BlogBerita PinhomeMau Punya Template Keuangan Kaluna? Intip dan Download di Sini!

Mau Punya Template Keuangan Kaluna? Intip dan Download di Sini!

Dipublikasikan oleh Fauzia Assilmy dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Okt 17, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
template keuangan kaluna

Film Home Sweet Loan sedang marak dibicarakan oleh banyak kalangan di Indonesia, karena menceritakan tentang sandwich generation. Khususnya untuk generasi roti lapis yang sedang berusaha untuk memiliki rumah sendiri. Film ini mengikuti perjalanan Kaluna, tokoh utama yang menjadi bagian dari sandwich gen.

Supaya bisa mewujudkan impiannya, Kaluna membuat spreadsheet keuangan atau budgeting. Tujuannya untuk mengontrol pengeluaran sehari-hari, mengidentifikasi area yang bisa dihemat, dan memantau seberapa dekat dirinya dengan tujuan finansial yang telah ditetapkan alias bisa beli rumah sendiri.

Template Spreadsheet Keuangan Budgeting Milik Kaluna Home Sweet Loan

Dalam film Home Sweet Loan, Kaluna menggunakan spreadsheet keuangan yang membantu dia fokus pada beberapa aspek utama untuk mencapai tujuan finansialnya yang di sini adalah membeli rumah. Spreadsheet ini jadi viral lantaran banyak sandwich gen yang ingin meniru teknik dari Kaluna.

Kaluna sendiri membagi ke dalam beberapa kolom yaitu pemasukan (income), kolom pengeluaran sehari-hari (budgeting), dan tabungan (saving). Nah, bagian menarik di sini adalah Kaluna menggunakan beberapa bank untuk memisahkan tiap uang pada kolom tersebut.

Kolom pengeluaran dibagi lagi jadi transportasi, kebutuhan dapur, kebutuhan rumah, dan dana darurat. Selain itu, ia juga memilah mana kebutuhan yang hanya sebatas keinginan semata, kebutuhan, dan tabungan supaya keuangan semakin terkontrol.

Download Template Keuangan Budgeting Kaluna di Sini

Terakhir, ia juga menggunakan data real-time, sehingga mengetahui apakah ia masih berada di jalur yang benar untuk mencapai tujuannya atau tidak, sehingga butuh penyesuaian. Serta supaya ia juga bisa tahu, seberapa jauh ia untuk mencapai tujuannya yaitu membeli rumah. 

Bagaimana? Sangat berfungsi sekali bukan spreadsheet ini? Cara membuat ala Kaluna juga terbilang mudah, bahkan Pins hanya tinggal download dan langsung bisa digunakan oleh Pins sesuai kondisi. Hasil dari spreadsheet ini tidak main-main lho, Pins, karena Kaluna berhasil mengumpulkan uang sampai Rp300 juta.

Apa Manfaat Spreadsheet Keuangan untuk Kaluna?

Source: Freepik

Memiliki spreadsheet keuangan sangat penting dan bisa sangat membantu dalam mengelola keuangan pribadi atau keluarga Pins. Salah satu fungsi spreadsheet adalah Pins bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang arus kas. Namun selain itu, berikut ini uraian lengkap fungsi dari spreadsheet sendiri yang wajib diketahui Pins.

Mengatur pemasukan

Source: Freepik

Fungsi yang pertama adalah mengatur pemasukan. Maksud pemasukan di sini sendiri adalah pemasukan pribadi. Mengatur pemasukan pribadi adalah mengelola dan merencanakan cara kita menggunakan setiap uang yang masuk. 

Uang masuk tersebut bisa terdiri dari gaji, bisnis, maupun sumber lainnya, agar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan keuangan Pins. Ini penting agar Pins dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, menabung, berinvestasi, dan mencapai tujuan finansial jangka panjang.

Cara mengatur pemasukan pribadi sendiri adalah melakukan identifikasi sumber pemasukan terlebih dahulu. Selanjutnya, buat anggaran pengeluaran. Kemudian, prioritaskan tabungan dan investasi. Lalu, bayar utang dan kewajiban terlebih dahulu. Terakhir, pantau dan sesuaikan secara berkala agar Pins mengetahui apakah alokasi anggaran sudah efektif atau perlu disesuaikan.

Mencapai goal atau tujuan keuangan

Fungsi spreadsheet yang berikutnya adalah mencapai goal atau tujuan keuangan. Budgeting bisa sangat membantu Pins dalam mencapai tujuan finansial dengan memberikan panduan yang jelas dan terstruktur untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran. 

Ketika Pins membuat anggaran, setiap aspek keuangan dapat diatur sesuai prioritas dan kebutuhan, sehingga Pins bisa lebih fokus dan terarah dalam mencapai tujuan finansial yang telah ditetapkan. Sampai sini, sudah mulai paham mengapa Kaluna menggunakan spreadsheet, bukan?

Mengontrol pengeluaran

Budgeting membantu Pins lebih mengontrol keuangan dengan memberi panduan dan batasan yang jelas untuk pengeluaran dan pemasukan. Dengan budgeting, Pins bisa menciptakan batasan pengeluaran, sehingga bisa mencegah pengeluaran berlebihan dan tetap berada dalam batas yang sudah ditentukan..

Selain itu, Pins juga bisa mengidentifikasi area pemborosan, sehingga bisa menemukan dan memangkas pengeluaran yang tidak perlu. Terakhir adalah memantau arus kas secara real-time, sehingga dapat segera mengambil tindakan jika ada pengeluaran yang melebihi rencana.

Mengetahui posisi keuangan pribadi

Fungsi spreadsheet yang terakhir adalah mengetahui posisi keuangan pribadi dengan memperlihatkan secara rinci bagaimana pemasukan dan pengeluaran terjadi.

Dengan menampilkan arus kas membuat Pins tahu berapa pemasukan dan berapa pengeluaran serta kemana saja larinya uang itu. Kemudian, Pins juga bisa tahu melalui kemampuan menabung, apakah sudah cukup memenuhi tujuan tabungan atau perlu melakukan penyesuaian.

Selain itu, budgeting bisa membuat Pins mengetahui posisi keuangan pribadi karena bisa membandingkan dengan tujuan finansial. Dengan begitu memungkinkan Pins menilai apakah pemasukan cukup untuk mencapai tujuan finansial, seperti membeli rumah.

Terakhir,  dengan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran, Pins bisa melihat apakah berada dalam kondisi sehat secara finansial atau perlu memperbaiki alokasi dana agar lebih sesuai dengan prioritas.

Jadi tunggu apa lagi? Segera buat spreadsheet milik Pins sendiri, agar bisa membeli rumah sendiri atau apapun keinginan Pins yang membutuhkan uang besar dalam membelinya. Karena pada dasarnya, tidak ada yang tidak mungkin, selama kita berusaha.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download