BlogPemilik PropertiDesain HunianCatat! 7 Kelebihan dan Kekurangan Rumah Menghadap Barat
0
0

Catat! 7 Kelebihan dan Kekurangan Rumah Menghadap Barat

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Sep 26, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
rumah menghadap barattop-right-banner

Posisi rumah termasuk salah satu faktor yang harus dipertimbangkan saat membeli rumah. Di antara pilihan yang ada, rumah menghadap barat menjadi favorit karena dianggap memiliki beberapa kelebihan dibanding arah mata angin yang lain. 

Ulasan berikut ini akan sangat berguna bagi kamu yang baru saja membeli rumah eksklusif seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain. Rumah second di Jakarta Timur yang sudah ditinggalkan bisa kamu jual dengan pasang iklan properti online di Pinhome. 

Menghadap barat adalah istilah yang merujuk pada orientasi rumah terhadap mata angin, yaitu arah matahari terbenam. Orientasi rumah adalah faktor penting dalam perencanaan dan desain rumah, karena dapat mempengaruhi cahaya alami, ventilasi, dan efisiensi energi. 

Dalam artikel ini akan dibahas kelebihan dan kekurangan rumah menghadap barat yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan. 

Baca juga: Rumah Menghadap Utara dan Selatan Adalah Posisi Ideal?

Kelebihan Rumah Menghadap Barat

rumah menghadap barat
Source : Pixabay

Memilih rumah yang menghadap ke arah barat memiliki sejumlah kelebihan yang perlu dipertimbangkan. Kelebihan ini akan mempengaruhi desain interior dan eksterior rumah hingga pencahayaan. Berikut rinciannya. 

1. Cahaya Matahari Sore yang Indah

Rumah menghadap barat mendapatkan manfaat dari cahaya matahari sore yang hangat dan indah. Matahari sore memiliki kualitas cahaya yang berbeda dan memberikan sentuhan khusus pada interior rumah. 

Sebagaimana diketahui, cahaya matahari sore juga bisa memberikan atmosfer yang tenang dan nyaman di dalam rumah setelah seharian aktivitas.

2. Pemandangan Matahari Terbenam

Salah satu keindahan memiliki rumah yang menghadap barat adalah bisa menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset yang spektakuler setiap hari. Panorama ini bisa menjadi pengalaman yang luar biasa dan memberikan nuansa romantis dan damai di akhir hari.

3. Pemanasan Alami pada Musim Dingin

Rumah yang menghadap barat dapat memanfaatkan cahaya matahari sore untuk pemanasan alami pada musim dingin. Sinar matahari sore yang masuk akan membantu memanaskan ruangan, mengurangi kebutuhan akan pemanasan buatan, dan menghemat biaya energi.

Baca juga: Cara Menerapkan Feng Shui Untuk Denah Rumah Minimalis

4. Circadian Rhythm yang Seimbang

rumah menghadap barat
Source : Pixabay

Pemaparan teratur terhadap cahaya matahari, termasuk cahaya matahari sore, membantu menjaga ritme sirkadian yang sehat. Ritme sirkadian adalah proses internal dan alami yang mengatur siklus tidur-bangun yang diulangi kira-kira setiap 24 jam.

5. Estetika Arsitektur yang Menarik

Bangunan yang menghadap barat memberikan kesan estetika arsitektur yang menarik. Desain interior dan eksterior akan dioptimalkan untuk memaksimalkan manfaat cahaya matahari sore dan menciptakan tampilan yang menarik.

6. Sirkulasi Udara yang Baik

Pada sore hari, angin cenderung bertiup dari arah barat. Rumah menghadap barat bisa memanfaatkan angin ini untuk meningkatkan sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan. Udara segar dan alami akan beredar dengan lebih baik, menciptakan lingkungan yang sehat.

7. Ventilasi yang Optimal

Penempatan jendela dan ventilasi di sisi barat rumah bisa dioptimalkan untuk memaksimalkan pengaliran udara dan pencahayaan alami. Ini akan menghasilkan rumah yang lebih sehat dan nyaman untuk dihuni, terutama di daerah dengan cuaca yang cenderung hangat.

Baca juga: Apa Saja Kriteria Rumah Ideal?

Kekurangan Rumah Menghadap Barat

rumah menghadap barat
Source : Pixabay

Meski demikian, rumah menghadap barat juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk membeli atau membangun hunian. 

Kekurangan rumah menghadap barat ini terkait dengan panas matahari, pemudaran material interior, peningkatan biaya energi, hingga pemandangan yang mungkin terhalang bangunan lain. 

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai kekurangan-kekurangan tersebut.

1. Panas Berlebih pada Siang Hari

Salah satu kekurangan dari rumah yang menghadap barat adalah adanya potensi peningkatan suhu di dalam rumah selama siang hari. Sinar matahari langsung dari arah barat akan memanaskan ruangan secara berlebihan, terutama pada musim panas. 

Hal ini membutuhkan sistem pendingin udara yang lebih kuat dan penggunaan energi yang lebih tinggi untuk menjaga suhu ruangan tetap nyaman.

2. Potensi Pemudaran Material Interior

Cahaya matahari yang intens pada sore hari juga dapat menyebabkan pemudaran pada perabot dan material interior rumah seperti karpet, kain, dan bahan-bahan lainnya. Pemudaran ini bisa mempengaruhi estetika dan nilai dekoratif rumah.

3. Pemilihan Tanaman yang Tepat

rumah menghadap barat
Source : Pixabay

Sinar matahari langsung yang panas dari arah barat bisa mempengaruhi tumbuh kembang tanaman hias di halaman depan rumah. Pemilihan tanaman yang tepat yang bisa bertahan dan tumbuh dengan baik di bawah paparan sinar matahari langsung perlu dipertimbangkan.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Feng Shui Baik Untuk Tempat Tinggal

4. Potensi Peningkatan Biaya Energi

Karena cahaya matahari sore bisa meningkatkan suhu di dalam rumah, penggunaan sistem pendingin udara akan lebih sering diperlukan untuk menjaga suhu tetap nyaman. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan biaya energi untuk listrik dan pendinginan, terutama selama musim panas yang panas.

5. Pemandangan Terhalang Bangunan Lain

Rumah yang menghadap barat juga bisa menghadapi masalah terkait pemandangan yang terhalang oleh bangunan lain atau gangguan visual dari kegiatan sekitar pada sore hari. Ini bisa mempengaruhi privasi dan kenyamanan penghuni rumah.

Keputusan untuk memiliki rumah yang menghadap barat harus dipertimbangkan dengan matang, dengan memahami kelebihan dan kekurangan serta mengambil langkah-langkah untuk mengatasi potensi masalah seperti panas berlebih pada sore hari.

Baca Juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cikarang Griya Pratama dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download