BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Tips Desain Kamar Aesthetic Ala Korea, Bikin Makin Betah!

10 Tips Desain Kamar Aesthetic Ala Korea, Bikin Makin Betah!

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jun 8, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
desain kamar korea

Contributor: Anisah Erika

Tips desain kamar aesthetic Korea dapat memberikan sentuhan khusus pada ruangan pribadimu, Pins. Dalam drama Korea, kamar-kamar pemeran utama seringkali didesain dengan kesan minimalis, sederhana, namun tetap unik. Kini, dekorasi kamar minimalis ala Korea semakin diminati oleh pecinta desain interior, memberikan inspirasi segar untuk merubah tampilan kamar. Simak artikel ini untuk mengetahui tips desain kamar aesthetic ala Korea!

Ketika adopsi desain kamar estetik Korea, hangat dan terang menjadi ciri khas yang mencolok. Dinding yang dihias dengan vintage postcard atau seprai tempat tidur bernuansa shabby memberikan nuansa unik dan personal. Meski terbatas dalam ukuran, pemilik kamar Korea dapat memanfaatkan ruangan secara efisien, baik itu di apartemen maupun rooftop.

Baca juga: 10 Desain Kamar Tidur Remaja Ala Korea

Tips Desain Kamar Aesthetic ala Korea

Kamar tidur yang nyaman dan cantik akan meningkatkan mood dan membuat penghuninya betah. Tapi, terkadang kita bingung bagaimana membuat desain kamar yang minimalis dan estetik. Jangan khawatir! Tips desain kamar aesthetic ala Korea berikut bisa menjadi inspirasimu!

1. Dinding dengan Warna Netral, Tapi Tetap Artsy

kamar lesehan

Cat dinding kamar dengan warna netral akan memberikan kesan bersih dan luas karena akan menonjolkan dekorasi dan furniture lainnya di dalam ruangan. Putih, beige, abu-abu muda adalah warna yang paling sering digunakan.  

Meskipun dinding dibuat dengan warna netral, biasanya beberapa sudut kamar aesthetic ala Korea akan dipenuhi dengan hiasan. Misalnya, postcard, mini poster, foto atau sobekan kertas yang ditempel dengan washi tape. Washi tape adalah selotip Jepang dengan corak yang beragam, unik, dan lucu yang biasa digunakan untuk dekorasi pernak-pernik atau aksesoris hiasan di dalam rumah. 

Baca juga: Suka Dengan Desain Rumah Sederhana di Korea? Berikut 10 Rekomendasinya

2. Tirai Tipis Warna Putih 

Source : Freepik

Hal lain yang menarik dari desain kamar aesthetic ala korea ini adalah bentuk gorden atau tirai yang transparan sehingga memungkinkan cahaya yang masuk sebanyak-banyaknya. Sinar matahari yang masuk bisa membuat ruangan terlihat lebih cerah, cantik, sekaligus menghemat listrik. 

3. Posisi Tempat Tidur Dekat Jendela

Source : Pinterest

Jika diperhatikan, sebagian besar kamar aesthetic ala Korea menempatkan tempat tidur di dekat atau dibawah jendela. Hal ini akan memberikan kesan kamar tidur yang nyaman dengan sinar matahari yang cukup dan membuat sirkulasi udara lebih baik. 

Posisi kasur di samping jendela bisa membuat kamar terasa lebih luas terutama jika ukuran kamar memang terbatas. Pilihan penataan ini adalah yang terbaik! Jadi, Pins masih bisa leluasa untuk mendesain letak furniture yang lain. 

Kamar aesthetic ala korea memiliki kesan yang simple dan minimalis. Ada tiga cara yang bisa digunakan untuk membuat kamar lebih nyaman dan lega, yaitu menggunakan ranjang yang rendah, meletakkan kasur di atas karpet, atau menggunakan spring bed.

Jika ingin lebih awet dan memaksimalkan space, Pins bisa menggunakan ranjang berbahan kayu yang di bagian bawahnya terdapat laci atau loker untuk menyimpan barang.

Baca juga: 12 Inspirasi Desain Ruang Tamu Lesehan Ala Korea  

4. Gunakan Furniture Ukuran Rendah 

Source : Pinterest.com

Untuk membuat desain yang selaras, Pins bisa menambahkan furniture yang rendah seperti meja lipat atau bedside table dengan desain minimalis. Dengan menggunakan furniture yang rendah, Pins juga tidak harus membeli sofa. Cukup dengan menambahkan karpet dan tambahan bantal duduk. 

5. Pilih Perlengkapan Kamar Sesuai Kebutuhan

Source : Freepik

Memiliki kamar yang menarik, cantik, nyaman, dan hemat budget adalah impian semua orang. Inilah yang ditawarkan desain kamar aesthetic ala Korea! Pilihlah barang yang sesuai dengan kebutuhan Pins dan gunakan furniture yang multifungsi. Sebagai contoh Pins bisa menggunakan rak buku sebagai pembatas antara kamar tidur dan tempat kerja. 

