BlogPemilik PropertiFinansialStrategi Pemasaran Bisnis Laundry
0
0

Strategi Pemasaran Bisnis Laundry

Dipublikasikan oleh Karinta Ariani dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Sep 30, 2024

9 menit membaca

Copied to clipboard
strategi pemasaran bisnis laundrytop-right-banner

Meningkatnya gaya hidup masyarakat yang semakin sibuk membuat bisnis laundry terus berkembang pesat. Coba perhatikan, dalam satu area perumahan atau apartemen biasanya ada lebih dari dua jasa laundry yang tersedia. Ini menandakan bisnis laundry terus mengalami peningkatan permintaan. Oleh karena itu, strategi pemasaran bisnis laundry yang tepat perlu diterapkan saat Anda memulai bisnis laundry. Tujuannya tentu untuk menarik dan mempertahankan pelanggan, hingga membedakan dari kompetitor yang akhirnya bisa meningkatkan keuntungan. Melihat pentingnya strategi pemasaran bisnis laundry, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Memahami Target Pasar

strategi pemasaran bisnis laundry

Memahami target pasar laundry menjadi poin penting pertama dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif.

Ini karena setiap segmen pasar memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda. Dengan memahami target pasar laundry, Anda bisa merancang layanan, harga, dan promosi yang tepat.

Segmentasi pasar membantu Anda untuk fokus pada layanan khusus. Sebagai contoh, layanan ekspres jika ada di area perkantoran atau paket laundry murah untuk mahasiswa.

Dengan menyesuaikan pada segmentasi pasar yang tepat, Anda bisa menentukan jenis-jenis bisnis laundry mana yang akan Anda coba.

Nantinya, strategi pemasaran bisnis laundry Anda menjadi tepat sasaran. Dengan begitu bisnis laundry Anda mampu menarik lebih banyak pelanggan.

Pilih Lokasi Strategis dan Optimalkan Layanan

Memilih lokasi yang strategis membuat lokasi bisnis laundry Anda mudah dilihat dan dijangkau. Oleh karena itu, penting untuk memilih lokasi strategis untuk bisnis laundry. 

Selain itu, Anda juga perlu mengoptimalkan layanan pada bisnis laundry Anda. Caranya dengan melakukan diversifikasi layanan laundry. Sesuaikan dengan area bisnis yang Anda bangun.

Jika di perumahan, jangan hanya membuka bisnis laundry kiloan. Namun, buka juga jasa laundry satuan untuk barang seperti karpet, stroller, hingga boneka.

Anda juga bisa memberikan layanan laundry antar jemput. Ini bisa menjadi strategi pemasaran yang bagus karena pelanggan bisa menggunakan jasa Anda tanpa perlu datang ke lokasi. Layanan ini akan sangat berguna untuk mereka dengan jadwal yang padat.

Berencana sewa ruko di lokasi yang strategis? Tentunya biaya sewa ruko di lokasi premium akan jauh lebih mahal. Untuk itu, persiapkan modal lebih ya.

Gunakan Media Sosial untuk Promosi

strategi pemasaran bisnis laundry
Sumber: pexels.com

Promosi laundry di media sosial sangat penting karena bisa menjangkau audiens yang lebih luas dengan biaya yang lebih rendah. Selain itu, calon konsumen Anda juga bisa lebih mudah melihat servis maupun testimoni jasa laundry yang Anda miliki.

Hal ini tentu menjadi kelebihan karena selain membangun brand awareness juga menjadi nilai plus yang mungkin tak dimiliki pesaing Anda. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok untuk mempromosikan usaha Anda.

Buatlah konten media sosial bisnis laundry secara rutin untuk meningkatkan followers dan engagement dari audiens Anda. Di dalamnya, Anda bisa membuat konten promo bulanan yang bisa tetap mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru.

Testimoni pelanggan berupa screenshoot chat whatsapp atau video kompilasi pelanggan juga bisa Anda unggah untuk menambah kredibilitas usaha laundry Anda. Ini karena biasanya pelanggan lebih percaya pada testimoni pelanggan lain yang sudah menggunakan jasa bisnis laundry Anda.

Selain konten berjualan, Anda juga bisa membuat konten yang sifatnya informasional. Sebagai contoh, konten cara menyetrika dengan rapi, tutorial mencuci bahan tertentu, atau bahkan konten di balik layar proses laundry.

Oleh karena itu, salah satu modal untuk memulai bisnis laundry yang juga penting adalah ponsel yang mumpuni untuk membuat konten dengan kamera yang jernih. Dengan begitu, pemasaran digital laundry Anda bisa dimaksimalkan.

Baca juga: Peralatan Usaha Laundry

Manfaatkan Google My Business

Strategi pemasaran bisnis laundry

Google My Business adalah platform gratis dari Google yang memungkinkan pemilik usaha untuk membuat profil bisnis mereka muncul di hasil pencarian Google dan Google Maps.

