BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Model Taman Perumahan yang Asri Serta Fungsinya
0
0

5 Model Taman Perumahan yang Asri Serta Fungsinya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mei 13, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Perumahan memiliki berbagai fasilitas yang sengaja dibangun guna menunjang gaya hidup para penghuninya. Salah satu sarana pendukung yang kerap hadir adalah ruang terbuka atau taman. Taman di perumahan menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting bagi para pencari hunian. Terutama, jika area residensial berada di kota besar yang jarang dihiasi hijaunya pepohonan, tentu kehadiran taman amatlah penting.

Namun, mengapa taman di perumahan begitu penting? Artikel ini akan mengulas topik satu ini untuk Kamu para pencari properti.

Kamu bisa pula menemukan rumah atap pelana klasik pada  rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya. Hunian di kota besar seperti rumah di Karawaci atau sekitar SMA Al Azhar BSD juga dengan taman perumahan.

Baca juga: 

Apa itu Taman Perumahan?

Taman adalah suatu area yang berisi beberapa material keras dan lunak yang dimaksudkan untuk saling menopang, sengaja dibuat untuk menjadi tempat penyegaran manusia. Taman biasanya dibagi menjadi dua kawasan: taman alam dan taman buatan.

Akhir-akhir ini sedang booming adanya rumah dengan lingkungan yang asri, dan semakin berkembangnya kesadaran bahwa rumah dengan lingkungan yang asri sangat penting bagi kesehatan. Rumah pada umumnya sengaja dibangun dengan berbagai fasilitas untuk menunjang aktivitas dan gaya hidup penghuninya.

Pada umumnya taman yang banyak terdapat di kompleks perumahan merupakan taman yang dirancang khusus untuk anak-anak bermain, bersantai sejenak, dan bersosialisasi. Oleh karena itu, keberadaan taman sangatlah penting.

Fungsi Taman Perumahan

Berikut ini merupakan keutamaan dari taman perumahan:

1. Suasana Menjadi Lebih Sejuk

Wajar jika setiap orang  menginginkan  kenyamanan  maksimal tidak hanya di dalam rumah, namun juga di  sekitar perumahan. Jika perumahanmu memiliki taman, pasti banyak pepohonan dan suasana  lebih sejuk.

2. Sarana untuk Bersosialisasi

Source : Pixabay

Saat Kamu mengajak anak Kamu bermain di taman bermain, bukan hal yang aneh jika Kamu sebagai orang tua menemani dan mengawasi mereka saat mereka bermain. Penghuni lain harus melakukan hal yang sama seperti Kamu.  Oleh karena itu, taman juga berfungsi sebagai tempat berinteraksi dengan tetangga, baik Kamu sudah mengenalnya maupun baru pertama kali bertemu.

3. Mengasah Kreativitas Anak

Source : Pixabay

Pepohonan di taman dapat menyerap polusi udara pemukiman dan menggantikannya dengan udara segar. Kehadiran  taman tentunya sangat membantu warga untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat  karena  tidak mudah terpapar berbagai polusi yang dapat menimbulkan penyakit. Taman sangatlah penting bagi sebuah rumah, apalagi jika Kamu tinggal di kota besar  dengan tingkat polusi udara yang tinggi.

4. Daerah Resapan untuk Air Hujan

Berbagai kota besar juga biasanya mempunyai bangunan besar dengan daerah resapan yang berguna jika terjadi luapan air hujan. Air biasanya ditampung di taman gedung perumahan. Karena jika suatu bangunan tidak mempunyai tempat untuk menampung air atau sumur resapan air, maka daerah sekitarnya bisa  terkena banjir, apalagi jika kesadaran  membuang sampah masih sangat rendah.

 Taman  daerah aliran sungai membawa manfaat besar bagi rumah dan lingkungan tempat tinggal Kamu. Salah satunya adalah menghindari banjir dengan cara apa pun.

Model Taman yang Cantik

Berikut ini adalah model taman yang cantik dan asri:

1. Taman Kebun Produktif

Source : Pixabay

Kebun sayur, dapur, atau kebun yang dapat dimakan sangat populer di kalangan pekebun muda, namun tidak akan pernah hilang sama sekali di kalangan pekebun berusia di atas 60 tahun.

Taman produktif modern lebih fokus pada keanekaragaman tanaman, desain bagus, bahan berkualitas, dan banyak bunga yang menarik perhatian lebah, dibandingkan deretan rapi jenis taman tradisional yang terlihat lebih menarik.

2. Taman Formal

Garden atau taman telah ada selama berabad-abad dan tidak akan ketinggalan zaman dalam waktu dekat. Taman dengan jenis formal merupakan pelengkap indah untuk rumah modern karena penekanannya pada penanaman arsitektural.

Pikirkan tentang pagar tanaman, dinding privasi, dan tanaman tepi yang tidak hanya memperhalus namun juga mempercantik bentuk bangunan. Taman formal di abad ke-21 lebih terstruktur dibandingkan pagar kayu boxwood, namun penting untuk menggunakan tanaman asli dan tanaman yang sesuai dengan lingkungan sekitar.

3. Taman Alam

Source : Pixabay

Rerumputan luas, rami, dan semak berbunga menjadi ciri Taman Alam. Idenya adalah untuk menciptakan kembali simbiosis alami tanaman di padang rumput dan pedesaan dalam bentuk bergaya dengan memilih spesies yang beradaptasi dengan lingkungan sehingga dapat tumbuh dengan perawatan minimal. Gaya taman alami sangat cocok untuk perkebunan besar, namun juga dapat dengan mudah disesuaikan dengan taman kota kecil.

4. Taman Minimalis

Taman minimalis tidak hanya membahas tentang tanaman, tetapi lebih kepada bentuk, seperti bentuk struktur yang dibangun seperti dinding atau pergola, karya seni patung, atau tanaman arsitektural seperti sikas atau sukulen. Pemangkasan topiary, khususnya varietas Jepang yang pemangkasan awan, juga mempunyai tempatnya. Faktanya, orang Jepang memelopori berkebun minimalis, mendekorasi halaman kerikil Zen mereka hanya dengan bonsai dan pot air yang berbentuk indah.

5. Cottage Garden

Cottage Garden adalah gaya tradisional Inggris kasual yang terkenal dengan banyaknya bunga yang mengalir di dinding, pepohonan, jalan setapak, dan pagar. Gaya ini sudah ketinggalan zaman selama bertahun-tahun, namun kini muncul kembali ketika para tukang kebun menyadari bahwa mereka perlu menanam lebih banyak bunga untuk menyelamatkan lebah yang terancam punah. Hal ini mulai terjadi. Semakin banyak jenis bunga di taman, semakin baik.

Itulah dia model dan juga fungsi dari taman perumahan, semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download