BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Inspirasi Keramik Tangga Motif Batu Alam
0
0

15 Inspirasi Keramik Tangga Motif Batu Alam

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 25, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
Keramik tangga motif batutop-right-banner

Membangun rumah 2 lantai atau lebih tentu memerlukan tangga yang aman dan efisien. Tangga juga bisa dikreasikan dengan berbagai motif yang tersedia. Salah satunya menggunakan keramik tangga motif batu yang lebih aman karena tidak licin. 

Ada banyak Rumah Ekslusif dari Pinhome dengan desain dua lantai atau lebih seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain. Harga rumah bekas di Kec Tangerang bisa kamu cek di fitur PinValue untuk mengetahui estimasinya. 

Memasang tangga tentu tidak sulit bagi seorang tukang yang berpengalaman. Namun kamu perlu memilih material yang baik untuk tangga sehingga aman dan awet. Untuk menambah estetika rumah, motif batu alam bisa dipilih. 

Baca juga: 10 Model Tangga Rumah Minimalis dan Simpel Untuk Rumahmu

Komponen Tangga Rumah

Keramik tangga motif batu
Pixabay

Sebelum membahas inspirasi keramik tangga motif batu, ada baiknya Pins mengetahui lebih dulu tentang komponen-komponen yang ada pada tangga. Berikut penjelasannya. 

1. Handrail

Handrail merupakan bagian dari baluster yang dibuat untuk membantu Pins membawa bobot badan menuju ke lantai atas maupun saat sedang turun. Tempat pegangan tangan ini sangat membantu untuk memberikan rasa aman bagi para penghuni ketika memakai tangga. 

2. Baluster

Baluster adalah bagian tiang yang berada vertikal mengisi antara handrail dan bagian pijakan kaki. Bagian ini berfungsi sebagai pengaman bagian samping sehingga cocok untuk kamu yang punya buah hati. Pasalnya, baluster membantu anak yang belum sampai menggapai handrail.

3. Newel Post

Newel Post merupakan tiang pemisah antara baluster satu ke baluster lainnya. Bagian ini digunakan pada model yang memerlukan lekukan dalam menggapai lantai teratas.

4. Wall Stringer

Wall Stringer adalah ‘rumah’ pada kedua sisi anak tangga tempat tread dipasang. Jika salah satu sisi dari anak tangga rata dengan dinding yang berdekatan, stringer yang menghubungkan treads dan riser ke dinding disebut sebagai wall stringer.

5. Bullnose

Bullnose adalah bagian pinggiran atau pinggulan tangga yang berfungsi membuat sudut pijakan jadi tidak tajam dan mempercantik tangga.

6. Structural Cut Stringer

Structural Cut Stringer adalah komponen yang berperan menahan berat dan beban sehingga harus terbuat dari material yang kuat dan tahan lama.

7. Riser

Riser adalah bagian yang berdiri vertikal pada setiap anak tangga. Terdapat perhitungan untuk menentukan ketinggian dari ukuran riser itu sendiri. Caranya dengan membagi total ketinggian tangga dibagi dengan jumlah anak tangga.

8. Border

Cara membuat tangga di rumah tidak akan terlepas dari komponen border. Border adalah penghubung lantai atas dengan desain tangga letter L maupun letter U. 

Pijakan ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan sebelum melangkah kebagian selanjutnya. Borders biasanya terletak pada belokan bagian penghubung lantai ini.

Baca juga: Desain Tangga Letter L Untuk Ruangan Sempit

Inspirasi Keramik Tangga Motif Batu

Berikut beberapa inspirasi keramik tangga motif batu yang bisa jadi pilihan kamu!

1. Keramik Tangga Vintage

Keramik tangga motif batu
Pinterest

Bagi kamu yang suka suasana nostalgia ke masa lalu, keramik tangga motif batu yang bergaya vintage ini bisa menjadi pilihan. Keramik ini biasanya dibuat dari batu merah dan dipadukan dengan pegangan tangan berwarna hitam.

2. Keramik Tangga Kecoklatan

Keramik tangga motif batu
Pinterest

Model keramik motif batu yang satu ini bisa dipadukan dengan keramik dasar dari papan kayu berwarna coklat. Kemudian pilih keramik motif batu warna-warni untuk bagian keramik yang berdiri. 

