BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Kelebihan dan Kekurangan Rumah Menghadap Barat
0
0

8 Kelebihan dan Kekurangan Rumah Menghadap Barat

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mei 15, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tak hanya pemilihan lokasi yang strategis, penempatan rumah berdasarkan poin-poin fundamental pun tak kalah penting. Kenyamanan hidup dapat dipengaruhi oleh faktor yang satu ini, terutama jika menyangkut orientasi matahari. Salah satunya adalah letak rumah di sebelah barat. Beberapa orang kerap memilih arah  ini  sebagai lokasi ideal untuk membangun rumah. Namun ada anggapan bahwa tinggal di lingkungan tempat tinggal yang  menghadap ke barat  membuat hidup menjadi tidak nyaman. Berikut Pinhome jabarkan mengenai rumah menghadap barat, simak sampai habis ya!

Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Kelebihan Rumah Hadap Barat

Berikut ini adalah kelebihan dari rumah menghadap barat:

1. Ruangan Terlihat Terang dan Terasa Hangat

Source : Pixabay

Rumah yang menghadap ke barat  memungkinkan sinar matahari lebih banyak masuk ke dalam ruangan, terutama pada sore hari. Apalagi jika  rumah Kamu terletak di bawah jalan raya, suasana tempat tinggal cenderung  lembap dan dingin. Pada waktu-waktu tertentu, rumah yang menghadap ke  barat menerima sinar matahari secara optimal dan ruangan terasa lebih hangat.

2. Kesan Estetik Saat Sore Hari

Sinar matahari sore melembutkan dan memberikan suasana hangat dan asri pada ruangan Kamu. Orang yang sering ngobrol di Instagram, TikTok, dan Pinterest pasti sudah terbiasa mengunggah keindahan kamarnya di bawah sinar matahari terbenam.

 Kata-kata “golden hour” benar-benar mengubah suasana mansion. Bagi  yang menyukai estetika ruang jenis ini, rumah yang menghadap ke barat bisa menjadi pertimbangan.

3. Dapat Melihat Pemandangan Matahari Senja

Source : Pixabay

Rumah yang menghadap ke barat juga memiliki keunggulan karena bisa melihat matahari terbenam. Perlu diperhatikan bahwa pemandangan  ufuk barat tidak terhalang oleh gedung-gedung tinggi. Jika pemandangan ke arah barat cerah, Kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam setiap hari.

4. Menurut Primbon Jawa

Primbon merupakan kitab warisan nenek moyang masyarakat Jawa yang berfokus pada hubungan kehidupan manusia dengan alam semesta. Primbon berfungsi sebagai pedoman untuk menentukan sikap Kamu terhadap tindakan dalam hidup. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, rumah yang menghadap ke  barat dianggap membawa keberuntungan, terutama bagi mereka yang lahir pada hari Jumat.

Selain itu, rumah yang menghadap ke barat konon akan membawa kemakmuran dan kebahagiaan sehingga  cocok bagi  pengantin baru yang ingin segera memiliki anak.

5. Menurut Fengshui

Feng Shui berasal dari bahasa Mandarin dan terdiri dari dua kata: Feng Shui dan Feng Shui. Feng artinya angin dan Shui artinya air. Hal ini sesuai dengan hakikat Feng Shui yang memanfaatkan energi kasat mata (Qi) yang berasal dari alam.

Feng Shui merupakan seni dan ilmu pengetahuan yang diturunkan dari generasi ke generasi pada masyarakat Tiongkok kuno. Mereka menggunakan Feng Shui untuk menempatkan bangunan dan ruangan di lingkungannya.

Manfaat rumah menghadap ke barat juga dibahas dalam Feng Shui. Dipercaya jika sebuah rumah menghadap ke arah terbenamnya matahari, maka akan membawa keberuntungan bagi orang yang tinggal di sana. Misalnya dari segi finansial, Kamu bisa  cepat beruntung. Sementara itu, hubungan keluarga akan menjadi lebih harmonis.

Kekurangan Rumah Menghadap Barat

Source : Pixabay

Berikut ini adalah kekurangan dari rumah menghadap barat:

1. Memerlukan Desain Rumah yang Khusus

Selain perawatan, rumah yang menghadap ke barat juga memerlukan konstruksi khusus untuk mencegah sinar matahari langsung. Saat ini, banyak  rumah menghadap barat yang cocok untuk negara tropis memiliki desain yang menyulitkan panas matahari mencapai setiap sudut ruangan. Namun membangun rumah yang dirancang khusus memerlukan keahlian, konstruksi, dan anggaran yang cukup.

2. Cat Depan Rumah Bisa Tidak Awet

Source : Pixabay

Elemen cuaca seperti sinar matahari dapat mempengaruhi penampilan rumah Kamu. Begitu pula dengan warna cat yang bisa terkelupas atau pudar jika terkena panas sinar matahari. Fasad rumah  tidak lagi terlihat semenarik saat pertama kali dibangun. Kamu juga harus bersiap mengeluarkan lebih banyak uang  untuk mengecat dinding Kamu dengan warna  baru.

3. Rumah Dapat Terkena Panas Berlebih

Ada beberapa kerugian jika  tinggal di rumah yang menghadap ke  barat. Salah satunya adalah rumah terasa  panas. Apalagi jika rumah Kamu terletak di kawasan yang sedikit pepohonan tinggi, misalnya di dataran rendah, dekat pantai, atau di tengah kota besar. Ya, karena terik matahari di siang hari, suhu dalam ruangan cenderung tinggi, terutama di  teras dan ruang tamu.

 Untuk menghindari panas berlebih, Kamu pasti membutuhkan sistem pendingin ruangan seperti kipas angin atau AC, atau sebaiknya pilih desain jendela  yang tidak terlalu besar untuk rumah Kamu.

 4. Terlalu Silau pada Siang Hari

Rumah yang menghadap ke barat bisa sebabkan silau pada rumah dan juga pantulan sinar matahari yang mana sulit untuk dilihat. Cahaya matahari memantul dari tembok dan jendela yang dapat mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download