Selain itu, rak buku dengan ukuran rendah bisa berfungsi sebagai meja tambahan untuk meletakkan benda benda kecil. Contohnya, cangkir, kalender, diffuser, atau lilin aromaterapi yang jadi kesukaan. Pilihan furniture dengan warna senada pun akan menambah keserasian dan tampilan maksimal pada kamar kamu. 

Baca juga: 8 Desain Rumah Korea Mewah Seperti di Drakor

6. Gunakan Cermin yang Estetik 

Source : Freepik

Cermin adalah barang yang wajib ada di setiap kamar aesthetic ala Korea. Cermin ini akan berfungsi sebagai alat untuk melihat penampilan. Untuk membuat kesan luas, cerah, dan elegan cermin besar dengan desain minimalis bisa disandarkan pada dinding ruangan. Dengan begitu bayangan ruangan akan terlihat di cermin sehingga ruangan terlihat lebih lega dan nyaman.  

7. Letakkan Tanaman atau Bunga Di Dalam Kamar

Source : Freepik

Untuk tampilan kamar jadi lebih segar dan fresh, Pins bisa menambahkan bunga atau tanaman hias di dalam kamar. Jika Pins suka dengan tanaman hidup dan bisa merawatnya, tanaman hias sukulen atau lidah mertua bisa jadi referensi untuk mempercantik kamar. 

Namun, bunga atau tanaman kering pun bisa ditambahkan sebagai alternatif. Bunga kering bisa memberikan kesan yang lebih rustic dan antik. Selain memberi kesan cantik, bunga atau tanaman hidup juga bisa membantu mengurangi stres, meningkatkan mood, dan membantu memberikan sirkulasi udara yang baik di dalam kamar. 

Baca juga: 10 Ide Rumah Rooftop Korea Seperti di Drama

8. Lampu dengan Cahaya Redup

Source : Pinterest

Kamar ala Korea identik dengan pemberian lampu tidur atau lampu string yang menambah kesan estetik dan hangat. Lampu tidur bisa menggunakan lampu dengan watt rendah dan cahaya kuning yang redup. 

Selain akan terlihat bagus saat Pins berfoto di dalam kamar, lampu tidur yang diletakkan di sebelah kasur juga berfungsi sebagai lampu baca. Jadi, Pins masih bisa membaca buku sebelum tidur. 

9. Penambahan Karpet Aesthetic

Source : IdeiClub

Tips desain kamar aesthetic ala Korea yang selanjutnya adalah dengan penambahan karpet di kamar kamu Pins. Karpet ini akan memberikan kehangatan bagi kaki kamu saat memijak lantai di dalam kamar. Oleh karena itu, keberadaan karpet akan menambah kenyamanan di kamar tidur kamu.

Pins dapat menentukan warna apa yang sesuai dengan konsep di kamar Pins, agar menonjolkan kesan yang estetik.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Rumah Aesthetic Ala Korea

10. Penggunaan Material Berunsur Kayu

Source : IdeiClub

Tips desain kamar aesthetic ala Korea yang terakhir adalah dengan penggunaan furniture berunsur kayu. Pada desain khas Korea, biasanya selalu menggunaka furniture yang berasal dari material kayu. Warna khas kayu yaitu cokelat muda, akan memberikan warna yang hangat dan luas serta dapat dipadupadankan secara mudah dengan furniture lainnya.

Pins dapat menggunakan furniture bermaterial kayu seperti meja, kursi, dekorasi kamar, rak buku, rak penyimpanan, atau lainnya. Alhasil kamar kamu akan terlihat estetik loh Pins.

Nah, itulah beberapa inspirasi untuk membuat kamar tidur Pins jadi kamar aesthetic ala Korea. Mudah bukan? Kamu bisa desain kamar ala Korea yang disesuaikan dengan style atau keunikan diri sendiri. 

Rawat Kamar dengan Layanan di Pinhome Service

Bagi sebagian orang, kamar tidur mungkin menjadi tempat ternyaman dalam beraktivitas. Untuk menjaga kebersihannya, Pins perlu merawat dan membersihkan kamar secara rutin terutama jika kamu punya binatang peliharaan. Maka, pembersihan secara menyeluruh perlu dilakukan sehingga kamar akan terasa selalu nyaman dan bersih. 

Jika menurut Pins deep cleaning kamar atau rumah terasa melelahkan dan sulit untuk dilakukan sendiri, tenang saja Pinhome Home Service memiliki solusinya. Pinhome Service menyediakan layanan untuk deep cleaning rumah kamu, terutama untuk membersihkan debu dan tungau di karpet, sofa, bahkan tempat tidur sekalipun. 

Dan saat Pins mengalami permasalahan dengan AC di dalam kamar aesthetic ala Korea, kamu juga bisa menggunakan jasa service AC dari Pinhome. Selain untuk service AC, Pinhome juga menyediakan rekan jasa untuk melakukan cuci AC dan bongkar pasang AC. Menarik kan? Pinhome merupakan solusi pintar hunian, mulai dari mencari hunian sewa, menyediakan jasa untuk deep cleaning rumah, hingga melakukan service AC di rumahmu. Satu solusi untuk semua hanya dengan aplikasi Pinhome. 

Baca juga: 

Feature Image Source: EasyPeasyAI


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download