BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Tips Memilih Rumah di Sekitar Perkantoran
0
0

10 Tips Memilih Rumah di Sekitar Perkantoran

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jun 9, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tips memilih rumah di kota berbeda dengan memilih rumah di pedesaan. Di daerah pedesaan, sebaiknya pilih rumah yang mudah dijangkau dan dekat dengan fasilitas umum setempat. Di perkotaan, permasalahan ini tidak perlu dikhawatirkan karena sebagian besar rumah di perkotaan sudah mudah diakses dan memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Makanya Kamu perlu mengetahui mengenai tips memilih rumah di sekitar perkantoran.

Sebaliknya, ada beberapa hal lain yang perlu diingat. Mulai dari polusi, biaya hidup, keamanan, harga mahal, ketersediaan ruang hijau, banjir, sampah, dan lain sebagainya. Agar tidak salah pilih, berikut beberapa tips memilih hunian di sekitar kantor, silahkan disimak.

Tips Memilih Rumah di Sekitar Perkantoran

Source : Pixabay

Berikut ini adalah tips untuk pilih rumah di sekitar perkantoran yang perlu kamu tahu!

1. Mempertimbangkan Potensi Adanya Kenaikan Harga Properti

Kenaikan harga rumah di perkotaan jauh lebih besar dibandingkan di perdesaan. Saat membeli rumah untuk ditinggali atau diinvestasikan, Kamu perlu mempertimbangkan hal ini sebaik mungkin. Lakukan riset dengan mencatat perubahan harga real estat selama beberapa tahun terakhir untuk melihat apakah terjadi kenaikan atau penurunan.

Selain itu, perhatikan juga proyek-proyek infrastruktur yang telah atau akan dilaksanakan di wilayah tersebut. Misalnya saja direncanakan akan dibangun pusat perbelanjaan besar, pusat hiburan, atau proyek infrastruktur umum lainnya yang dapat meningkatkan nilai perumahan di masa depan.

2. Memikirkan Keamanan Pada Lingkungan

Source : Pixabay

 Tips memilih rumah di kota yang kedua adalah memperhatikan keamanan lingkungan. Masalah keamanan yang sering terjadi di kota-kota besar antara lain pencurian, perampokan, penyerangan, dan kerusuhan.

 Cari tahu tingkat keamanan di area tempat rumah Kamu berada secara online  atau kunjungi langsung dan tanyakan kepada penduduk setempat. Ada baiknya juga mencari unit di kawasan perumahan kelas atas di tengah kota dengan pengawasan video dan keamanan 24 jam.

3. Mengecek Kenyamanan dan Sesuaikan dengan Kebutuhan Keluarga

Periksa kenyamanan dan sesuaikan dengan kebutuhan keluarga Kamu. Kamu dan seluruh keluarga Kamu kemudian akan tinggal di rumah pilihan Kamu untuk jangka waktu yang lama.

 Pertimbangkan kebutuhan dan preferensi Kamu dan keluarga yaitu, Jumlah ruangan yang dibutuhkan, ukuran ruang tamu, dapur dan area outdoor dan Evaluasi fasilitas di sekitar rumah Kamu yang mempengaruhi kenyamanan Kamu, seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, taman, dan tempat rekreasi lainnya.

4. Periksalah Situasi dan Kondisi Jalan dan Akses Parkir

Periksa kondisi jalan dan akses taman Bahkan di perkotaan,  tidak semua kondisi jalan bagus. Oleh karena itu, periksalah kondisi jalan di sekitar rumah Kamu dengan memeriksanya secara langsung.

 Jika Kamu memiliki mobil, pastikan rumah yang ingin dibeli berada di pinggir jalan raya atau setidaknya memiliki barisan depan yang lebar. Jangan membeli rumah di gang hanya karena nanti Kamu tidak  bisa memarkir mobil. Carilah fasilitas tambahan seperti taman luas dengan carport atau garasi.

 Pengguna kendaraan roda empat sebaiknya mempertimbangkan tips berikut saat memilih rumah di kota. Cari tahu tentang pengembang dan konstruksi bangunan . Kualitas suatu bangunan tidak lepas dari konstruksinya.Semakin baik strukturnya, semakin tinggi kualitas bangunannya.

 Kualitas konstruksi juga sangat dipengaruhi oleh pengembang. Oleh karena itu, pastikan  memilih rumah yang dibangun oleh perusahaan konstruksi terpercaya.

 Teliti reputasi pengembang, termasuk proyek sebelumnya dan umpan balik dari  pembeli. Pastikan juga bahan yang digunakan berkualitas tinggi dan memenuhi standar  keamanan.

