BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Kelebihan dan Kekurangan Rumah Menghadap Barat
0
0

8 Kelebihan dan Kekurangan Rumah Menghadap Barat

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jun 26, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bukan hanya pemilihan lokasi yang strategis saja, namun penentuan letak rumah berdasarkan poin-poin fundamental pun tak kalah penting. Kenyamanan hidup dapat dipengaruhi oleh faktor yang satu ini, terutama orientasi matahari. Berikut ini Pinhome akan jabarkan mengenai rumah menghadap barat, Pins!

 Salah satunya adalah letak rumah di sebelah barat. Beberapa orang kerap memilih arah  ini  sebagai lokasi ideal untuk membangun rumah. Namun, sebagian orang mengatakan bahwa tinggal di lingkungan yang  menghadap ke barat  membuat hidup menjadi tidak nyaman.

Kelebihan Rumah Hadap Barat

Source : Pixabay

Berikut ini adalah kelebihan dari rumah hadap barat yang perlu Kamu ketahui, Pins!

Ruangan Menjadi Terang dan Hangat

Rumah yang menghadap ke barat  memungkinkan sinar matahari lebih banyak masuk ke dalam ruangan, terutama pada sore hari. Apalagi jika  rumah Kamu terletak di bawah jalan raya, suasana tempat tinggal cenderung  lembap dan dingin.

Pada waktu-waktu tertentu, rumah yang menghadap ke  barat menerima sinar matahari secara optimal dan ruangan terasa lebih hangat.

Fengshui Rumah Hadap Barat

Source : Pixabay

Feng Shui rumah yang menghadap ke barat konon membawa keberuntungan. Manfaat rumah menghadap ke barat juga dibahas dalam Feng Shui. Jika rumah menghadap ke arah terbenamnya matahari, semoga penghuninya mendapat keberuntungan. Misalnya dari segi ekonomi, Kamu bisa cepat mendapatkan keberuntungan. Di sisi lain, keluarga menjadi lebih harmonis dalam hubungannya.

Hunian Hadap Barat menurut Primbon Jawa

Menurut masyarakat Jawa, rumah yang menghadap ke barat baik untuk orang yang lahir pada hari Jumat. Apartemen yang menghadap ke barat dipercaya membawa keberuntungan dan anak, sehingga cocok bagi pengantin baru yang ingin segera memiliki anak.

Memberi Kesan Estetik pada Sore Hari

Sinar matahari sore melembutkan dan menambah kehangatan dan keindahan pada ruangan Kamu. Jika Kamu sering ngobrol di Instagram, TikTok, atau Pinterest, mungkin Kamu sudah terbiasa mengunggah keindahan ruangan bermandikan cahaya matahari terbenam.

Kata-kata “golden hour” benar-benar memberikan suasana berbeda pada mansion. Bagi yang menyukai estetika ruang jenis ini, rumah yang menghadap ke barat bisa menjadi pertimbangan.

Bisa Melihat Pemandangan Matahari Terbenam

Source : Pixabay

Kelebihan  rumah menghadap ke barat lainnya adalah Kamu bisa melihat  matahari terbenam dengan jelas. Perlu diperhatikan bahwa pemKamungan ufuk barat tidak terhalang oleh gedung-gedung tinggi. Jika pemandangan ke arah barat cerah, Kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam setiap hari.

Kekurangan Rumah Menghadap Barat

Jika Kamu tinggal di rumah yang menghadap ke barat, ada beberapa kekurangannya. Salah satunya adalah apartemen terasa panas. Hal ini terutama berlaku jika rumah Kamu terletak di area dengan sedikit pohon tinggi, seperti di dataran rendah, dekat pantai, atau di tengah kota besar.

Ya, karena matahari bersinar terang di siang hari, suhu dalam ruangan cenderung tinggi, terutama di teras dan ruang keluarga. Untuk menghindari panas, Kamu pasti membutuhkan sistem pengkondisian udara seperti kipas angin atau AC, atau sebaiknya memilih struktur jendela yang tidak terlalu besar.

Rumah Terkena Panas yang Berlebihan

Kondisi cuaca seperti sinar matahari dapat mempengaruhi penampilan rumah Kamu. Begitu pula dengan warna cat yang bisa terkelupas atau pudar jika terkena panas sinar matahari. Fasad rumah tak lagi terlihat semenarik saat pertama kali dibangun. Kamu juga harus bersiap mengeluarkan lebih banyak uang untuk mengecat dinding Kamu dengan warna baru.

