BlogPemilik PropertiTitip Jual Sewa RumahIni 6 Cara Jual Tanah Agar Cepat Laku!

Ini 6 Cara Jual Tanah Agar Cepat Laku!

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Jul 1, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard

Tanah adalah properti yang dapat diperjualbelikan. Namun menjual tanah bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan mudah. Alhasil, banyak orang mencari tips menjual propertinya dengan cepat di berbagai platform. Pinhome akan jabarkan mengenai cara jual tanah cepat laku, Pins!

Sebanyak properti tersebut termasuk yang paling diminati baik oleh investor maupun pencari apartemen. Namun menjual tanah dengan cepat tidaklah mudah. Banyak hal yang perlu diperhatikan, termasuk teknik pemasaran yang efektif.

Baca juga: 7 Tips dan Cara Menata Interior Ruko untuk Tempat Tinggal

Cara Jual Tanah Agar Cepat Laku

 Teknik pemasaran yang efektif merupakan  aspek penting dalam  menjual tanah dengan cepat.  Jadi, jika Kamu sedang mencari cara untuk menjual tanah Kamu dengan cepat, berikut beberapa hal yang bisa Kamu lakukan:

1. Survey Dahulu Tanah

Source : Pixabay

Sebelum menjual tanah, harus dilakukan survey terlebih dahulu terhadap areal dimana tanah itu berada. Ini membantu menentukan harga rata-rata properti yang dijual. Ini akan memberi Kamu gambaran dan pedoman mengenai harga yang akan ditetapkan nantinya.

2. Carilah Kelebihan dari Tanah

Carilah Kelebihan Tanah Cara cepat menjual tanah selanjutnya adalah dengan mencari kelebihan tanah yang akan Kamu jual. Dengan mengetahui keunggulan properti yang dijual, Kamu bisa melakukan promosi secara optimal. Alhasil, tanah tersebut bisa cepat terjual.

3. Mempersiapkan Tanah dengan Baik

Persiapkan properti Kamu dengan baik Kamu harus mempersiapkan properti Kamu dengan baik untuk dijual. Salah satu pertimbangan calon pembeli biasanya adalah lokasi dan sifat properti potensial. Persiapannya tidak harus serumit menjual rumah. Jaga properti Kamu tetap bersih, menarik, dan terawat.

Jangan sampai pembeli jadi tidak jadi membeli karena melihat kondisi tanah yang tidak begitu baik dan bagus. Maka dari itu, pastikan tanah sudah kamu persiapkan dengan baik ya, Pins!

Baca juga: 17 Inspirasi Desain Rumah Plus Toko Minimalis

4. Mengenali Calon Pembeli

Source : Pixabay

Saat menjual tanahe, salah satu langkah penting yang  perlu Kamu lakukan untuk memastikan penjualan cepat adalah memahami kebutuhan pembeli. Temukan semua informasi yang Kamu perlukan untuk mengedukasi pembeli dan membuat mereka merasa  bahwa properti Kamu tepat untuk mereka.

Pembeli dapat mengambil keputusan cepat dalam membeli tanah jika mereka memiliki informasi yang cukup tentang properti yang akan dijual.

5. Memanfaatkan Media Sosial dan Platform Jual Beli Properti

Di era digital  saat ini, Kamu bisa menjual properti Kamu secara online dengan menggunakan media sosial dan portal jual beli tanahe. Beriklan di  media sosial dan portal jual beli properti juga sangat hemat biaya dan memungkinkan Kamu menjangkau target pasar tertentu.

6. Jual Tanah dengan Melalui Bank

Source : Pixabay

Selain menggunakan media sosial dan portal jual beli tanahe, Kamu juga bisa menjual tanah melalui bank. Bank kemudian bertindak sebagai perantara antara Kamu dan calon pembeli properti.

 Berikut beberapa persyaratan dokumentasi yang biasanya perlu disiapkan saat menjual tanah melalui bank.

  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Fotokopi Surat Nikah (jika sudah menikah)
  • Membawa Sertifikat Hak Milik atau Sertifikat Hak Guna Bangunan atau Sertifikat Hak Guna Usaha atau Akta Notaris atas lahan

Platform yang Bisa Kamu Gunakan Agar Jual Tanah

Adanya kemajuan teknologi membuat proses jual beli bisa semakin mudah. Ada banyak platform yang bisa menjadi tempat bertemunya penjual dan para calon pembeli, sehingga tanah bisa cepat terjual. Berikut beberapa cara agar tanah terjual dengan cepat. 

1. Media Sosial

Source : Pixabay

Media sosial memiliki jumlah pengguna yang sangat besar. Pengguna ini mungkin termasuk calon pembeli yang tertarik menjadi pemilik properti Kamu berikutnya. Gunakan semua platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok. Postingan iklan Kamu harus menyertakan deskripsi yang jelas tentang properti Kamu, serta alamat dan informasi kontak calon pembeli.

2. Agen Properti

Jika memang ingin segera mendapatkan keuntungan dari tanah itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa agen properti. Mereka pasti sudah memiliki jaringan yang luas, sehingga potensi tanah terjual semakin besar. 

Namun kamu harus ingat, menggunakan jasa agen properti berarti akan ada biaya yang kamu keluarkan sebagai fee untuk mereka. Kamu bisa memasukkan biaya itu ke dalam harga akhir yang kamu tentukan agar tetap mendapat keuntungan.

Kemudian, hubungi agen Kamu dan berikan informasi tentang lokasi, ukuran, dan harga jual properti. Kamu tidak lagi harus mengelola sendiri penjualan properti Kamu, meskipun biaya yang dikeluarkan akibat biaya perantara lebih tinggi. Selain tanah, agen properti juga dapat membantu Kamu menemukan rumah idaman yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Itulah dia pembahasan mengenai cara jual tanah cepat laku, semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca juga: Tips Mendesain Rumah Toko Yang Fungsional

Feature Source Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download