3. Keramik Tangga Batu Kotak

Keramik tangga motif batu
Pinterest

Motif ini sama seperti mozaik dengan warna antara hitam dan abu-abu yang berpadu serasi. Keramik motif batu mosaik bisa dipasang untuk keramik berdiri, sedangkan keramik dasar menggunakan warna coklat kayu untuk menambah estetik.

4. Keramik Tangga Batu Gelap

Keramik tangga motif batu
Pinterest

Motif ini cocok untuk rumah yang didesain dark modern atau gothic. Anak tangga menggunakan papan kayu gelap sementara keramik yang berdiri menggunakan motif seperti batu kali yang disusun rapi. 

5. Keramik Tangga Batu Segienam

Keramik tangga motif batu
Pinterest

Kamu bisa memilih anak tangga dari marmer atau keramik berwarna coklat muda. Kemudian pada sisi keramik yang berdiri, pilih motif batu segi enam berwarna putih untuk menghasilkan perpaduan yang cantik. 

Baca juga: Contoh Tangga Rumah Mewah yang Bisa Jadi Inspirasi Pins

6. Keramik Tangga Batu Bulat

Keramik tangga motif batu
Pinterest

Selain motif batu segi enam, kamu juga bisa memilih keramik motif batu bulat. Namun bagian anak tangganya harus bernuansa coklat glossy sehingga menghasilkan perpaduan warna yang unik. 

7. Keramik Tangga Batu Alam

Keramik tangga motif batu
Pinterest

Rumah dengan tipe natural dan mewah sangat cocok menggunakan keramik tangga motif batu alam yang satu ini. Warnanya yang cenderung krem harus dipadukan dengan warna cat dinding yang senada sehingga kesan mewah akan muncul. 

8. Keramik Tangga Batu Papan Kayu

Keramik tangga motif batu
Pinterest

Keramik batu yang dikombinasikan dengan papan kayu ini mampu menghadirkan kesan tangga yang estetik dan tenang dipandang. Papan kayu coklat dipadukan dengan keramik motif batuan yang menghasilkan perpaduan cantik.

9. Keramik Tangga Bebatuan Alami

Keramik tangga motif batu
Pinterest

Keramik dengan motif ini sangat cocok dengan model tangga yang melingkar. Pada bagian keramik berdiri, pasang motif bebatuan alami dengan warna kombinasi krem dan merah. Sementara anak tangganya bisa dipilih warna coklat. 

10. Keramik Tangga Motif Pasir

Source : Desain Terbaik

Motif berpasir ini tak kalah cantik dengan model keramik batuan lainnya. Apalagi adanya tiga garis lurus pada ujung anak tangga mempertegas batas pijakannya. Untuk hasil yang lebih estetik, kamu bisa membuat bagian bawah tangga sedikit melingkar untuk menyesuaikan ruangan. 

11. Keramik Tangga Batuan Coklat

Keramik tangga motif batu
Pinterest

Motif keramik ini sekilas terlihat seperti timbul berkat desainnya yang mampu menciptakan ilusi 3D. Hal ini akan menghadirkan nuansa berbeda pada ruangan yang tentunya lebih elegan. 

12. Keramik Corak Batu Basal

Source : Gharpedia

Warna hitam batu basal mempertegas desain rumah minimalis. Pijakannya tidak licin dan menunjukkan kesan maskulin.

13. Keramik Motif Batu Alam Limestone

Source : Freepik

Limestone terbentuk dari bahan sedimen asli yang pembuatannya memakan waktu lama. Umumnya bahan batuan ini sering digunakan pada rumah gaya klasik.

14. Keramik Motif Batu Kapur

Source : Gharpedia

Batu kapur yang putih bersih juga cocok sebagai anak tangga. Kesannya elegan dan memiliki ketahanan yang cukup kuat.

15. Keramik Tangga Motif Marmer

Source : Pinterest

Marmer tidak hanya menjadi keramik lantai saja melainkan sebagai anak tangga. Kesan mewah dan elegan terpancar langsung dalma hunian saat memilih batuan marmer ini.

Itulah inspirasi keramik tangga motif batu yang bisa kamu pilih untuk menambah estetika tangga di rumah kamu. 

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Vasa Jagakarsa dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download