BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Contoh Renovasi Dapur Rumah Subsidi yang Bikin Pangling
0
0

8 Contoh Renovasi Dapur Rumah Subsidi yang Bikin Pangling

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Apr 28, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Salah satu komponen rumah yang paling penting adalah dapur. Menciptakan dapur yang praktis dan menarik bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik rumah subsidi dengan ruang yang terbatas. Sebenarnya, membuat dapur yang nyaman dan efisien di rumah subsidi dengan sedikit inovasi dan modifikasi. Jika memiliki ruang sempit, berikut beberapa contoh renovasi dapur rumah subsidi.

Kamu dapat menemukan rumah asri dilengkapi dengan pepohonan yang membuat lingkungan sejuk di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Kamu dapat mengajukan kredit pembayaran rumah kepada Bank melalui Pengajuan KPR.

Baca juga: 20 Rekomendasi Merk Cat Besi Terbaik Untuk Hasil Maksimal

Contoh Renovasi Dapur Subsidi Rumah

Berikut adalah contoh renovasi dapur rumah subsidi:

1. Dapur Mini Bar

Source : Matchness

Konsep dapur terbuka yang menyatu dengan ruang makan adalah cara terbaik untuk memaksimalkan ruang dapur dalam rumah subsidi. Dengan cara ini, membuat dapur dengan minibar yang dapat digunakan sebagai meja makan.

Baca juga: Perpaduan Cat Rumah Warna Biru yang Menyegarkan

2. Dapur dengan Penyimpanan Vertikal

Source : Matchness

Untuk membuat dapur fungsional di rumah subsidi, perlu memanfaatkan ruang secara vertikal. Memperluas ruang penyimpanan tanpa mengorbankan luas lantai yang terbatas dengan menggunakan lemari dapur yang tinggi dan menambahkan rak tambahan di atasnya. Alat dapur yang sering digunakan juga dapat ditempatkan di rak-rak terbuka di dinding untuk memaksimalkan ruang.

3. Dapur dengan Pencahayaan yang Baik

Source : PLN Design

Untuk membuat dapur yang nyaman dan fungsional, pencahayaan yang baik sangat penting, terutama di dapur kecil. Saat memasak, pasang lampu bawah kabinet dan lampu langit-langit yang terang di area kerja. Untuk memberikan kesan ruang yang lebih besar, gunakan cermin atau permukaan yang reflektif.

4. Dapur Serba Putih untuk Tampilan Lebih Lapang

Source : Howdness

Jika ingin memberi kesan bahwa ruang lebih terang dan lebih luas, warna putih adalah pilihan yang tepat. Menciptakan tampilan dapur yang bersih dan minimalis dengan memilih peralatan dan furnitur dapur berwarna putih. Untuk memberikan aksen yang menarik, tambahkan sedikit warna cerah seperti kuning atau hijau.

5. Dapur Semi-Outdoor dengan Taman Kecil

Source : Banidea

Dengan mendesain dapur semi-outdoor, dapat memperluas ruang dapur subsidi ke luar ruangan jika kondisinya memungkinkan. Ada baiknya menambah pintu kaca besar atau jendela geser yang mengarah ke taman kecil di belakang rumah. Oleh karena itu, menciptakan lingkungan dapur yang terbuka dan segar dengan akses langsung ke udara segar.

6. Dapur dengan Pintu Geser

Source : Art Fasad

Jika memiliki rumah subsidi dengan ruang yang terbatas, dapur dengan pintu geser adalah pilihan yang cerdas. Dengan menggunakan pintu geser, dapat menghemat ruang yang biasanya dibutuhkan untuk membuka pintu secara tradisional. Selain itu, pintu geser membuat dapur terlihat lebih bersih dan modern.

7. Desain Dapur Multifungsi

Source : Amazn

Contoh tambahan untuk renovasi dapur rumah subsidi adalah menggunakan desain multifungsi yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Misalnya, menggabungkan dapur dan ruang makan dalam satu tempat, yang menghemat ruang.

Manfaat Renovasi Rumah Subsidi

Rumah yang sudah direnovasi pasti akan membuat hidup dengan keluarga lebih nyaman, dan struktur yang lebih kokoh membuat merasa aman. Rumah subsidi yang sudah lama biasanya membutuhkan renovasi karena dindingnya retak dan atapnya bocor.

Hunian yang direnovasi secara teratur tidak hanya meningkatkan tampilannya dan meningkatkan nilai jualnya, tetapi renovasi rutin akan meningkatkan harga rumah. Rumah tua biasanya lebih mudah rapuh sehingga roboh saat hujan atau angin kencang. Ini membuat penghuni merasa tidak aman. Oleh karena itu, diperlukan renovasi untuk membuat rumah kembali kokoh.

Renovasi Rumah Subsidi Sesuai Peraturan Pemerintah

  • Aturan Pertama, bahwa setelah lima tahun pembayaran cicilan atau angsuran, rumah dapat direnovasi sepenuhnya. Tidak dapat melakukan renovasi lengkap jika pembayaran belum mencapai lima tahun. Hanya pagar dan dapur yang boleh ditambahkan sebelum lima tahun.
  • Aturan Kedua, setelah 5 tahun pembayaran cicilan di bank, renovasi depan atau fasad rumah subsidi juga dapat dilakukan. Bagian berikutnya tidak boleh diubah atau diperbarui sebelum lima tahun mendatang.
  • Aturan Ketiga, sebelum lima tahun ke atas, tidak hanya dilarang untuk mengubah bagian fasad bangunan, tetapi juga dilarang untuk membangun lantai kedua. Setelah lima tahun, bangunan dapat diubah secara signifikan.
  • Aturan Keempat, dapur rumah subsidi dapat diperbarui. Selain itu, dapat melakukan beberapa perubahan lain, seperti memperbaiki atap yang bocor, membangun pagar, menambah kanopi, memperbaiki rembesan, dan mengubah ukuran atau lokasi septic tank. Dalam situasi seperti ini, harus melakukan renovasi secara bertahap.
  • Aturan Kelima, disarankan untuk melapor ke pihak bank sebelum memulai rumah subsidi, menunjukkan area mana yang akan direnovasi, apakah itu renovasi besar atau kecil.
  • Aturan Keenam, salah satu syarat penting untuk renovasi rumah adalah pembayaran cicilan KPR harus lancar. Bank tidak akan menyetujui renovasi rumah jika pembayaran cicilan tidak lancar.

Itulah dia Contoh Renovasi Dapur Rumah Subsidi, semoga bermanfaat ya Pins!

Baca juga:

Source feature image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download