Dengan Google My Business, Anda dapat menampilkan informasi penting seperti alamat, jam operasional, nomor telepon, foto, ulasan, serta tautan ke situs web atau layanan pemesanan. 

Platform Google ini merupakan salah satu bagian dari SEO lokal bisnis laundry. Ini adalah teknik untuk mengoptimalkan website bisnis, terutama pada Google. 

Sebagai contoh, jika pengguna Google mencari kata kunci “laundry baju terdekat”, maka Google akan memberikan hasil berbagai jasa laundry yang lokasinya berada di sekitar user.

Inilah tujuan dari SEO lokal agar bisnis Anda masuk ke daftar jejeran tersebut. Dengan begitu, hal ini membantu memudahkan calon pelanggan menemukan toko laundry Anda. 

Pasalnya, data Google menunjukkan lebih dari 40 persen usernya menggunakan pencarian lokal. Dari pencarian tersebut, 30 persennya berpotensi untuk melakukan pembelian.

Selain itu, adanya fitur rating dan ulasan pelanggan laundry membuat calon pelanggan bisa melihat kualitas bisnis laundry Anda. Dengan bantuan Google My Business Anda bisa memaksimalkan keuntungan bisnis laundry tanpa keluar biaya tambahan.

Program Loyalitas dan Diskon Pelanggan

Pernah mendengar istilah mempertahankan sesuatu lebih sulit daripada mendapatkannya? Istilah tersebut bisa dijadikan acuan dalam bisnis Anda, lho! Dengan begitu, Anda akan selalu ingat untuk menjaga loyalitas pelanggan yang telah Anda miliki.

Loyalitas pelanggan bahkan bisa menjadi teknik pemasaran word of mouth paling efektif. Ini karena pelanggan yang terpuaskan tak segan mempromosikannya pada rekan lainnya.

Untuk itu, Anda bisa menerapkan beberapa program loyalitas laundry sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif. Salah satu program yang bisa dicoba adalah dengan memberikan diskon pada pelanggan setia laundry Anda.

Tak hanya itu, Anda bisa memulai dari menggaetnya untuk menjadi member. Misal, memberikan layanan gratis antar jemput yang hanya berlaku untuk member. 

Selain itu, keuntungan lain menjadi member misalnya bisa mendapatkan 1 kali gratis cuci jika mereka sudah mencapai 10 kali mencuci. Berbagai program ini bisa menjadi strategi mempertahankan pelanggan laundry bahkan mendatangkan banyak pelanggan baru.

Jika Anda butuh tempat bisnis yang juga bisa ditinggali, sewa rumah mungkin bisa jadi pilihan. Dengan begitu, proses operasional menjadi lebih mudah untuk dikendalikan dari dekat.

Optimalkan SEO untuk Website Bisnis Laundry

Strategi pemasaran bisnis laundry
Sumber: pexels.com

Sebuah data dari Statcounter menyatakan, secara global, sebanyak 97,33% pengguna internet menggunakan Google untuk mencari informasi. Oleh karena itu, memaksimalkan SEO dalam bisnis laundry bisa jadi strategi pemasaran yang patut dicoba.

Memiliki website yang SEO friendly membuat visibilitas website Anda untuk muncul di mesin pencarian berpotensi besar. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang tahu bisnis laundry Anda. Lantas, apa saja isi website bisnis laundry?

Hal yang tak boleh dilewatkan adalah profil bisnis yang mencakup nama usaha, alamat, nomor kontak, nomor yang dapat dihubungi, hingga email.

Kemudian jenis layanan laundry beserta penjelasan setiap layanan yang ditawarkan supaya pengguna bisa memahami dan memilih layanan yang sesuai. 

Dalam SEO on page, Anda bisa menyajikan konten-konten yang sifatnya informasional atau tutorial dalam bentuk tulisan.

Dengan begitu, ketika ada user yang mencari informasi tersebut, konten Anda bisa muncul di hasil pencarian Google dan diklik oleh pengguna.

Langkah selanjutnya, optimalkan pula konten website usaha laundry Anda secara SEO off page.

SEO off page artinya beragam upaya yang dilakukan di luar konten. Dengan kata lain cara promosi website melalui upaya backlink, link building, dan sebagainya.

Saat ini, sudah banyak platform penjualan backlink yang ada di pasaran. Anda bisa mencari backlink-backlink tepercaya dari sana. Cara ini bisa menempatkan website di peringkat atas mesin pencarian. 

Jika Anda kesulitan untuk memahami teknis optimasi SEO bisnis laundry, Anda bisa merekrut pekerja lepas untuk mengerjakan ini semua.

