat mempercantik desain dalam rumah dengan corak alaminya.Tak hanya itu, vinyl juga bisa dimanfaatkan untuk meredam suara. Suara berisik dan juga dentuman musik yang keras, kini tak akan lagi mengganggu kenyamanan. 

Lantai vinyl tersedia dalam bermacam-macam corak yang bisa disesuaikan dengan keinginan penghuninya. Walau terlihat mudah, tetapi untuk menghindari kesalahan dalam memposisikan lembaran vinyl dan lebih menghemat waktu kamu bisa menggunakan jasa pemasangan ahlinya.

Menggunakan Gypsum Kedap Suara

Source : Freepik

Cara membuat rumah kedap suara selanjutnya adalah melalui bagian langit-langit rumah dan dinding. Caranya adalah dengan menggunakan lapisan papan gypsum kedap suara. Bukan hanya sebagai bahan konstruksi pembentuk dinding, partisi, ataupun plafon, gypsum juga memiliki jenis yang dapat digunakan untuk meredam suara. 

Fungsi gypsum sebagai peredam suara adalah dapat dibedakan menjadi 2, yaitu absorsi dan insulasi. Tips untuk memasang gypsum, kamu bisa menggunakan material peredam bunyi tambahan yang terbuat dari glasswool atau rockwool. Material ini ditempatkan di antara celah dinding dan gypsum.

Menempelkan Rubber Mat

Source : Freepik

Untuk meredam bunyi atau suara yang mengganggu, kamu bisa menempelkan rubber mat atau keset karet ke permukaan lantai. Dengan menempelkan rubber mat, suara yang dipantulkan pun dapat diminimalisir. Dikarenakan menggunakan bahan dasar karet, akan membuat penghuni rumah tetap nyaman saat berpijak dan berjalan di atas permukaannya. Rubber mat memiliki ketebalan yang berbeda-beda, kamu bisa menyelesaikannya dengan kebutuhanmu. Dari segi harga, harga yang ditawarkan pun terbilang terjangkau. 

Baca juga: Manfaat & Rekomendasi Bahan Karpet Kamar Tidur

Memasang Door dan Window Seal

Source : Freepik

Bunyi atau suara dapat merambat melalui udara, termasuk celah-celah yang terdapat di bagian bawah pintu dan jendela. Untuk menghalangi suara yang masuk, kamu bisa menggunakan door seal dan window seal. Kedua benda ini merupakan penutup celah pintu maupun jendela yang terbuat dari bahan karet. 

Dengan menggunakannya, suara yang berasal dari luar akan terdengar samar atau bahkan tidak terdengar sama sekali. Suara berisik yang berasal dari dalam rumah pun tidak akan terdengar keluar. Tak hanya itu kelebihan dari kedua benda ini. Selain meredam suara, rumah kamu pun dapat terhindar dari partikel debu yang terbawa masuk ke dalam rumah. Door dan window seal dapat dengan mudah kamu beli di toko perlengkapan rumah ataupun toko online

Melekatkan Panel Akustik

Source : Envato

Untuk dapat meredam suara dalam studio musik, digunakanlah panel akustik yang ditempelkan pada dinding sekelilingnya. Tetapi tidak hanya di studio musik, panel akustik ini dapat juga digunakan di dalam hunianmu, Pins. Terlebih jika di dalam rumah kamu membuat ruangan khusus yang digunakan sebagai home theater atau ruang karaoke. 

Penggunaan panel akustik akan meredam suara secara efektif sehingga kebisingannya tidak terdengar hingga keluar rumah. Panel akustik yang berkualitas akan memiliki nilai Noise Reduction Coefficient (NRC).

Mengecat dengan Cat Dinding Peredam Suara

Source : Freepik

Tahukah kamu kalau cat dinding bisa membantu meredam suara? Untuk dapat melakukannya adalah dengan menggunakan cat dinding khusus peredam suara. Cara kerja dari cat ini, yakni memantulkan suara yang terserap ke dinding sehingga lebih terminimalisir terdengar keluar ataupun ke dalam rumah. 

Untuk pengaplikasian jenis cat ini sama saja dengan penggunaan cat dinding biasa. Kamu bisa mengaplikasikan cat ke permukaan dinding dengan menggunakan bantuan rol dan kuas cat.

Menyematkan Tirai Kedap Suara

Source : Freepik

Selain berfungsi sebagai penghalang atau penyekat ruangan, tirai juga tersedia dalam jenis kedap suara, Pins. Jenis tirai ini akan semakin memaksimalkan sistem kedap suara di dalam rumah. Namun, dari segi keefektivitasannya tidak bisa hanya mengandalkan penggunaan tirai saja. 

Diperlukan juga pemasangan window seal pada sisi-sisi jendela bersamaan dengan pemasangan tirai. Tirai peredam suara tersedia dalam berbagai pilihan jenis bahan. Antara lain adalah bahan polyester dan suede dengan adanya efek soundproofing.

Memanfaatkan Karpet Berbahan Tebal

Source : Freepik

Untuk lebih memaksimalkan rumah kedap suara, kamu bisa menambahkan karpet tebal pada permukaan lantai yang sudah divinyl. Dengan memanfaatkan karpet yang berbahan tebal ini, bunyi dan suara dapat lebih diminimalisir. Ada berbagai jenis bahan yang bisa kamu gunakan sebagai alas karpet. 

Diantaranya adalah karpet yang terbuat dari bahan nilon, wol, hingga bulu rasfur. Dikarenakan karpet cukup tebal, sebaiknya lakukan pembersihan karpet secara rutin untuk menjaganya bersih dari debu-debu atau kotoran menempel di permukaan karpet.

Baca juga: 8 Jenis Karpet dan Bahannya yang Sesuai dengan Lantai Rumah

Itulah ke-8 cara membuat rumah kedap suara. Apabila Pins tinggal di lingkungan sekitar yang sangat berisik, seperti seberang jalan raya, disarankan untuk melakukan semua tips di atas. Namun, jika dirasa kebisingan yang berasal dari luar maupun dalam rumah tidaklah parah, kamu bisa memilih beberapa langkah saja.

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Podomoro River View dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download