BlogPemilik PropertiDesain HunianSimak Ini 3 Fungsi dan Cara Kerja Sekring Listrik Rumah
0
0

Simak Ini 3 Fungsi dan Cara Kerja Sekring Listrik Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Agu 1, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Fuse lebih dikenal masyarakat Indonesia dengan sebutan sekring listrik. Tipenya beragam mulai dari sekring listrik rumah hingga mobil. Alat wajib disediakan saat menggunakan instalasi listrik.

Begitu pula jika Pengajuan KPR perlu mengetahui suku bunga dan lokasi strategisnya. Baik rumah second di Mojokerto maupun perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa perlu mengecek pula instalasi listriknya.

Pengertian Sekring

sekring listrik rumah di dinding
Source : Pxfuel

Sekring adalah komponen listrik yang penting dalam sebuah rangkaian listrik yang mempunyai arus searah. Komponennya berguna mengamankan rangkaian listrik yang terdiri atas kawat halus dan pendek yang meleleh serta terputus jika dialiri arus listrik berlebihan.

Fungsi kawat pada fuse ini adalah memutuskan hubungan arus pendek dalam peralatan listrik. Kawatnya terbuat dari timah hitam yang dilapisi porselen. Sifatnya mudah meleleh saat terkena arus listrik tinggi.

Karakteristik timah hitam berbeda dengan kawat tembaga. Kawat tembaga tidak akan meleleh kemudian terputus malah berpijar menimbulkan api. Oleh karena itu timah hitam dianggap jauh lebih aman. 

Baca juga: 16 Penyebab Listrik Padam yang Umum Terjadi, Wajib Tahu!

Fungsi Utama Sekring

Source : Pxfuel

Fungsi utama dari sekring adalah sebagai pengaman khususnya saat terjadi hubungan arus pendek. Komponen ini akan mencegah terjadinya korsleting maupun terputusnya arus listrik. Ukurannya kecil namun tidak mudah terbakar karena material yang digunakannya.

Jika disimpulkan maka fungsi dari komponen ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Mencegah terjadinya korsleting saat hubungan arus pendek terjadi
  • Mengamankan peralatan listrik
  • Rangkaian listrik yang berguna memutuskan arus listrik secara otomatis

Baca juga: Update! Daftar Harga Listrik Per-kWh Tahun Ini

Jenis Sekring

Source : Pexels

Jenis sekring sendiri tidak hanya pada hunian tempat tinggal saja. Adapun klasifikasinya antara lain sebagai berikut:

1. Sekring Motor

Motor memerlukan sekring untuk menjaga keamanannya saat menyalakan kendaraan roda dua tersebut. Apalagi motor sangat rentan terjadi arus pendek yang membahayakan. Sekringnya dipasang pada pangkal positif berfungsi menjaga keamanan arus utama yang dikeluarkan baterai.

Sekring ini digunakan pula pada lampu, sistem pengapian dan lainnya. Bentuknya tabung yang dipakai pada motor keluaran lama dan sekring tancap pada motor terbaru dengan cara ditancapkan.

2. Sekring Mobil

Selain motor, kendaraan roda empat membutuhkan sekering sebagai pengaman komponen listrik. Pengamanan ini berfungsi ketika ada arus pendek yang menimbulkan korsleting listrik. Dalam pemasangannya, sekring dikhususkan pada rangkaian sistem pengapian, arus utama baterai dan lampu.

Ketika korsleting terjadi maka arus listrik tidak dialirkan ke komponen lain. Tujuannya agar rangkaian yang terhubung tidak rusak dan memperkecil kerusakan. Sekring dalam mobil juga akan bekerja secara terus menerus untuk mengecek apakah sistem arus listrik bermasalah atau tidak.

Saat timbul arus yang berlebihan maka otomatis sekring akan bekerja. Dengan cara memutuskan arus listrik tersebut agar menjaga sistem kelistrikan mobil tersebut.

3. Sekring Rumah

Fungsi sekring listrik rumah tak ada bedanya dengan jenis sekring lainnya. Sekringnya dipasang dengan menghubungkan antara MCB dengan beban listrik yang ada di rumah. Ukurannya kecil dan ditempatkan di area atas sehingga tidak mengganggu aktivitas dalam rumah.

Pemasangan sekringnya memakai housing atau socket supaya memudahkan instalasi. Ketika ada arus listrik berlebihan maka sekring akan terputus lebih dulu sedangkan MCB tidak akan terputus. Untuk menyalakannya cukup menekan saklar sekring saja. 

Apabila sering terjadi korsleting mampu berdampak pada daya tahan sekring tersebut. Untuk menjaga keamanan komponen lainnya sebaiknya ganti sekring atau komponen listrik bila diperlukan.

Cara Kerja Sekring Listrik Rumah

Source : Pxfuel

Seperti diketahui sebelumnya adalah sekering merupakan alat pengaman. Cara kerja sekring listrik rumah adalah bila terjadi aliran listrik yang mencapai batas maksimum maka sekring akan mencair. Tak jarang sekring bahkan bisa meletus jika diperlukan.

Sekring akan membuka rangkaian dan mencegah elemen listrik lainnya rusak akibat arus overload. Kelebihan arus bahkan bisa meningkatkan suhu sehingga rangkaian listrik terputus. Cara mengukur sekring bisa menggunakan multimeter digital dengan langkah sebagai berikut:

  1. Atur dulu posisi saklar multimeter pada posisi ohm
  2. Hubungkan probe multimeter pada masing-masing terminal yang ada di sekring
  3. Pastikan nilai yang ditunjukkannya berada di angka (0) ohm. Angka ini menunjukkan sekring tersebut bekerja dengan baik
  4. Jika tampilannya menunjukkan tak terhingga maka artinya terputus atau terbakar

Baca juga: Mengapa Listrik Rumah Mati Tetangga Tidak? Ini 3 Penyebabnya!

Bagaimana Jika Sekring Sering Terputus?

Source : Otomotifxtra – Postingnews.id

Apabila sekring terus menerus terputus sebaiknya hubungi tukang listrik. Kemungkinan ada masalah kabel listrik dan bila dibiarkan begitu saja beresiko menyebabkan kebakaran maupun tersetrum. Rumah yang berusia lebih dari 50 tahun dan kabel listriknya belum pernah diperbaharui bisa saja mengalami kerusakan.

Ganti box sekring dengan MCB agar lebih aman. Kotak MCB umumnya terdiri atas beberapa sekring berbentuk bulat yang disekrup ke bagian kotaknya. Setiap sekring diberi label untuk menandakan masing-masing area yang dikontrol. Fungsi pelabelan ini juga bisa memastikan sekring mana yang sering mengalami putus.

Sekring listrik rumah pasti selalu ada di setiap hunian. Fungsinya adalah sebagai pengaman rangkaian listrik dalam rumah tersebut. Biasanya sekring berada dalam kotak MCB agar lebih aman.

Cara kerja sekring listrik rumah sedikit berbeda dengan sekering pada kendaraan. Meskipun begitu fungsinya sama adalah memutus arus listrik berlebihan secara otomatis.

Feature Image Source: Pxfuel


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Bali Resort Tangerang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download