BlogPemilik PropertiFinansialMemilih Lokasi Bisnis Laundry
0
0

Memilih Lokasi Bisnis Laundry

Dipublikasikan oleh Karinta Ariani dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Sep 30, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
memilih lokasi bisnis laundrytop-right-banner

Memiliki modal tentu jadi hal penting dalam memulai bisnis laundry. Namun tak hanya itu, banyak aspek penting lainnya yang juga perlu dipertimbangkan baik-baik. Salah satunya adalah memilih lokasi bisnis laundry itu sendiri. 

Sebab lokasi turut memberi andil besar dalam kesuksesan bisnis laundry yang Anda jalani. Bila berada di lokasi yang strategis, potensi usaha laundry untuk semakin berkembang pun lebih besar. 

Itu sebabnya, Anda perlu memahami strategi memilih lokasi bisnis laundry sebelum menentukan tempat yang tepat dan pas untuk menjalankan usaha. Berikut penjelasan selengkapnya.

Faktor yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Lokasi Bisnis Laundry

Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Laundry

Menentukan lokasi yang pas untuk membuka bisnis laundry memang tidak mudah, tapi sebenarnya juga tidak sulit. Dengan catatan, Anda memahami betul berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan terkait pemilihan tempat untuk bisnis laundry. 

Berikut beberapa faktor yang sebaiknya ada saat memilih lokasi bisnis laundry:

1. Dekat dengan target pasar

Target pasar yang dimaksud di sini tentunya adalah calon pelanggan usaha Anda. Memiliki usaha yang berada di dekat pemukiman padat penduduk atau area perkantoran akan sangat membantu dalam pemasaran bisnis laundry Anda. 

Bahkan, lokasi bisnis laundry yang strategis juga membuat masyarakat bisa dengan mudah menyadari kehadiran toko Anda, sehingga potensi kunjungan dari calon pelanggan pun lebih besar. 

Selain menyewa ruko, opsi sewa rumah di lokasi strategis dan cocok dijadikan tempat usaha pun sah-sah saja untuk Anda pertimbangkan.

2. Aksesibilitas dan parkir

Lahan parkir yang memadai, atau paling tidak memudahkan pelanggan untuk memarkir kendaraannya, menjadi salah satu nilai tambah dalam memilih lokasi bisnis laundry. 

Lokasi yang gampang dijangkau atau diakses pun tak luput dari pertimbangan pelanggan untuk datang dan menggunakan jasa laundry Anda. 

Dengan akses lokasi yang mudah dan tersedianya tempat parkir, potensi menarik lebih banyak pelanggan pun terbuka lebar. 

3. Tingkat kompetisi

Penting untuk memahami tingkat persaingan di area sasaran sebelum membuka usaha laundry. 

Sebagai tips, pastikan Anda sudah melakukan pengecekan untuk mencari tahu usaha apa saja yang ada di lokasi. 

Khususnya bila tidak jauh dari lokasi yang Anda tuju untuk membuka bisnis laundry terdapat usaha laundry lainnya yang sudah beroperasi terlebih dahulu, tentu ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda.

Sebaliknya, bila belum ada usaha laundry yang buka di sekitar lokasi, peluang bisnis Anda untuk dilirik masyarakat pun lebih besar.

Namun, jika ada bisnis laundry di daerah tersebut, analisis juga apakah jenis usahanya sama dengan usaha laundry Anda. 

Misalnya, Anda berniat membuka jenis usaha laundry kiloan, tapi di sekitar lokasi sudah terdapat usaha laundry koin. Maka, target pelanggan yang dituju oleh bisnis Anda dan bisnis tersebut bisa berbeda dan tidak masalah. 

4. Biaya sewa dan pengeluaran harian

Jika sudah mendapatkan lokasi yang dirasa cocok dan sesuai untuk membuka bisnis laundry, misalnya dengan sewa ruko baru maupun seken, maka jangan lupa cari tahu berapa biaya sewanya. 

Harga sewa ruko di setiap lokasi tentu berbeda tergantung berbagai hal. Pastikan Anda memilih lokasi usaha laundry dengan biaya terjangkau tanpa mengorbankan potensi bisnis.

5. Infrastruktur pendukung

Lokasi yang strategis tentu jadi salah satu aspek penting dalam memilih tempat membuka bisnis laundry. Namun, cari tahu juga apakah tempat tersebut telah menyediakan infrastruktur pendukung yang memadai.

Akses air, listrik yang stabil, dan jaringan internet tentu sangat dibutuhkan dalam sistem manajemen laundry. Pastikan hal-hal ini tersedia di lokasi yang Anda incar untuk membuka usaha laundry.

Jangan sampai Anda hanya mengutamakan aksesibilitas lokasi yang mudah, tapi justru mengabaikan infrastruktur pendukung yang penting dalam keberjalanan bisnis laundry.

Tipe Lokasi yang Cocok untuk Bisnis Usaha Laundry

Sebenarnya tidak semua lokasi cocok dijadikan peluang dalam membuka usaha laundry. 

Berikut beberapa pilihan lokasi bisnis laundry yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Area perumahan

Perumahan menjadi salah satu target lokasi yang cocok bila Anda ingin membuka bisnis laundry. Banyaknya rumah tangga dan mobilitas masyarakat yang tinggi membuat kebutuhan akan layanan jasa cuci pakaian pun lebih besar. 

Terlebih bila keseharian masyarakat cukup sibuk sehingga membuat mereka tidak sempat mencuci pakaian, hadirnya usaha laundry di sekitar lokasi tempat tinggal seolah memberi kemudahan tersendiri. 