Baca Juga: Kelemahan Bisnis Laundry

Kolaborasi dan Kerjasama

Anda bisa mengajukan kerjasama bisnis laudry Anda dengan bisnis lain, misalnya hotel, restoran, hingga salon kecantikan.

Contoh kolaborasi yang bisa dilakukan misalnya bekerja sama dengan salon kecantikan. Anda bisa menyediakan layanan untuk mencuci handuk kecil yang biasa dipakai di salon.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menyediakan voucer diskon khusus untuk pelanggan salon tersebut. 

Kolaborasi bisnis laundry ini nantinya tidak hanya memperkuat hubungan antarbisnis, tetapi juga meningkatkan kesadaran calon pelanggan akan keberadaan jasa laundry Anda.

Untuk itu, saat memilih lokasi bisnis laundry, Anda mungkin bisa melihat sekitar, kira-kira tenant apa saja yang ada di sekitar Anda.

Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran kira-kira kemitraan bisnis laundry apa yang bisa Anda jalankan nantinya.

Berikan Pelayanan Berkualitas

Strategi pemasaran bisnis laundry
Sumber: pexels.com

Namun kembali lagi, secanggih apa pun trik pemasaran yang Anda jalankan, hal terpenting yang perlu Anda jaga adalah kualitas pelayanan laundry.

Dengan pelayanan prima pada bisnis laundry, pelanggan akan dengan sukarela memberikan review positif, baik di ulasan Google My Business, dari mulut ke mulut, hingga akun media sosial Anda.

Untuk itu, Anda tetap perlu menjaga standar pelayanan tetap tinggi dalam bisnis laundry. Namun, ini tidak bisa dicapai tanpa adanya beberapa usaha berikut ini, seperti:

  • Penggunaan peralatan dan bahan berkualitas.
  • Pelatihan karyawan, terutama untuk bahan-bahan khusus yang cukup sensitif.
  • Melakukan pengecekan terhadap hasil cucian untuk memastikan tidak ada kerusakan pada bahan atau noda yang tertinggal.
  • Memastikan laundry selesai tepat waktu.
  • Memberikan layanan pelanggan yang baik, misalnya membalas pesan dengan cepat dan ramah serta menanggapi keluhan dan memberikan solusi terbaik.

Dengan menjaga semua aspek ini, bisnis laundry Anda akan mempertahankan reputasi yang baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan laundry.

Bagaimana cara mempromosikan usaha laundry?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan usaha laundry, di antaranya:

  • Memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Tiktok.
  • Menggunakan Google My Business untuk memudahkan calon pelanggan menemukan lokasi usaha Anda.
  • Menawarkan promosi dan diskon untuk pelanggan baru maupun lama
  • Bekerja sama dengan bisnis lokal di sekitar untuk menjangkau pelanggan baru.
  • Membagikan flyer atau brosur di perumahan atau kos-kosan

Dengan kombinasi strategi online dan offline, bisnis laundry Anda bisa lebih dikenal dan menarik lebih banyak pelanggan.

Apa saja yang menjadi hambatan dalam bisnis laundry?

Dalam bisnis laundry, ada beberapa hambatan yang bisa terjadi. Umumnya, paling sering adalah pelayanan yang tidak memuaskan. Saat pelanggan merasa tidak puas dalam bisnis laundry karena kesalahan satu waktu, ini bisa berakibat buruk.
Pelanggan bisa memberikan review negatif baik di media sosial maupun ulasan di Google. Hal ini tentu saja bisa membuat calon pelanggan lain yang melihatnya berpikir dua kali untuk menggunakan jasa Anda.
Selain itu, strategi pemasaran yang tidak maksimal juga bisa menghambat bisnis. Jika Anda tidak memanfaatkan media sosial dan Google My Business dan hanya mengandalkan orang yang tahu bisnis karena melihat toko Anda, ini tentu tidak bisa memaksimalkan profit. 
Padahal per bulannya, ada biaya operasional yang harus Anda keluarkan. Semakin sedikit orang yang menggunakan jasa Anda, keuntungan yang didapat pun semakin rendah.

Bagaimana strategi pemasaran bisnis laundry kiloan?

Untuk laundry kiloan, strategi pemasaran yang cocok sebenarnya tidak jauh berbeda. Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai bahan promosi, Google My Business, dan juga memberikan diskon pelanggan.
Biasanya, pelanggan laundry kiloan datang dengan jumlah cucian yang cukup banyak. Untuk itu, Anda bisa memberikan promo bundling sejumlah tertentu, misalnya, cuci 10 kg gratis 1 kg.
Anda juga bisa memberikan diskon referral. Sebagai contoh, jika pelanggan membawa 1 pelanggan lain, dia akan mendapatkan gratis cuci 1 kg misalnya. Cara-cara ini dilakukan untuk menarik pelanggan baru di sekitar Anda.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download