BlogPemilik PropertiDesain Hunian20 Ide Warna Cat Rumah yang Sejuk dan Cocok Untuk Kamu!
0
0

20 Ide Warna Cat Rumah yang Sejuk dan Cocok Untuk Kamu!

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jul 4, 2024

10 menit membaca

Copied to clipboard
warna-cat-rumah-yang-sejuktop-right-banner

Pemilihan warna cat rumah tidak dapat dipilih secara sembarangan tanpa mengetahui fungsi di balik warna cat tersebut. Warna cat rumah dapat memberikan beberapa tujuan untuk menciptakan suasana tertentu di dalam rumah. Warna cat rumah juga dapat ditentukan dari gaya atau konsep yang diaplikasikan pada rumah Pins. Seperti membangun suasana penuh kesejukkan. Maka Pins harus memilih warna cat yang tepat. Simak artikel ini untuk mengetahui ide warna cat rumah yang sejuk!

Baca juga: 10 Kombinasi Warna Cat Dapur Minimalis dan Manis

Apa itu Warna Cat Rumah yang Sejuk?

Source : BeritaSatu

Warna cat rumah yang sejuk adalah kategori warna yang menghasilkan kesan dingin, menenangkan, dan menyegarkan. Warna-warna ini sering dikaitkan dengan elemen alam seperti air, langit, dan dedaunan serta dapat memberikan rasa kesegaran dan ketenangan. 

Perlu Pins ketahui bahwa warna-warna cat rumah terutama warna cat luar rumah yang sejuk tidak hanya mencakup satu warna tunggal. Kamu bisa melihat dari spektrum warna biru, hijau, ungu muda, dan abu-abu muda. Tonalitas yang lebih lembut, pucat, dan netral sering mendominasi dalam palet warna cat rumah yang sejuk untuk menciptakan suasana yang damai dan nyaman lho Pins. 

Cara Memilih Warna Cat Rumah yang Sejuk

Memilih warna cat rumah yang sejuk bisa menjadi proses yang menyenangkan lho Pins. Pasalnya, memilih warna bisa memberikan ketenangan dan tentunya kamu perlu perencanaan dan pertimbangan yang baik. Maka dari itu, yuk simak cara memilih warna yang cocok untuk kamu.

1. Identifikasi Preferensi Pribadi

Hal pertama yang perlu Pins lakukan untuk memilih warna cat rumah yang sejuk adalah pikirkan tentang jenis warna yang kamu sukai dan cocok dengan selera pribadi kamu. Apakah Pins lebih suka warna biru, hijau, ungu muda, atau abu-abu muda? Hal ini akan membantu kamu menyaring pilihan warna yang tepat dan mempersempit pilihan kamu.

2. Pertimbangkan Lingkungan dan Kondisi Cahaya

Source : iStock

Perhatikan kondisi lingkungan sekitar rumah kamu. Pertimbangkan arah matahari, pencahayaan alami, dan elemen alam lainnya seperti pohon atau tanaman. Warna cat juga dapat terlihat beda dalam berbagai kondisi cahaya, jadi pastikan untuk menguji sampel warna di berbagai area di sekitar rumah kamu ya Pins. 

Baca juga: Katalog Warna Cat Dulux Catylac Interior Terbaik

3. Pilih Palet Warna yang Sejuk

Setelah menentukan preferensi warna Pins, pilih palet warna yang termasuk dalam kategori sejuk seperti biru, hijau, ungu muda, atau abu-abu muda. Perhatikan juga nuansa dan intensitas warna untuk menciptakan suasana yang kamu inginkan ya Pins.  

4. Gunakan Sampel Warna

Source : iStock

Sebelum memutuskan warna cat akhir, penting bagi kamu untuk membeli beberapa sampel cat dari pilihan warna yang telah Pins tentukan. Uji sampel warna di dinding atau area eksterior rumah kamu untuk melihat bagaimana warna tersebut tampak dalam berbagai kondisi cahaya dan selama berbagai waktu sepanjang hari. 

