BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Contoh Desain Rumah Unik di Indonesia
0
0

10 Contoh Desain Rumah Unik di Indonesia

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Des 16, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Siapa yang bilang bahwa karya arsitektur di Indonesia tidak seunik dan semenarik karya arsitektur di Dunia. Faktanya adalah banyak arsitek di Indonesia yang dapat membuat karya-karya unik, indah, dan pantas untuk diapresiasi. Mulai dari bangunan komersil hingga hunian banyak yang adalah karya dari arsitek tanah air yang berprestasi. Pada artikel ini, Pinhome akan memberikan contoh desain rumah unik di Indonesia.

Indonesia adalah negeri yang kaya akan keberagaman alam, budaya, dan arsitektur yang unik. Salah satu cerminan kekayaan ini merupakan desian rumah yang menggambarkan kreativitas dan keunikan dari tiap daerahnya. Dari Sabang hingga Merauke, terdapat banyak desain rumah yang unik di Indonesia.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Contoh Desain Rumah Unik di Indonesia

Terdapat banyak rumah yang terlihat sangat unik sehingga dapat melirik perhatian masyarakat luar. Seperti berbagai rumah unik di Indonesia yang diciptakan oleh arsitektur tanah air sendiri. Berikut ini beberapa contoh desain rumah unik di Indonesia.

1. Rumah Container – Atelier Riri

Source : Arch Daily

Berangkat dari keterbatasan biaya, seorang arsitek Indonesia yang bernama Riri memutuskan untuk menggunakan material yang tidak biasa untuk membuat rumah unik yang dapat dia huni bersama keluarganya sendiri. Material dari rumah unik di Indonesia satu ini tidak lain dan tidak bukan yaitu boks kontainer. Pemakaian kontainer sebagai elemen bangunan memang sedang menjadi tren, akan tetapi kebanyaka pemakaian material yang satu ini masih berkisar pada bangunan komersil, belum sampai ke rumah ataupun hunian.

Rumah unik yang menggunakan kontainer satu ini tentunya dapat menghasilkan penampilan yang eksentrik dan menonjol di antara hunian-hunian lain yang ada di sekitarnya. Dilengkapi dengan dekor interior bergaya semi-industrial untuk mendukung tema kontainter, rumah yang satu ini ternyata tidak kalah nyaman untuk dihuni oleh keluarga tercinta.

2. Muted House – Aboday

Source : Arch Daily

Akan tetapi, kesederhanaan tersebutlah yang membuatnya berbeda dan terlihat sangat arsitik jika dibandingkan dengan rumah lainnya. Walaupun terlihat tidak mempunyai bukaan yang berarti, akan tetapi rancangan sirkulasi pada rumah yang satu ini tertata sedemikian rupa. Mau dari sirkulasi udara ataupun cahaya pada rumah yang berlokasi di Jakarta ini tidak sedikitpun terganggu. Rumah unik ini terbukti tidak sekedar anti-mainstream akan tetapi juga nyaman untuk ditinggali bersama keluarga.

Bagian depan dari rumah biasanya bagian yang paling sering diekspos, sehingga permainan dan juga desain pada bagian yang satu ini biasanya paling sering untuk ditekankan. Akan tetapi, hal tersebut berbeda dengan rumah unik karya studio Arsitek Indonesia Aboday yang diberi naman Muted House. Rumah unik yang satu ini didominasi warna putih dan justru terlihat sangat sederhana dengan wajah bangunan yang polos dan cenderung rata tanpa embel-embel desain yang mencolok.

3. Rumah Batik Tempo – Wahana Architects

Source : Archify

Rumah unik di Indonesia yuang berikutnya yaitu rumah batik tempo. Yang biasanya batik diaplikasikan pada lembaran kain, akan tetapi pada desain yang satu ini cukup berbeda. Batik diaplikasikan pada sebuah rumah. Pemilik dari rumah unik ini merupakan keluarga yang kental dengan kebudayaan Jawa, sehingga muncullah rumah unik yang berfokus pada adaptasi bentuk-bentuk tradisional yang erat dengan kebudayaan Jawa, yaitu Batik.