5. Mencari Tahu Mengenai Developer dan Konstruksi Bangunan

Source : Pixabay

Kualitas bangunan tidak luput dari konstruksinya, makin bagus konstruksinya maka makin bagus pula kualitas bangunanya. Kualitas konstruksi juga sangat dipengaruhi oleh developer, jadi pastikan kamu memilih rumah yang dibangun oleh developer handal ya. Lakukan riset seputar reputasi pengembang, termasuk proyek-proyek sebelumnya dan umpan balik dari para pembeli. Pastikan juga bahwa material yang digunakan berkualitas tinggi dan sesuai dengan standar keselamatan dan keamanan. 

6. Mengecek Legalitas

Tips memilih rumah di sekitar perkantoran yang keenam adalah dengan mengecek legalitas properti. Pastikan jangan sampai dirumah Kamu tidak mempunyai SHM dan surat Kamu masih berformat AJB saja.

Hal ini akan menimbulkan berbagai permasalahan properti di kemudian hari yang akan menjadi masalah  dan merugikan Kamu sebagai pemilik baru. Periksa juga masalah perpajakan (PBB) Kamu untuk menghindari keterlambatan pembayaran.

 Meski begitu, mintalah pemilik sebelumnya untuk menyelesaikan masalah pajaknya terlebih dahulu agar tidak membebani Kamu nantinya.

7. Cek Harga-harga Rumah

Pastikan harga rumah  sesuai dengan budget Kamu. Mengapa tidak mempertimbangkan pinjaman rumah tergantung pada situasi keuangan Kamu? Lakukan riset pasar untuk memahami harga real estate di daerah tersebut dan membandingkannya dengan anggaran yang telah Kamu tetapkan.

Waspadai juga faktor-faktor yang mempengaruhi harga properti, seperti lokasi, ukuran, kondisi, dan fasilitas yang tersedia.

 Ingatlah untuk mempertimbangkan harga yang realistis berdasarkan kondisi pasar saat ini dan tren masa depan. Periksa juga apakah ada biaya tambahan yang perlu Kamu bayarkan nanti.

8. Adanya Ruang Terbuka Hijau

Ada tidaknya ruang terbuka hijau  Ada tidaknya ruang terbuka hijau merupakan salah satu tips penting dalam memilih hunian di perkotaan dan dapat mempengaruhi kualitas hidup.

 Karena kawasan pemukiman di perkotaan cenderung padat penduduk, maka ruang terbuka hijau yang tersedia cenderung semakin terbatas sehingga menyebabkan kualitas udara semakin buruk. Jika memungkinkan, pilihlah rumah di dekat  taman, padang rumput, atau ruang hijau lainnya.

 Kamu bisa  berjalan-jalan atau jogging di pedesaan untuk menyegarkan diri setelah seharian beraktivitas di kota, mencuci mata dan melepas penat. Ruang terbuka yang subur memastikan udara sejuk dan segar di sekitar rumah.

9. Memikirkan Masalah Polusi

Source : Pixabay

Tinggal di daerah perkotaan yang padat penduduknya, permasalahan polusi merupakan masalah yang umum terjadi. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli rumah di kota, cek dulu permasalahan ini.

 Hindari rumah yang terlalu dekat dengan jalan ramai, pabrik, dan tempat sampah yang dapat menimbulkan polusi udara tingkat tinggi.

 Mohon periksa juga tingkat kebisingan (polusi udara) agar Kamu dapat beristirahat dengan tenang. Townhouse di dekat jalan raya utama, bengkel, pasar umum, biasanya sangat bising dan mengganggu ketenangan.

 Jika Kamu memilih rumah yang dekat dengan jalan raya, masalah ini bisa Kamu atasi dengan menanam banyak tanaman di depan rumah atau memilih rumah dengan taman yang luas.

 Periksa juga kualitas airnya. Jangan memilih rumah di dekat sungai yang  tercemar. Selain bau dan kualitas air yang buruk, rumah Kamu juga berdampak buruk bagi kesehatan Kamu.

10. Mempertimbangkan Biaya Hidup

Source : Pixabay

Hal ini tidak berhubungan langsung dengan kualitas rumah, namun dapat dijadikan pertimbangan tambahan.

 Pastikan biaya hidup di wilayah pilihan Kamu sesuai  kemampuan Kamu. Secara umum, biaya hidup di  perkotaan cenderung lebih tinggi dibandingkan di perdesaan.

 Biaya-biaya yang perlu Kamu perhatikan adalah: Biaya utama (makanan, transportasi, biaya, dll), biaya pemeliharaan, biaya pendidikan, biaya hiburan, dll.

Itulah dia tips memilih rumah di sekitar perkantoran, semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download