Cat Rumah Bagian Fasad Kurang Awet

Source : Pixabay

Selain pertimbangan perawatan, rumah yang menghadap ke barat juga memerlukan desain khusus untuk melindungi dari sinar matahari langsung. Saat ini sebagian besar desain perumahan menghadap ke barat, sangat ideal untuk daerah tropis sehingga panas matahari sulit menjangkau setiap sudut ruangan. Namun membangun rumah yang dirancang khusus memerlukan keahlian, konstruksi, dan anggaran yang cukup.

Perlu Desain Rumah yang Khusus

Saat mendesain rumah menghadap barat, pastikan menempatkan jendela dengan benar. Artinya jendela harus bisa memanfaatkan sinar matahari yang masuk secara maksimal agar ruangan terang dari pagi hingga sore hari.

Artinya tidak diperlukan penerangan tambahan di dalam rumah. Namun hati-hati terhadap bukaan jendela. Jika terlalu lebar, ruangan bisa terasa panas. Untuk menghindarinya, Kamu bisa memasang tirai atau pohon di taman Kamu.

Perlu Perhatikan Merk Cat bagian Fasad

Jika Kamu ingin rumah hadap barat kamu awet, Kamu harus perhatikan merk cat yang kamu gunakaN. Gunanya apa? yaitu agar tidak salah memilih merk cat agar cat fasad rumah Kamu awet, Pins!

Tips Desain Rumah Menghadap Barat

Source : Pixabay

Selain pertimbangan perawatan, rumah yang menghadap ke barat juga memerlukan desain khusus untuk melindungi dari sinar matahari langsung. Saat ini sebagian besar desain perumahan menghadap ke barat, sangat ideal untuk daerah tropis sehingga panas matahari sulit menjangkau setiap sudut ruangan. Namun membangun rumah yang dirancang khusus memerlukan keahlian, konstruksi, dan anggaran yang cukup.

Tempatkan Jendela dengan Pas

Saat mendesain rumah menghadap barat, pastikan menempatkan jendela dengan benar. Artinya jendela harus bisa memanfaatkan sinar matahari yang masuk secara maksimal agar ruangan terang dari pagi hingga sore hari. Artinya tidak diperlukan penerangan tambahan di dalam rumah.

Namun hati-hati terhadap bukaan jendela. Jika terlalu lebar, ruangan bisa terasa panas. Untuk menghindarinya, Kamu bisa memasang tirai atau pohon di taman Kamu.

Pilih Bahan dan Warna

Source : Pixabay

Saat memilih bahan dan warna bangunan, pastikan tahan terhadap sinar matahari. Seperti disebutkan sebelumnya, rumah yang menghadap ke barat bisa mengalami panas berlebih di sore hari karena sinar matahari langsung menerpa dari depan. Carilah bahan dan warna yang memiliki reflektifitas termal rendah selain ketahanan terhadap sinar matahari.

Untuk warna, pertimbangkan untuk menggunakan warna yang lebih terang karena nilai reflektansinya lebih rendah. Warna ini mengurangi penyerapan panas. Batu, beton, dan tanah kini dapat digunakan sebagai bahan penyimpan panas. Kamu juga bisa menggunakan bahan alami seperti: Contoh: atap hijau dan dinding yang ditumbuhi tanaman ivy.

Ventilasi Silang

Ventilasi silang menggunakan dua jalur terbuka yang berlawanan dalam suatu ruangan. Hal ini memungkinkan sirkulasi udara lebih merata pada rumah dengan ventilasi silang. Ini akan mendinginkan udara di apartemen Kamu.

Memperkenalkan desain ventilasi pada rumah yang menghadap ke barat menghilangkan kebutuhan untuk memasang banyak kipas angin dan AC. Selain menjaga udara tetap sejuk, desain ventilasi juga meningkatkan efisiensi energi di rumah Kamu.

Desain Lanskap dengan Tepat

Mohon tempatkan pepohonan dan tanaman hijau secukupnya di taman sebelah barat. Taman dapat mencegah masuknya sinar matahari berlebihan ke dalam rumah Kamu. Untuk optimasi lebih lanjut, Kamu juga dapat menggunakan tanaman dengan ketinggian berbeda untuk membuat lapisan pelindung. Pohon yang bisa ditanam di taman antara lain Pohon Tabebuya, Pohon Mangga, Pohon Ceri, Pohon Asam, Pohon Angsana, Pohon Bambu, Pohon Beringin, Pohon Keelein, Pohon Tanjung,

Itulah dia pembahasan mengenai rumah menghadap barat, semog abermanfaat Pins!

Baca juga:

Feature Source Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download