BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Kanopi Transparan Minimalis dan Menarik
0
0

10 Desain Kanopi Transparan Minimalis dan Menarik

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jun 27, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ingin menutupi bagian depan atau samping rumah dari turunnya air hujan, namun tetap ingin membiarkan cahaya matahari masuk dari bagian tertutup tersebut? Kamu dapat menggunakan kanopi transparan Pins.

Kanopi yang Kamu gunakan dapat Kamu desain sesuai dengan ukuran ruang di bagian depan rumah atau samping rumah, sehingga kanopi yang akan dipasang di rumah akan pas dan tidak menyisakan celah.

Agar rumah Kamu tetap mendapatkan pancaran sinar matahari, Kamu dapat memilih jenis kanopi yang terbuat dari bahan transparan. Simak artikel ini untuk mendapatkan referensi desain kanopi transparan!

Desain Kanopi Transparan

Kanopi menciptakan ruang teduh yang akan membuat rumah Kamu terasa adem. Biasanya juga ruang teduh ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk memarkir kendaraan Pins. Berikut ini beberapa referensi desain kanopi transparan yang menarik:

1. Kanopi Transparan di Teras Samping Modern

atap
Source : iStock

Referensi desain kanopi transparan pertama yang menarik untuk diterapkan di hunian Kamu adalah pemasangan atap transparan di teras samping rumah bergaya modern. Teras satu ini mengusung konsep terbuka, mulai dari penggunaan kaca sebagai dindingnya, dan penggunaan kanopi berbahan kaca sebagai atapnya.

Ruang teras modern pada gambar di atas tidak menggunakan pintu, hal ini semakin mendukung konsep terbuka yang diterapkan. Kamu bisa menambahkan beberapa tanaman hijau untuk memberikan suasana yang sejuk.

Baca juga: 14 Ide Desain Kanopi Kayu Garasi yang Buat Adem

2. Kanopi Transparan di Kolam Renang Anti Hujan

atap
Source : iStock

Referensi kanopi transparan selanjutnya dapat Kamu terapkan sebagai pelindung kolam renang yang anti hujan. Seperti yang Kamu ketahui, ketika air hujan tercampur dengan air kolam renang hal itu akan menyebabkan perkembangbiakkan bakteri pada air kolam renang Kamu.

Selain itu, yang sebelumnya kadar pH kolam renang Kamu ideal untuk kulit manusia, ketika tercampur air hujan akan menyebabkan peningkatan kadar pH yang kurang baik untuk digunakan berenang.

Pada desain atap kolam renang satu ini, tiang penyangga yang digunakan berbahan dasar dari baja ringan berwarna hitam dengan tipe atap transparan yang benar-benar membiarkan cahaya ultra violet untuk menembus masuk ke area kolam renang.

3. Kanopi Transparan yang Unik di Pintu Masuk Rumah

atap
Source : iStock

Inspirasi desain kanopi ketiga ini dapat Kamu terapkan menjadi desain yang unik sekaligus terlihat mewah, karena penggunaan kanopi berada tepat di atas pintu masuk rumah. Ukuran panjang dan lebarnya dibuat pas dan tidak berlebihan, hanya untuk menutupi pintu masuk dari tampiasnya air hujan.

Untuk memaksimalkan pencegahan tampiasnya air hujan, Kamu dapat menambahkan kanopi pada area balkon yang berada tepat di atas pintu masuk tersebut. Ukuran kanopi untuk di area balkon Kamu lebihkan sedikit agar dapat melindungi area di bawahnya.

4. Atap Transparan Kotak-Kotak di Taman

atap
Source : iStock

Desain kanopi transparan berikut ini dapat Kamu aplikasikan di ruang bersantai yang ada di taman rumah Kamu. Desain yang dibuat adalah menggunakan rangka yang terbuat dari kayu, lalu di bagian atapnya didesain berbentuk kotak-kotak untuk menambah keestetikan kanopi satu ini.

Kemudian, agar pencahayaan dari matahari dapat tetap menerangi ruang bersantai ini, digunakan jenis atap atap transparan yang tetap meneduhkan terbuat dari spandeks.

