BlogPemilik PropertiDesain HunianKenali Beragam Jenis Ukuran Amplas dan Fungsinya
0
0

Kenali Beragam Jenis Ukuran Amplas dan Fungsinya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mei 16, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Amplas  merupakan salah satu alat yang selalu Kamu miliki saat  melakukan pekerjaan finishing. Sebab salah satu kunci keberhasilan proses finishing adalah mengampelas media dengan baik dan akurat sehingga siap untuk diaplikasikan  finishing. Berikut Pinhome akan menjabarkan ukuran amplas beserta fungsinya.

Proses amplas yang benar  memudahkan pengaplikasian bahan finishing. Kamu dapat mengaplikasikannya secara manual dengan tangan jika Kamu melakukannya untuk  hobi atau untuk kebutuhan Kamu yang sensitif terhadap waktu. Jika Kamu  memilih nomor amplas yang tepat, Kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan mudah, meskipun Kamu melakukannya secara manual.

Sebelum mengenal lebih jauh terkait pembahasan ini, pastikan Pins unduh aplikasi Pinhome. Layanan Pengajuan KPR yang dimilikinya membantumu mewujudkan rumah impianmu.

Kamu bisa pula mendapatkan informasi rumah bekas di Bogor seperti Avoria Estate. Terdapat pula informasi properti dekat Sarinah Jakarta hingga rumah dijual di Jagakarsa.

Baca juga:

Fungsi Amplas

ukuran amplas
Source : Blibli

Tujuan amplas adalah untuk menggosok permukaan suatu benda agar halus. Permukaan amplas yang kasar digunakan untuk menghaluskan permukaan dan menghilangkan lapisan lama seperti cat lama. Namun, amplas juga dapat memberikan efek sebaliknya. Ini dapat digunakan tidak hanya untuk menghaluskan tetapi juga untuk menghaluskan permukaan.

Misalnya untuk permukaan yang akan direkatkan. Tanpa Amplas ini mempunyai ukuran butiran dan kekasaran yang berbeda-beda. Perincian ini dibedakan secara numerik. Jika jumlahnya kecil, misalnya B. 20-50, permukaannya akan kasar. Dan semakin tinggi angkanya maka semakin halus amplasnya dan semakin padat pula pasirnya.

Jenis Amplas Berdasarkan Materialnya

Source : Getty Images

Berikut adalah jenis dari amplas dari materialnya:

  • Garnet, amplas ini terbuat dari bahan alami dan sering digunakan pada berbagai jenis kayu. Amplas jenis ini sangat bagus dan mudah digunakan, namun lebih cepat halus dibandingkan amplas lainnya.
  • Silikon karbida, amplas ini sangat cocok digunakan pada material seperti titanium, besi, tembaga, quina, plastik, karet, kaca, batu, kayu, dll.
    Sangat cocok digunakan pada penganutnya. Hasil pengamplasan akan sangat bersih karena dapat menghilangkan permukaan kasar yang masih menempel pada kayu.
  • Alumunium oxide, bahan amplas ini khusus digunakan pada kayu, logam, stainless steel, kulit, dan cat. Permukaannya lebih halus dari silikon karbida tetapi tahan lebih lama.
  • Ceramic. Bahan ini sangat abrasif dan tahan lama, sehingga harganya sangat mahal. Sering digunakan untuk menggiling baja kobalt-nikel dan baja tempa.
  • Aluminium zirkonia, amplas ini sangat keras dan tahan lama. Jika ingin mengampelas dengan alat/mesin bisa menggunakan amplas ini.

Jenis Amplas Berdasarkan No Grit Amplas

Jenis amplas tidak hanya ditentukan oleh materialnya saja. Amplas juga dibedakan berdasarkan tingkat gritnya dari mulai ukuran amplas paling halus dan paling kasar . Berikut jenis-jenis  amplas yang dibedakan berdasarkan nomor grit amplasnya:

  • Permukaan sangat kasar. Amplas yang termasuk dalam kategori ini adalah  amplas dengan grit 40 hingga 80. Jika permukaan amplas  sangat kasar, Kamu bisa menggunakannya  untuk mempercepat proses penghalusan.
  • Permukaan kasar medium, amplas ini memiliki grit 100-150. Jika  ingin menghaluskan permukaan yang agak kasar setelah menggunakan amplas  80 grit, Kamu bisa melanjutkan dengan amplas 100-180 grit.
  • Permukaan ekstra halus. Amplas jenis  ini memiliki  grit 180 hingga 220 dan sisi-sisinya sangat halus. Jika ingin mendapatkan hasil yang sangat halus, Kamu bisa menggunakan amplas  grit ini. Permukaan sangat halus. Amplas jenis ini (240-400) biasanya digunakan pada proses finishing untuk mengampelas rel kereta api. Hal ini biasanya dilakukan untuk menghaluskan lapisan cat sebelum ditimpa dengan lapisan cat berikutnya.
  • Permukaan super halus. Biasanya digunakan untuk menghaluskan permukaan (400-600). Jika Kamu membutuhkan amplas sangat halus, kami juga memiliki tipe ekstra halus (800-1200).

Ukuran Amplas Sesuai Fungsinya

ukuran amplas
Source : Pixabay
  • Jika  menggunakan tangan tentunya hasil pengamplasan tidak akan seragam karena tekanan tangan  tidak merata. Tentunya jika menggunakan balok kayu yang dilapisi amplas, hasilnya akan sama. Karena permukaan sabuknya sama, penggunaan sander serupa dan akan memberikan hasil yang sama.
  • Amplas dengan grit rendah dapat digunakan pada permukaan yang sangat kasar. Tentu saja, permukaan yang kasar membutuhkan amplas yang kasar, sehingga tidak ada amplas yang terbuang sia-sia.
  • Penggunaan langsung amplas dengan angka tinggi diatas 200 akan membuat amplas menjadi boros. Selain itu, diperlukan waktu penggilingan yang sangat lama. Jadi, jika proyek Kamu masih hijau atau kayunya sangat kasar, Kamu memerlukan amplas  garnet atau aluminium oksida 50 hingga 80 yang lebih tahan lama.
  • Jika Kamu ingin refinishing dan  menghilangkan lapisan cat lama,  Kamu bisa memulai dengan  grit 100-240. Untuk kecepatan lebih cepat, gunakan mesin tape. Jika cat berbahan dasar pelarut digunakan pada lapisan  cat lama, sebaiknya gunakan masker karena debu amplas dari cat berbahan dasar pelarut dapat berbahaya bagi kesehatan Kamu.

Tahapan Pengamplasan Media Kayu Siap Finishing

Source : Pixabay

Sebelum melakukan proses finishing, Kamu harus  memastikan bahwa media kayu sudah siap untuk finishing. Salah satu pilihannya adalah menggiling. Berikut langkah-langkah mengampelas media kayu agar siap untuk  proses finishing. Setelah  kayu melalui proses seperti planing atau planing, Kamu dapat menggunakan amplas 80/100 grit untuk tahap pengamplasan awal.

Proses pengamplasan pada tahap ini memotong serat-serat kayu berukuran besar dan bertujuan untuk mendapatkan tepian yang halus dengan bentuk dan tampilan yang kasar dan tajam.

Langkah selanjutnya tetap menggunakan amplas  120, 220, dan 240 grit. Langkah ini melibatkan proses pengamplasan  untuk menghaluskan permukaan kayu sekaligus menghilangkan noda membandel yang mungkin menghalangi lapisan akhir menembus substrat kayu.

Itulah informasi mengenai ukuran amplas, semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga:

Source feature image: Wikipedia


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download