BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Jenis Tanaman Penyerap Bau Kamar Mandi yang Efektif
0
0

10 Jenis Tanaman Penyerap Bau Kamar Mandi yang Efektif

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jun 17, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ada banyak tanaman yang dapat digunakan sebagai penghilang bau kamar mandi yang juga dapat menyerap kelembapan dan menjadi dekorasi yang cantik. Tertarik menghadirkannya? Baca saran tanaman penyerap bau kamar mandidi artikel ini! Tanaman hias adalah salah satu dekorasi yang memiliki banyak manfaat, karena tanaman tertentu tidak hanya dapat mempercantik ruangan tetapi juga dapat menyerap kelembapan dan bau tak sedap.

Tanaman juga dapat ditempatkan di rak, ambang jendela, sudut ruangan, atau digantung di kamar mandi untuk mempercantik dan tetap segar. Mau tahu apa jenis tanamannya? Tanaman penghilang bau kamar mandi berikut dapat menjadi pilihan.

Tanaman Penyerap Bau Kamar Mandi yang Efektif

Berikut ini adalah tanaman penyerap bau kamar mandi yang bisa kamu terapkan di rumah:

1. Aloe Vera

Source : Pixabay

Aloe vera, juga dikenal sebagai lidah buaya, adalah tanaman hias yang cocok di mana saja, bahkan di kamar mandi. Di malam hari, lidah buaya dapat membantu membersihkan udara kamar mandi. 

Tanaman ini juga dapat membersihkan bahan kimia berbahaya seperti benzene dan formaldehyde dari udara. Aloe vera dapat ditempatkan di dekat jendela kamar mandi, tempat yang cenderung lebih cerah daripada tempat lain

2. Anggrek

Source : Pixabay

Bunga anggrek adalah tanaman selanjutnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau kamar mandi. Anggrek adalah tanaman yang menyukai udara yang lembap dan berguna untuk menyamarkan bau toilet.

Selain itu, karena mampu menyamarkan bau toilet, anggrek sangat cocok untuk diletakkan di kamar mandi. Bentuk dan warnanya yang indah dapat membuatnya menarik di kamar mandi. Banyak anggrek yang ideal untuk kamar mandi yang tidak terlalu dingin.

3. Eucalyptus

Daun eucalyptus sering digunakan sebagai campuran obat nyamuk, lotion, dan minyak telon. Serangga, terutama nyamuk, tidak menyukai bau eucalyptus yang khas. Namun, karena tanaman ini memiliki sifat yang dapat melegakan pernapasan, bau tanaman ini menyenangkan untuk dihirup manusia, sehingga sangat cocok untuk digunakan di kamar mandi.

Pastikan kamar mandi memiliki ventilasi udara dan mendapat sinar matahari langsung jika ingin menanam kayu putih di dalam pot.

4. Geranium

tanaman penyerap bau kamar mandi
Source : Pixabay

Geranium adalah tanaman lain yang dapat membantu menghilangkan bau kamar mandi. Berbagai jenis daun dan bunga geranium memiliki sifat menyegarkan dan menyegarkan udara di kamar mandi. Pastikan tanaman geranium mendapat jumlah sinar matahari yang cukup agar tumbuh dengan baik.

5. Lidah Mertua

Karena mudah ditemukan sebagai hiasan di rumah atau bangunan komersial lainnya, tanaman lidah mertua pasti sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Tanaman yang dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dikenal sebagai lidah mertua. Tanaman ini tidak hanya dapat menghilangkan bau tidak sedap di kamar mandi, tetapi juga dapat mengurangi gas dan zat beracun di ruangan.

6. Melati

Sering digunakan sebagai pengharum alami di rumah, termasuk kamar mandi, tanaman melati. Tanaman kecil dengan bunga putih ini dapat menyamarkan bau kamar mandi yang tidak sedap. Melati, yang dikenal mampu hidup di lingkungan yang lembap, cocok ditanam dalam pot kecil di salah satu sudut kamar mandi.

7. Mint

tanaman penyerap bau kamar mandi
Source : Pixabay

Tanaman mint mudah tumbuh dan dapat ditanam hampir di mana saja. Mint akan mengeluarkan aroma segar di dalam kamar mandi. Mint memiliki bau khas. Banyak produk pembersih menggunakan tanaman mint. Ini termasuk sampo, sabun, dan pasta gigi. Oleh karena itu, menanam tanaman ini di kamar mandi tidak akan merugikan.

Sebagai pengharum kamar mandi yang ideal, tanaman mint memiliki aroma yang erat dan menyegarkan yang memiliki kesan segar dan bersih. Selain itu, tanaman mint dapat membantu menyerap kelembapan di kamar mandi.

8. Oregano

tanaman penyerap bau kamar mandi
Source : Pixabay

Oregano adalah tanaman yang tumbuh berhimpitan dengan daun besar. Karena aromanya yang sedikit pedas, daun oregano cocok digunakan sebagai pewangi kamar mandi alami. Tanaman ini juga mudah tumbuh, hanya perlu melakukan stek untuk memperbanyaknya.

9. Spider Plant

Spider Plant sangat baik untuk mencerahkan udara. Tanaman ini dapat menghilangkan zat beracun seperti karbon monoksida dan formaldehida dari udara di tempat yang lembap. Tanaman ini dapat diletakkan di ambang jendela untuk menerima cahaya matahari, dan dapat menyiraminya sekali atau dua kali seminggu.

10. Rosemary

Rosemary banyak dijadikan herbal untuk masakan dan minuman. Namun, tanaman ini juga bisa memberi aroma segar di kamar mandi. Rosemary memiliki daun hijau berbentuk mirip jarum. Sebagian besar tanaman berdaun jarum adalah pemurni yang sangat baik, terutama untuk udara musim dingin yang lembap.

Itulah dia jenis tanaman penyerap bau yang efektif untuk rumah kamu, semoga bermanfaat Pins!

Baca juga:

Feature Source Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download