Baca juga: 15 Rekomendasi Warna Cat Dapur yang Cerah 

5. Perhatikan Estetika Eksterior

Ternyata, mempertimbangkan gaya arsitektur dan elemen desain eksterior rumah itu penting lho Pins. Hal ini penting karena warna cat harus selaras dengan tampilan keseluruhan rumah agar menciptakan harmoni dan penampilan yang menyenangkan bagi hunian kamu.

6. Pertimbangkan Selera Anggota Keluarga

Source : Orami

Jika Pins tinggal bersama keluarga atau orang lain, pastikan pemilihan warna cat rumah yang sejuk melibatkan mereka dalam proses tersebut. Diskusikan preferensi warna mereka dan mencoba mencari warna cat yang disukai oleh semua orang ya. 

Baca juga: 15 Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan

7. Konsultasikan dengan Profesional

Jika Pins merasa kesulitan dalam pemilihan warna cat depan rumah yang sejuk, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional desain interior atau konsultasi warna. Mereka dapat memberikan saran ahli dan membantu kamu memilih warna yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu.

8. Pilih Warna Cat yang Sesuai

Source : Shopee

Setelah melalui proses pengujian dan pertimbangan, pilih warna cat yang sesuai dengan suasana yang ingin Pins ciptakan di rumah kamu. Pastikan untuk membeli cat berkualitas tinggi untuk hasil akhir yang tahan lama dan memuaskan. 

Baca juga: 12 Kombinasi Warna Cat Rumah Cream dan Coklat

Ide Warna Rumah yang Sejuk dan Cocok Untuk Kamu!

Setelah mengetahui cara memilih warna rumah yang sejuk, berikut artikel akan membahas tentang rekomendasi 20 ide warna rumah yang sejuk. Yuk simak ulasannya dibawah!

1. Biru Laut Tua

Source : Redfin

Warna biru laut tua memberikan kesan yang klasik dan elegan lho Pins. Warna cat rumah yang sejuk ini merupakan pilihan yang cocok untuk menciptakan suasana yang tenang dan menyejukkan, seperti suasana pantai yang damai. Selain untuk eksterior, Pins dapat juga menerapkannya di dalam atau interior rumah.

Baca juga: Katalog Warna Cat Nippon Paint Terlengkap dan Terupdate

2. Hijau Mint

Warna cat rumah yang sejuk berikutnya ada di hijau mint. Hijau mint adalah warna yang menyegarkan sekaligus memberikan kelembutan bagi yang melihatnya. Hal ini memberikan nuansa alami yang menenangkan seperti daun hijau yang segar.

Warna hijau yang lembut satu ini dapat kamu terapkan pada bagian dalam ataupun luar rumah. Rumah kamu akan terlihat cantik dan unik.

3. Biru Kehijauan

Source : Pinhome

Warna biru kehijauan ternyata menciptakan suasana yang menyenangkan dan menyegarkan lho Pins. Warna cat rumah yang sejuk ini memberikan kesan seperti air yang mengalir di sungai yang jernih.

Selain warna dindingnya yang biru kehijauan, Pins juga dapat mengikuti warna tersebut pada furniture di rumah. Seperi sofa, kursi, karpet, bahkan gorden.

Baca juga: 15 Warna Cat Teras Rumah yang Bagus, Nggak Ngebosenin!

4. Biru Langit

Rekomendasi ide warna yang lainnya ada di biru langit. Warna ini memberikan kesan cerah dan sejuk, seperti langit yang cerah di pagi hari. Pins dapat membayangkan warna tersebut seperti sedang melihat ke atas langit yang biru.

Warna satu ini dapat memberikan kesejukkan sekaligus warna yang elegan untuk rumah Pins.

5. Ungu Lavender

Source : Parapuan

Ungu lavender memberikan suasana yang tenang dan menenangkan, cocok untuk menciptakan ruangan yang santai. Walaupun warna lavender dikenal sebagai warna yang feminim, tetapi warna ini tetap cocok Pins gunakan di ruang manapun di dalam rumah. Warna satu ini dapat memberikan kedamaian dan rasa hormat kepada orang lain.