4. AS Houses – Andra Matin

Source : Arch Daily

Andra Matin merupakan salah satu arsitek ternama tanah air yang telah terkenal akan karya-karyanya yang berani. Pastinya dengan rekam jejak yang menarik ini banyak yang penasaran seperti apa rumah unik yang dihuni oleh arsitektur itu sendiri. Ternyata arsitektur dari AS House yang dihuni arsitek Andra Matin dan keluarga sangatlah menarik sehingga wajar jika rumah unik ini layuak disebut sebagai salah satu rumah idaman.

Konsep industrial yang dibalut dengan kesederhanaan mungkin membuat Kamu sekilas melihat bangunan rumah unik ini seperti setengah jadi. Akan tetapi, jangan ragukan kenyamanan dari rumah unik yang satu ini.

5. Rumah dengan Nuansa Resort Modern – Cosmas Gozali

Source : HomeDSGN

Rumah unik yang satu ini didominasi warna putih, rumah unik ini banyak menggunakan bentuk-bentuk geometrik sederhana akan tetapi tidak lazim, misalnya seperti segitiga yang runcing hingga lengkungan-lengkungan organik. Hal tersebut membuat rumah yang satu ini terlihat menarik tanpa harus terlihat berlebihan. Pengaturan masa bangunan dan juga bukaan yang dipunyai oleh rumah yang satu ini juga telah diatur sedemikian rupa sehingga atmosfer di dalamnya sangatlah nyaman.

6. Rumah Miring – Budi Pradono

Source : Dezeen

Jika di Italia terdapat menari pisa yang miring, maka di Indonesia terdapat rumah miring buatan arsitek Budi Pradono. Niat ingin terlihat berbeda dengan lingkungan di sekitarnya, Budi Pradono sengaja membuat desain rumah unik yang terlihat miring dengan struktur baja yang pastinya kuat. Sehingga, Kamu tidak perlu khawatir rumah yang satu ini roboh karena kemiringan dari rumah unik yang satu ini telah di desain sedemikian rupa.

7. Rumah Ranting – Yu Sing

Source : Yu Sing

Rumah unik di Indonesia berikutnya yaitu rumah ranting karya Yu Sing. Rumah yang satu ini banyak menggunakan material-material alami daur ulang yang menjadikan rumah satu ini murah dari segi pemanfaatan material. Akan tetapi, jangan sangka jika rumah yang satu ini akan terlihat murah, karena pengolahan bentuk material yang apik membuatnya sangat dinamis dan terlihat mahal. Perpaduan material alami dan modern pada rumah ranting membuat rumah yang satu ini dapat terlihat seperti rumah yang menggunakan material mahal dengan kualtias terbaik.

8. Rumah Panggung Betawi

Source : Seni Budaya Betawi

Beralih ke rumah adat di beberapa daerah yang mempunyai desain unik juga. Rumah tradisional Betawi adalah simbol kekayaan budaya di Jakarta. Rumah panggung dengan struktur kayu kokoh, atap tumpang, dan teras luas yang menghadap ke dalam halaman. Keunikan desainnya terletak pada detail ukiran yang menghiasi setiap bagian, mencerminkan keindahan seni ukir lokal.

9. Rumah Gadang Minangkabau

Source : Shutterstock

Berada di Sumatera Barat, rumah gadang memikat dengan atap berbentuk tanduk kerbau yang khas. Selain itu, bentuk atapnya yang melengkung ke atas seperti tanduk kerbau membuatnya menjadi ikonik. Interior rumah ini juga memiliki sentuhan seni yang sangat kental.

10. Joglo Jawa Tengah

Source : Kalindo Land

Joglo adalah rumah tradisional Jawa Tengah yang memiliki atap tinggi dan luas. Struktur kayu yang megah dan ornamen-ornamen ukiran yang rumit di tiang-tiangnya menjadikan joglo sangat unik. Desainnya juga memungkinkan sirkulasi udara yang baik di dalam rumah.

Itu dia beberapa desain rumah unik di Indonesia yang dapat Pinhome sampaikan. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download