BlogPemilik PropertiDesain Hunian16 Jenis Tanaman Indoor Pembersih Udara untuk Rumahmu
0
0

16 Jenis Tanaman Indoor Pembersih Udara untuk Rumahmu

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Apr 6, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kualitas udara di Indonesia, terutama di Jakarta, terus memburuk sejak 17 Juni 2022. Pastinya, udara yang tidak sehat dapat membahayakan tubuh, apalagi jika dihirup setiap hari. Alergi, batuk, sesak napas, pusing, dan kekeringan pada tubuh, seperti mata berair, hidung gatal, dan tenggorokan kering, dapat disebabkan oleh pencemaran udara, yang bahkan mungkin menyebabkan kanker paru-paru. Berikut ini Pinhome akan bahas tanaman indoor pembersih udara yang bisa kamu rawat di rumah.

Sudah jelas bahwa ingin menghindari hal-hal buruk tersebut, bukan? Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menanam tanaman hias yang merupakan pembersih udara alami di dalam rumah.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Apa Saja Jenis Tanaman Indoor Pembersih Udara Itu?

Sekarang, tidak perlu bingung memilih tanaman indoor pembersih udara mana yang akan menjernihkan udara di dalam rumah, berikut daftar tanaman hias pembersih.

1. Sirih Gading

Sirih gading adalah tanaman yang digunakan untuk membersihkan udara karena daunnya memiliki campuran warna hijau dan kuning yang bersinar dari lapisan lilinnya. Menanam sirih gading ini dalam pot kecil atau menggunakan media air. Cukup masukkan batu hias ke dalam pot transparan dan tambahkan air secukupnya. Tanaman sirih gading akan terlihat menawan dengan cara ini.

2. Sansevieria atau Lidah Mertua

Pasti sudah tidak asing dengan tanaman ini, bukan? Ternyata, tanaman ini juga dapat menjadi pembersih udara yang baik dan membuat rumah lebih sejuk. Daun tanaman ini memanjang tipis dengan ujung runcing. Namun, harus berhati-hati saat menyiramnya. Hindari menyiram dengan terlalu banyak air karena dapat menyebabkan akar membusuk dengan mudah.

3. Lidah Buaya

Source : Pixabay

Tanaman lidah buaya sering digunakan untuk membuat produk kecantikan, tetapi juga bisa menggunakannya untuk membersihkan udara di rumah. Tanaman ini menyukai paparan cahaya matahari, jadi letakkan di dekat jendela rumah. Memotong daun yang terlalu panjang untuk digunakan dalam perawatan kulit atau makanan.

4. Aglaonema Tunggal

Siapa yang suka mengumpulkan aglaonemai? Para pecinta tanaman hias, terutama ibu rumah tangga, terus mengejar tren merawat aglaonema. Tanaman satu ini tidak hanya indah dipandang, tetapi juga dapat menyaring udara kotor dan membuat suhu di rumah lebih sejuk.

5. Palem Kuning

Pohon palem adalah tanaman hias yang indah untuk menghiasi rumah. Ada berbagai jenis yang digunakan, mulai dari yang besar hingga yang kecil. Memilih palem kuning untuk di dalam ruangan adalah pilihan yang tepat karena selain memiliki tampilan yang indah, tanaman ini juga bermanfaat untuk membersihkan udara.

6. Gerbera Daisy

Ternyata bunga cantik satu ini tidak hanya bisa menjadi tanaman pembersih udara tetapi juga menjadi dekorasi interior yang indah. Tanaman ini sangat menyukai matahari, memiliki warna yang indah memanjakan mata dan membuat merasa lebih rileks. Jadi, pastikan meletakkannya di dekat jendela.

7. Bunga Peace Lily

Ingin membuat udara bersih dan ruangan terlihat cantik sekaligus menciptakan suasana tenang di rumah? Tanaman Peace Lily adalah pilihan yang tepat. Peace Lily dapat menyaring udara kotor hingga senyawa berbahaya. Merawat bunga hias ini dengan meletakkannya di tempat yang terang dan memastikan tanahnya selalu lembap.

8. English Ivy, Tanaman Pembersih Udara Unik

tanaman indoor pembersih udara
Source : Pixabay

Tanaman ini memiliki daun dengan bentuk yang unik. English Ivy tidak hanya cantik, tetapi juga bisa menghilangkan zat kimia berbahaya di udara dan menyejukkan rumah. Selama mendapatkan cahaya matahari yang cukup, English Ivy dapat tumbuh di tempat teduh. Tanaman ini dapat bertahan selama bertahun-tahun jika dirawat dengan baik.

9. Rubber Tree, Tanaman Pembersih Udara Mudah Dirawat

Rubber Tree adalah tanaman pembersih udara yang tidak memerlukan perawatan yang rumit. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menyerap zat berbahaya dari udara dan berfungsi sebagai pelembab alami. Pastikan untuk memberinya nutrisi yang baik agar Rumber Tree dapat tumbuh subur.

10. Bunga Krisan

tanaman indoor pembersih udara
Source : Pixabay

Bunga krisan adalah salah satu tanaman yang dapat menyaring racun dan senyawa berbahaya dari lem, deterjen, dan plastik yang bertebaran di udara. Mereka juga dapat mempercantik dapur dan ruang tamu di rumah.

11. Spider Plant, Tanaman Pembersih Udara Mirip Laba-laba

Tanaman laba-laba disebut karena bentuk daunnya yang tipis dan memanjang dengan ujung runcing yang mirip dengan kaki laba-laba. Tanaman ini dapat menghilangkan zat-zat berbahaya di udara di rumah, mulai dari karet, kertas koran atau majalah hingga plastik. Uniknya, anak tanaman ini dapat dengan mudah ditanam kembali di pot lain.

12. Chinese Evergreen

Jika memiliki dekorasi rumah ala tropis, menambahkan tanaman Chinese Evergreen untuk melengkapinya dan menghilangkan udara kotor di dalam rumah. Tanaman ini dapat membersihkan udara dan membuatnya lebih sejuk. Meletakkannya di tempat yang lembab dan tidak terlalu terang, seperti kamar mandi atau dapur rumah.

13. Dragon Tree

Tanaman yang indah dengan daun runcing dan garis merah cerah ini juga bisa membersihkan udara di rumah. Meskipun menanam Dragon Tree di dalam pot, pastikan  menggunakan pot yang besar dan memiliki langit-langit rumah yang tinggi.

14. Flamingo Lily

tanaman indoor pembersih udara
Source : Pixabay

Tanaman cantik yang satu ini unik dengan bunga berbentuk hati warna merah berkilau ini juga bisa Pins gunakan untuk menyaring udara kotor di rumah. 

15. Palem Bambu

tanaman indoor pembersih udara
Source : Pixabay

Yang satu ini merupakan pohon palem lainnya yang cocok untuk kamu jadikan tanaman pembersih udara adalah palem bambu. Tanaman ini bisa menyaring udara kotor dan senyawa berbahaya sehingga lebih aman jika dihirup.

16. Spider Plant

Nama spider plant dipilih karena bentuk daunnya yang menyerupai kaki laba-laba. Tanaman ini bagus untuk membersihkan udara dari berbagai zat kimia beracun. Itu sebabnya, spider plant juga kerap ditaruh pada area kantor maupun rumah.

Itu dia tanaman indoor pembersih udara yang wajib kamu ketahui, semoga bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download