BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Referensi Model Jendela Rumah Joglo yang Khas
0
0

5 Referensi Model Jendela Rumah Joglo yang Khas

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jan 1, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Apakah Kamu tahu Joglo berasal dari kata Tajug Loro (Juglo) yang bermakna dua gunung. Dalam filosofi Jawa sendiri gunung adalah tempat yang tinggi dan sakral. Atap rumah Joglo yang berbentuk dua gunung. Akan tetapi dalam setiap perkembangannya, penyebutan kata Joglo kemudian berubah menjadi Joglo. Seiring dengan berkembangnya zaman, saat ini rumah Joglo sendiri bisa dibangun oleh berbagai kalangan dan sering kali digunakan pada Gedung perkantoran ataupun pemerintahan. Pada artikel ini, Pinhome akan memberikan beberapa referensi model jendel rumah joglo.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Referensi Model Jendela Rumah Joglo yang Khas

Salah satu keunikan dari Rumah Adat Joglo yaitu terdapatnya jendela besar dengan jumlah yang banyak. Model dari jendela besar ini adalah sebuah warisan dari kolonial Belanda yang kemudian dikombinasikan dengan arsitektur khas dari daerah Jawa. Secara keseluruhan jumlah dari jendela pada rumah Joglo dari depan hingga ke belakang bisa mencapai puluhan. Berikut ini, beberapa referensi model jendela rumah joglo yang telah Pinhome rangkum untuk Kamu semua.

1. Jendela Ukiran Kayu

Source : Tokopedia

Referensi model jendela rumah joglo yang pertama yaitu jendela dengan ukiran kayu.Jendela rumah joglo dengan ukiran kayu merupakan salah satu ciri khas yang menonjol. Ukiran kayu pada jendela ini melibatkan penggunaan pola-pola tradisional Jawa yang indah dan kompleks. Motif-motif seperti bunga, daun, atau bahkan gambar-gambar legendaris sering kali diukir secara teliti pada kayu yang dipilih, seperti kayu jati atau kayu cendana. Estetika ukiran ini tidak hanya mempercantik jendela, tetapi juga menjadi bagian integral dari warisan seni dan budaya Jawa.

2. Jendela Kaca Cermin Khas Joglo

Source : Adobe

Model jendela rumah joglo berikutnya yaitu jendela kaca cermin. Jendela rumah joglo kerap kali menggunakan kaca cermin yang dipadukan dengan kerangka kayu. Kaca cermin ini umumnya ditempatkan pada jendela-jendela yang lebih besar, memungkinkan cahaya alami untuk masuk ke dalam ruangan dengan baik. Salah satu daya tariknya adalah motif-motif tradisional yang sering diukir atau diaplikasikan pada kaca cermin, memperkaya tampilan visual jendela dan rumah secara keseluruhan.

3. Jendela Geser atau Lipat

Source : Shutters

Model jendela rumah joglo yang berikutnya yaitu jendela geser ataupun lipat. Model jendela geser atau lipat pada rumah joglo menawarkan sentuhan modern pada desain tradisional. Jendela-jendela ini dirancang agar bisa dibuka atau digeser sesuai kebutuhan untuk memperbolehkan sirkulasi udara yang optimal. Biasanya, bahan kayu yang digunakan dipilih dengan teliti untuk memastikan kekuatan dan ketahanan jendela sekaligus menjaga estetika rumah joglo.

4. Jendela Gebyok Khas Joglo

Source : Lazada

Gebyok adalah elemen tradisional Jawa yang terbuat dari kayu dengan ukiran indah. Jendela dengan desain gebyok biasanya memiliki panel-panel kayu yang dihiasi dengan ukiran khas Jawa. Penggunaan jendela dengan desain gebyok dapat memberikan sentuhan klasik dan elegan pada rumah joglo, memperkaya estetika ruang dengan keunikan seni ukiran tradisional.

5. Jendela Louver atau Celah Horisontal

Source : Archify

Model jendela rumah joglo yang terakhir yaitu jendela louver atau celah horisontal. Jendela model louver atau celah horisontal dapat memberikan karakteristik unik pada rumah joglo. Mereka terdiri dari panel-panel horisontal yang dapat disesuaikan untuk mengatur sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Sementara menjaga elemen estetika tradisional, jendela ini juga menambahkan unsur fungsionalitas modern yang memungkinkan penghuni rumah untuk mengontrol ventilasi dan pencahayaan dengan lebih baik.

Keseluruhan, jendela-jendela ini tidak hanya menjadi bagian estetika dari arsitektur rumah joglo, tetapi juga memperlihatkan keunikan budaya dan seni rupa Indonesia. Mereka menggambarkan harmoni antara warisan tradisional yang kaya dengan kebutuhan fungsionalitas modern, membuat rumah joglo menjadi simbol keindahan yang timeless dalam arsitektur Indonesia.

Itu dia beberapa referensi model jendela rumah joglo yang khas yang telah Pinhome rangkum. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download