BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Inspirasi Desain Rumah Semi Basement yang Unik

8 Inspirasi Desain Rumah Semi Basement yang Unik

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 17, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
rumah semi basement

Rumah semi basement merupakan salah satu variasi dalam konstruksi bangunan rumah dengan sebagian lantainya berada di bawah tanah. Desain rumah ini tentu menawarkan keunggulan tersendiri dari segi desain maupun fungsi. 

Dari penjelasan singkat tersebut, maka basement dalam rumah ini jauh dari basement yang ada pada bangunan lain. Pasalnya, basement identik dengan ruang bawah tanah yang biasa difungsikan sebagai tempat parkir kendaraan.

Sebelum lanjut, kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Panorama Bekasi Residence atau rumah second di Kab Bandung bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah. 

Baca juga: 15 Ide Desain Mezzanine Ruang Tamu untuk Memperluas Ruangan

Mengenal Rumah Semi Basement

rumah semi basement
Source : Pixabay

Dalam arsitektur, semi basement adalah lantai bangunan yang setengahnya berada di bawah tanah. Artinya, ruangan ini tidak seluruhnya seperti basement atau ruang bawah tanah sebagaimana umumnya. 

Secara tradisional, semi basement dirancang di rumah-rumah yang lebih besar dengan penghuni yang banyak. Semi basement biasanya berisi dapur dan ruang kerja atau kantor di rumah

Keuntungan dibandingkan basement biasa adalah semi basement memberikan celah bagi cahaya luar masuk karena memiliki jendela, meskipun seringkali terlalu tinggi untuk menikmati pemandangan. 

Secara historis, hal ini merupakan keuntungan karena para pelayan, yang secara tradisional menghuni lantai seperti itu, tidak mempunyai kesempatan membuang waktu dengan melihat ke luar jendela.

Semi basement tersebut juga memiliki nilai estetika yaitu meninggikan lantai dasar, memuat ruang-ruang bangunan lebih tinggi dari permukaan tanah agar dapat menikmati pemandangan yang lebih baik, dan terbebas dari kelembaban yang selalu muncul sebelum zaman teknologi modern.

Secara konsep, semi basement ini termasuk dalam gaya split level, yaitu gaya rumah yang lantainya bertingkat. Biasanya ada dua set tangga pendek, satu naik ke tingkat atas, dan satu lagi turun menuju area basement.

Baca juga: Tips dan Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis Agar Rumah Terlihat Lebih Luas

Desain Rumah Semi Basement

Ada banyak sekali opsi untuk memfungsikan area bawah tanah dalam rumah semi basement ini. Kamu bisa menjadikannya sebagai tempat parkir, area dapur dan ruang makan, kolam renang, dan sebagainya. 

Berikut ini beberapa desain rumah semi basement berdasarkan fungsinya masing-masing yang bisa kamu jadikan referensi. 

1. Garasi Mobil

rumah semi basement
Source : Pinterest

Sebagaimana diketahui, basement identik dengan tempat untuk memarkirkan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Kamu juga bisa membuat rumah dengan area basement yang difungsikan sebagai garasi kendaraan

Dengan fungsi ini, maka lantai dasar di rumah kamu akan tampak lebih tinggi. Namun untuk menuju ke garasi, mobil harus melalui halaman rumah yang menurun ke bawah untuk menuju basement

2. Ruang Makan dan Dapur

rumah semi basement
Source : Pinterest

Dapur dan ruang makan biasanya dijadikan dalam satu area yang sama. Hal ini tentu saja untuk memudahkan agar makanan yang dimasak bisa langsung dihidangkan di meja makan yang ada di sebelah dapur. 

Nah kamu juga bisa membuat area semi basement di rumah kamu sebagai area dapur dan ruang makan. Dengan begitu, kamu bisa memiliki lebih banyak opsi untuk fungsi ruangan di lantai atasnya. 

3. Ruang Baca dan Perpustakaan

Source : Pinterest

Kamu yang hobi membaca dan memiliki koleksi buku yang banyak bisa menjadikan area semi basement di rumah sebagai ruang baca dan perpustakaan pribadi. Ruangan ini tentunya juga bisa jadi ruang bersantai sambil membaca buku kesayangan.

Letakkan rak buku aesthetic di ruang bawah tanah ini untuk menambah estetika ruangan. Usahakan ada dinding kaca di salah satu sisinya bagian atas sehingga cahaya alami bisa bebas memasuki area tersebut. 

Baca juga: 16 Desain Ruang Makan yang Menyatu dengan Ruang Keluarga

4. Kolam Renang

rumah semi basement
Source : Pinterest

Umumnya kolam renang diletakkan di samping rumah. Hanya saja, konsep ini bisa dilakukan ketika lahan rumah cukup luas. Sementara bagi lahan yang sempit, bisa membuat kolam renang di lantai 2 rumah atau di area semi basement

Kolam renang yang berada di area semi basement tentu menawarkan privasi yang tidak diberikan pada kolam renang di tempat lain. Pasalnya, orang dari rumah sebelah yang lantainya lebih tinggi sekalipun tidak akan bisa melihat adanya kolam renang di area semi basement. 

5. Kamar Tidur

rumah semi basement
Source : Pinterest

Kamar tidur termasuk opsi yang bisa dipilih untuk mengisi area semi basement di rumah. Dalam hal ini, kamu bisa membuat kamar tidur dengan konsep desain mediterania yang estetik. 

Salah satu cara membuat kamar bergaya Mediterania adalah dengan menggunakan material batu alam. Selain itu, kamu juga bisa mengakalinya dengan warna-warna netral untuk dinding, salah satunya warna krem. 

6. Ruang Entertainment

rumah semi basement
Source : Pinterest

Banyaknya platform streaming video membuat produksi film dan series pun menjamur. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke bioskop untuk menonton film yang bagus, melainkan cukup di rumah dan berlangganan platform yang diinginkan. 

Untuk menambah suasana hangat di rumah, kamu bisa menjadikan area semi basement sebagai entertainment room. Sulap area semi basement menjadi mini teater dengan layar big screen untuk menonton film atau drama bersama keluarga. 

Baca juga: 10 Desain Ruang Tamu Lesehan Karpet yang Cozy

7. Ruang Gym

rumah semi basement
Source : Pinterest

Memiliki ruang dan peralatan gym pribadi tentu menawarkan banyak keunggulan. Dengan memiliki tempat gym di rumah, maka kamu tidak perlu lagi mendatangi tempat gym di luar yang bisa saja mahal dan menyita waktu. 

Nah ruang semi basement juga sangat bisa dimanfaatkan sebagai tempat gym. Ruang gym yang sebagian berada di bawah tanah menawarkan manfaat berupa privasi yang terjaga. 

8. Kantor

rumah semi basement
Source : Pinterest

Saat ini cukup lazim menjadikan rumah tinggal sebagai kantor, terutama jika kamu memiliki perusahaan di bidang industri kreatif. Dengan kantor di rumah sendiri, maka kamu akan mengirit biaya operasional perusahaan karena tidak perlu menyewa gedung. 

Kantor dan ruang kerja ini bisa menjadi opsi bagi ruangan semi basement di rumah. Dengan letaknya di lantai bawah tanah, maka karyawan yang datang setiap hari tidak perlu memasuki pintu utama sehingga privasi rumah bisa tetap terjaga. 

Itulah beberapa opsi desain rumah semi basement yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat. 

Baca juga:

Sumber Featured Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Orchard Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download