2. Dekat dengan kampus dan kos-kosan

Salah satu usaha yang cukup menjamur dan laris di sekitar kampus dan kos-kosan yakni usaha laundry. 

Bukan tanpa alasan, ini karena para mahasiswa maupun pekerja yang menghuni kos-kosan biasanya tidak punya banyak waktu untuk mencuci pakaian. Alhasil, jasa laundry pun menjadi pilihan yang paling tepat untuk meringankan aktivitas mereka. 

Namun, Anda yang ingin membuka bisnis laundry di dekat kampus dan kos-kosan tetap perlu mencari lokasi paling strategis dan mudah terkekspos oleh masyarakat. 

3. Kawasan komersial atau perkantoran

Opsi lokasi lainnya yang cukup potensial untuk membuka bisnis laundry adalah di sekitar perkantoran dan area komersial. 

Sebab berbagai bisnis di area komersial, misalnya restoran, hotel, toko, pusat perbelanjaan, maupun kantor, kerap membutuhkan jasa laundry untuk kepentingan-kepentingan perusahaan. 

Misalnya, jasa laundry untuk hotel yang melayani segala keperluan pencucian sprei, sarung bantal, bed cover, gorden, keset, handuk, dan sebagainya. 

Hal ini ternyata turut menjadi keuntungan bisnis laundry karena memiliki target pasar yang cukup banyak. Tak selalu di area tempat tinggal, bahkan di kawasan perkantoran dan komersial pun jasa laundry tetap dilirik dan dibutuhkan.

4. Kawasan apartemen, rumah susun, dan kondominium

Sebagaimana perumahan, area tempat tinggal lainnya seperti apartemen, rumah susun, maupun kondominium pun dapat jadi lahan basah bagi pebisnis laundry. 

Terlebih karena tempat tinggal seperti ini biasanya memiliki area yang tidak terlalu besar, bahkan beberapa unit tidak memiliki mesin cuci maupun ruangan untuk menjemur. 

Itulah mengapa kebanyakan masyarakat yang tinggal di apartemen, rumah susun, maupun kondominium lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry karena kepraktisannya.

Keberhasilan Bisnis Laundry Berkat Pemilihan Lokasi yang Tepat

Modal untuk memulai bisnis laundry dan strategi promosi yang menarik memang sangat dibutuhkan dan penting untuk kesuksesan bisnis laundry. 

Akan tetapi, faktor lain yang tak kalah penting dan turut jadi penentu keberhasilan usaha Anda adalah pemilihan lokasi. 

Pastikan Anda menggunakan strategi dalam memilih lokasi, misalnya seperti yang dijelaskan dalam artikel ini, agar potensi keberhasilan bisnis laundry yang Anda rintis semakin terbuka lebar.

Jika usaha laundry Anda beroperasi di lokasi yang tepat, maka peluang bisnis ini untuk mudah diakses masyarakat serta ramai peminat pun lebih besar. 

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memilih Lokasi Bisnis Laundry

jenis-jenis usaha laundry

Kebalikan dari apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda sebaiknya menghindari beberapa kesalahan dalam memilih lokasi bisnis laundry. Berikut potensi kesalahan dan penjelasannya:

1. Memilih lokasi yang tidak sesuai dengan target pasar

Tanpa target pasar yang tepat, keberhasilan bisnis laundry Anda mungkin tidak akan optimal atau bahkan tidak berkembang seperti yang seharusnya. 

2. Mengabaikan tingkat persaingan

Memiliki kompetitor bisnis di area yang sama bisa jadi tanda bahwa permintaan masyarakat terkait jasa atau layanan di bidang ini cukup tinggi. 

Namun, adanya persaingan bisnis yang terlalu banyak ternyata dinilai kurang baik karena dapat memengaruhi pangsa pasar. 

Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk tetap mempertimbangkan seberapa banyak pesaing yang serupa dengan bisnis Anda. 

Bahkan, akan lebih baik lagi bila Anda bisa menonjolkan keunggulan bisnis laundry Anda dibandingkan yang lain. Misalnya, dengan membuat strategi pemasaran bisnis laundry yang unik, memberikan diskon di tanggal tertentu, dan sebagainya.

3. Mengabaikan tingkat infrastruktur penting

Mengedepankan lokasi yang dinilai sesuai tapi mengesampingkan infrastruktur yang penting bukanlah pilihan tepat. 

Sebab bagaimana pun, akses air bersih yang memadai, listrik yang stabil, serta internet sangat dibutuhkan untuk menunjang operasional usaha laundry. 

Jika salah satu atau lebih dari ketiganya tidak tersedia atau kualitasnya kurang baik, Anda sebaiknya mempertimbangkan ulang untuk memilih lokasi tersebut sebagai tempat usaha laundry.

Bagaimana ukuran atau luas tempat untuk usaha laundry?

Luas tempat yang ideal untuk usaha laundry sebenarnya tergantung dari seberapa besar bisnis yang Anda jalankan. Hal ini berpengaruh pada jumlah mesin cuci dan mesin pengering yang digunakan, area setrika, area penyimpanan, dan lainnya. 

Supaya lebih aman dan memadai, luas ruko standar yakni sekitar 4–5 meter dengan panjang sekitar 9–15 meter cocok untuk usaha laundry. Dengan begitu, luas total tempat untuk usaha laundry kurang lebih berkisar 40–48 meter.

Bagaimana contoh lokasi tempat usaha laundry yang ideal?

Lokasi yang dekat dengan kawasan tempat tinggal, ramai, punya akses yang mudah, bahkan dekat dengan berbagai pertokoann bisa jadi ciri ideal sebagai tempat usaha laundry. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download