Baca juga: 20 Rekomendasi Perpaduan Warna Cat Tembok Hijau Tosca yang Elegan

6. Hijau Daun

Hijau daun adalah warna yang menyegarkan dan memberikan kesan kedamaian seperti dedaunan yang hijau di pepohonan. Warna hijau daun akan menggambarkan hunian Pins yang dekat dengan alam. Agar nuansa alamnya semakin kuat, Pins dapat menggunakan elemen kayu untuk furniture dan perabotan di dalam rumah.

7. Biru Muda

Source : Redfin

Warna biru muda adalah pilihan yang lembut dan menenangkan, cocok untuk menciptakan suasana yang damai dan lembut. Warna kalem satu ini dapat membuat hunian Pins tampak keren. Untuk memberikan perpaduan yang menarik, Pins dapat mengkombinasikan warna biru muda dengan warna putih seperti pada gambar.

Hasilnya memberikan hunian yang pas dan elok.

Baca juga: 20 Warna Cat Pintu Cantik Anti Mainstream

8. Abu-Abu Muda dengan Sentuhan Biru

Gabungan antara abu-abu muda dengan sentuhan biru memberikan kesan yang elegan dan sejuk. Gabungan warna cat rumah yang sejuk ini cocok untuk nuansa yang modern. Rumah dengan warna abu-abu muda dapat menjadikan rumahmu terlihat elegan. Ditambah lagi dengan perpaduan sentuhan warna biru, warna monokrom yang sebelumnya tercipta menjadi diberikan warna menyala di dlama rumah.

9. Aqua atau Turquoise

warna cat rumah yang sejuk
Source : Tokopedia

Aqua atau turquoise memberikan kesan yang menyenangkan dan menyegarkan, seperti air laut yang jernih. Warna soft satu ini dapat Pins kombinasikan dengan warna soft juga atau warna yang netral. Warna tersebut seperti warna putih atau beige.

Rumah Pins akan terlihat menawan dengan perpaduan warna tersebut.

Baca juga: 15 Rekomendasi Kombinasi Warna Cat untuk Rumah Kayu

10. Biru Telur Asin

Warna biru telur asin merupakan warna yang cukup populer. Pasalnya warna ini memberikan kesan yang lembut dan hangat, cocok untuk menciptakan ruangan yang nyaman. Warna ini merupakan alternatif pilihan ketika Pins menginginkan warna yang kalem dan unik.

Seseorang dapat dengan mudahnya melihat bahwa warna yang digunakan adalah warna biru telur asin.

11. Hijau Mint Muda

warna cat rumah yang sejuk
Source : Mamikos

Warna hijau mint muda memberikan kesan yang ceria dan menyegarkan. Warna ini cocok untuk suasana yang ringan dengan interior yang minimalis. Agar memberikan kesenadaan di dalam rumah, Pins dapat menyamakan warna dinding tersebut dengan warna-warna di perabotan rumah Pins.

Baca juga: 20 Rekomendasi Warna Cat Pagar untuk Rumah Mewah

12. Biru Tua dengan Sentuhan Abu-Abu

Gabungan biru tua dengan sentuhan abu-abu menciptakan kesan yang kuat dan mendalam, tetapi tetap menenangkan. Jika sebelumnya abu-abu dilengkapi dengan sentuhan biru, yang berikut ini warna biru tua dilengkapi dengan sentuhan abu-abu.

Warna sekunder abu-abu akan memberikan kesan minimalis pada rumah Pins. Lalu, warna utama yang digunakan dapat menggambarkan klasik.

13. Ungu Muda

warna cat rumah yang sejuk
Source : Zillow

Warna ungu muda adalah pilihan yang lembut dan menenangkan, cocok untuk menciptakan suasana yang romantis. Layaknya sebuah rumah boneka barbie, rumah kamu akan tampil menyala dibandingkan rumah dengan warna netral lainnya.

Tenang saja Pins warna ungu muda ini tidak akan membuat mata yang memandangnya menjadi sakit. Malah rumah Pins akan terlihat menarik.

Baca juga: 13 Warna Cat Plafon Gypsum Ruang Tamu

14. Putih dengan Sentuhan Biru atau Hijau

Putih dengan sentuhan biru atau hijau memberikan kesan yang bersih dan sejuk, cocok untuk rumah bergaya minimalis. Warna ini merupakan warna netral yang biasanya digunakan. Putih dapat dipadukan dengan warna apa saja.