5. Kanopi Transparan Berunsur Kayu dan Tanaman Merambat

kanopi transparan
Source : iStock

Rancangan kanopi transparan kelima ini memiliki gaya kanopi berunsur kayu dengan tanaman merambat yang menghiasi arsitektur atap tersebut. Kamu dapat menerapkan konsep satu ini di teras rumah Kamu atau sebagai ruang bersantai di halaman samping rumah.

Pemanfaatan kanopi yang ditujukan untuk membuat ruangan menjadi teduh, dalam desain ini terlihat semakin teduh karena banyaknya tanaman-tanaman hijau. Terdapat rekomendasi tanaman rambat untuk kanopi yang lebih cantik.

6. Atap Transparan di Balkon Rumah

kanopi transparan
Source : iStock

Referensi desain kanopi transparan selanjutnya cocok untuk Kamu yang memiliki area balkon di rumah yang digunakan sebagai tempat untuk mengobrol, menikmati pemandangan, dan area bersantai.

Pada kanopi rumah satu ini, tiang-tiang penyangga yang digunakan terbuat dari bahan alumunium berwarna hitam yang dibuat senada dengan warna lantai kayunya. Lalu, rangka atapnya dibuat berbentuk kotak-kotak untuk menambah kemenarikan di balkon Kamu.

Baca juga: Jenis-Jenis Atap Kanopi dan Kisaran Harganya

7. Kanopi Transparan pada Ruang Santai Terbuka

kanopi transparan
Source : iStock

Bagi Kamu yang suka sekali menghabiskan waktu bersama keluarga bersantai di halaman rumah, desain atap transparan satu ini cocok sekali loh Pins! Berbahan dasar dari baja ringan berwarna hitam cocok dipadukan dengan bangunan Kamu yang berwarna putih.

Atap yang digunakan tentunya terbuat dari kaca khusus yang tahan terhadap cahaya matahari dan membiaskan cahaya agar paparannya tidak berlebihan.

Ketika berasa di sini Kamu dan keluarga akan merasa teduh dari derasnya air hujan dan paparan sinar matahari saat bersantai di tempat ini. Kamu juga bisa memanfaatkan tempat ini sebagai ruang makan bersama ketika menginginkan suasana yang berbeda selain di dapur. Kamu harus tahu kelebihan kanopi baja ringan dibanding dengan jenis lainnya!

8. Atap Transparan Melengkung sebagai Carport

kanopi transparan
Source : iStock

Referensi desain kanopi transparan yang terakhir diperuntukkan sebagai pelindung mobil Kamu dari basahnya hujan dan panasnya matahari. Biasanya kanopi-kanopi seperti ini dirancang untuk menjadi carport, bagi Pins yang tidak memiliki garasi mobil.

Uniknya, desain kanopi satu ini dibuat melengkung di kedua sisi untuk menambah kesan estetik dan fungsionalnya akan memudahkan aliran air hujan untuk jatuh ke bawah.

Kamu dapat melihat atapnya yang berwarna gelap, hal ini difungsikan agar cahaya matahari yang terpancarkan tidak menembus atap tersebut secara 100%, sehingga Kamu tidak merasakan panas yang berlebihan.

9. Kanopi Transparan Miring

Source : Jualkanopitralis

Kanopi transparan flat terasa membosankan maka pilih saja desain kanopi miring ini. Keunggulannya lebih mudah mengalirkan air hujan serta membuat nuansa rumah lebih modern.

10. Kanopi Transparan yang Melengkung di Satu Sisi

Source : Pinterest

Bagian melengkung dari kanopi ini hanya di satu sisi saja yang bisa diterapkan pula pada balkon apartemen. Fungsinya adalah mengalirkan air hujan dan bagian bawahnya bisa untuk tempat tanaman hias.

Itulah beberapa referensi desain kanopi transparan yang menarik untuk dapat Kamu terapkan di berbagai ruang terbuka di hunian Kamu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca juga: 5 Model Kanopi Tanpa Tiang dari Baja Ringan

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download