15. Biru Abu-Abu

warna cat rumah yang sejuk
Source : Alacasa

Warna biru abu-abu adalah pilihan yang netral dan menenangkan, cocok untuk nuansa yang tenang dan elegan. Sebelum memutuskan warna cat, selalu disarankan untuk menguji sampel warna di dinding atau eksterior rumah kamu. Perhatikan juga kondisi cahaya di sekitar rumah Pins agar warna cat tetap terlihat sejuk dan sesuai dengan harapan kamu.

Baca juga: 20 Inspirasi Warna Cat Ruang Tamu Coklat Susu Elegan dan Indah

16. Hijau Muda

Warna hijau muda memberikan kesan yang cerah dan menyegarkan, cocok untuk menciptakan ruangan yang ceria. Ditambah lagi dengan penambahan tanaman hijau di dalam rumah, akan semakin menguatkan nuansa alami dan segar. Kombinasi warna yang tercipta dari warna dinding hingga penambahan tanaman tersebut dapat memberikan keharmonisan dan estetis.

17. Kuning Muda

warna cat rumah yang sejuk
Source : Clearhalo

Ide warna cat rumah yang sejuk selanjutnya adalah warna kuning muda. Warna kuning muda yang ditetapkan di rumah akan memberikan kesan hangat, penuh keceriaan, dan tidak lupa juga sejuk di dalam rumah. Kuning muda ini memiliki karakter warna yang lembut dan memberikan ketenangan, berbeda dibandingkan warna kuning yang cukup kontras pada biasanya.

Warna soft ini dapat dikombinasikan dengan warna netral atau pastel lainnya. Jika Pins menggunakan warna ini selain dapat memberikan kesejukkan di dalam rumah, warna ini dapat meningkatkan semangat.

Baca juga: 20 Variasi Warna Cat Ruang Tamu Cream yang Menarik

18. Krem

warna cat rumah yang sejuk
Source : JennaKateatHome

Ide warna cat rumah yang sejuk berikut ini adalah warna krem. Warna yang berasal dari campuran antara putih, coklat, dan kuning ini dapat memberikan kesan hangat sekaligus sejuk di dalam rumah. Krem biasanya digunakan pada rumah antik modern yang cocok sekali untuk berbagai dekorasi dan furniture.

Kamu bisa menambahkan ornamen yang terbuat dari kayu agar memberikan warna yang senada di dalam rumah. Seperti meja, bangku, ambalan, dan dekorasi lainnya.

19. Coral

warna cat rumah yang sejuk
Source : IdeiClub

Ide warna cat rumah yang sejuk kesembilan belas adalah warna coral. Apakah Pins tahu warna coral? Warna coral merupakan kombinasi warna yang berasal dari merah dan oranye serta ditambahkan sedikit pink.

Warna satu ini memberikan kesan penuh kesegaran dan juga sejuk jika diaplikasikan. Pins dapat memadukan warnanya dengan warna-warna netral atau earth tone seperti putih, merah, atau coklat,

Baca juga: Katalog Warna Cat Jotun untuk Interior & Eksterior

20. Pink Muda

warna cat rumah yang sejuk
Source : ArtFacade

Ide warna cat rumah yang sejuk terakhir adalah warna pink muda. Warna pink muda dikenal sebagai warna yang feminin. Dengan warna lembutnya tersebut, hunian Pins akan terasa cozy dan sejuk.

Biasanya warna pink muda ini diterapkan pada ruang tidur ataupun tempat bermain anak. Tidak jarang juga warnanya diterapkan pada seluruh eksterior rumah. Pins tidak perlu bingung bagaiman memadukan warna pink muda di rumah, Pins bisa menggunakan warna cokelat kayu untuk memberikan kesan klasik nan romantis.

Dengan memilih warna cat rumah yang sejuk yang tepat, Pins dapat menciptakan lingkungan yang menenangkan, damai, dan menyegarkan di dalam rumah kamu. Selamat mencoba mencari warna yang paling sesuai dengan selera dan gaya rumah Pins ya!

Baca juga:

Source Feature Image: Kompas


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download