BlogPemilik Properti5 Cara Mengatasi Listrik Korslet di Rumah

5 Cara Mengatasi Listrik Korslet di Rumah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Sep 30, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard

Apakah Anda pernah mengalami korsleting listrik di rumah? Situasi ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan sering kali menimbulkan kekhawatiran. Namun, tetap tenang adalah langkah pertama yang penting untuk mengatasi masalah ini. Meskipun terdengar rumit, sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi korsleting listrik di rumah. Dalam artikel ini, Pinhome akan membagikan lima langkah praktis yang bisa Anda coba saat menghadapi masalah listrik korslet.Simak artikel ini untuk mengetahuinya!

Apa Itu Listrik Korslet

Korsleting listrik terjadi ketika arus pendek muncul karena aliran listrik menyimpang atau melebihi kapasitas kabel yang terpasang. Masalah kelistrikan seperti ini bisa terjadi kapan saja.

Pins dapat mengetahui ciri-ciri dari korsleting listrik seperti munculnya asap pada perangkat elektronik, adanya bau seperti benda yang terbakar, munculnya percikan api, dan bahkan sampai terdengar suara ledakan.

Penyebab Listrik Korslet

Korsleting listrik merupakan hal wajar yang bisa saja terjadi di rumah. Pada keadaan seperti ini biasanya switch MCB akan turun sebagai pengamanan pertama secara otomatis bila terjadi korsleting listrik. Penyebabnya beragam dan tentunya sangat umum, di antaranya adalah:

1. Penggunaan Kabel yang Tidak Berstandar

Penyebab listrik korslet yang pertama adalah penggunaan kabel yang tidak berstandar. Kabel yang tidak berstandar ini dimaksudkan ukuran dan kapasitas kabel yang tidak sesuai dengan arus listrik yang dihantarkannya. Sehingga ketika ukuran dan kapasitas kabel yang kecil daripada arus listrik yang dihantarkan, terjadilah kelebihan muatan listrik.

Baca juga: 5 Penyebab Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa, Begini Solusinya!

2. Instalasi Listrik yang Keliru

Penyebab listrik korslet yang kedua adalah instalasi listrik yang keliru. Contoh instalasi listrik yang keliru seperti penyambungan kabel yang tidak rapi, hingga pemasangan isolator pada kabel yang tidak rapat. Hal tersebut yang kemudian akan menyebabkan korsleting listrik di rumah.

3. Kerusakan pada Lampu maupun Perangkat Elektronik

Penyebab listrik korslet yang ketiga adalah terdapat kerusakan pada lampu maupun perangkat elektronik di rumah. Hal ini terjadi karena tidak semua pabrikan menggunakan bahan-bahan berkualitas baik dan memenuhi standar keamanan, sehingga memiliki kemungkinan untuk lebih mudah rusak.

Baiknya Pins memilih perangkat yang berlabel SNI agar lebih terpercaya.

Baca juga: Catat! Begini 4 Cara Cek Daya Listrik Rumah dengan Mudah

4. Stop Kontak Kelebihan Muatan

Stop kontak yang kelebihan muatan merupakan salah satu penyebab umum korsleting listrik di rumah. Hal ini terjadi ketika terlalu banyak perangkat elektronik dihubungkan ke satu stop kontak atau terminal listrik, sehingga melebihi kapasitas daya yang dapat ditampung oleh stop kontak tersebut. Beban listrik yang berlebihan ini dapat memicu panas berlebih pada kabel, menyebabkan isolasi kabel meleleh, dan akhirnya memicu korsleting atau bahkan kebakaran.

Untuk mencegah hal ini, pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak perangkat berdaya tinggi secara bersamaan pada satu stop kontak. Sebaiknya gunakan terminal tambahan yang dilengkapi dengan pemutus arus otomatis (circuit breaker) untuk melindungi perangkat dan instalasi listrik di rumah. Memastikan distribusi beban listrik yang merata adalah langkah penting dalam menjaga keamanan sistem kelistrikan rumah Anda.

5. Saklar atau Stop Kontak Terkena Air

Penyebab listrik korslet yang kelima adalah saklar atau stop kontak yang terkena air. Saklar, stop kontak, atau sumber listrik yang terkena air, dapat menjadi penyebab korsleting listrik di rumah Pins. Oleh karena itu, cara preventifnya Pins harus menjauhkan segala benda yang mengandung air jauh dari peralatan atau sumber listrik di rumah.

Baca juga: Cara Mengatasi Listrik Mati Hidup Sendiri dan Penyebabnya!

6. Aliran Listrik Terkena Suhu Tinggi

Penyebab listrik korslet yang terakhir adalah aliran listrik terkena suhu tinggi. Paparan panas yang berlebih pada aliran listrik akan berpotensi menimbulkan api. Oleh karena itu, disarankan bagimu Pins untuk menjauhi peralatan listrik atau sumber listrik dari sumber panas.

Cara Mengatasi Listrik Korslet

Kerugian yang dapat ditimbulkan dari listrik korslet memang terdiri dari dua poin utama, yaitu menimbulkan bahaya atau tidak. Hal ini menjadi cara utama mendeteksi ketika terjadi hubungan arus pendek atau korslet listrik di rumah. 

Bila ada tanda bahaya seperti timbul percikan api, Pins bisa menggunakan alat pemadam kebakaran rumah tangga untuk mengatasinya, namun bila tidak ada tanda bahaya seperti hanya listrik turun, Pins bisa mulai mencari penyebab utamanya. Nah, seperti apa cara mengatasi listrik korslet di rumah, berikut ulasannya!

1. Pastikan MCB Sudah dalam Keadaan Turun

cara mengatasi listrik konslet
Source : Nesaba Media

Pemutus rangkaian listrik yang terjadi dikarenakan adanya hubungan listrik singkat disebut dengan MCB. Miniature Circuit Breaker (MCB) ini merupakan salah satu alat listrik yang mempunyai fungsi membuka dan menutup kontak listrik yang dialirkan pada hunian. 

Bila terjadi hubungan arus pendek di rumah, biasanya MCB sudah secara otomatis akan turun. Namun, cara pertama yang harus dilakukan adalah pastikan MCB dalam keadaan switch ke bawah atau turun.

Hal tersebut berguna untuk menghilangkan aliran listrik yang mengalir dalam hunian. Inilah mengapa peranan MCB cukup penting dalam proteksi kelistrikan pada hunian.

Baca juga: Mengenal Apa itu RCBO Serta Fungsinya untuk Keamanan Listrik Rumah

2. Cabutlah Colokan Listrik yang Mengalir ke Listrik

Source : IDNtimes

Langkah selanjutnya sebagai upaya aman bila terjadi korslet listrik adalah mencabut aliran-aliran listrik yang mengarah kepada stop kontak. Cara mengatasi listrik korslet di rumah ini menjadi tindakan pencegahan.

Matinya listrik secara langsung pun bisa merusak beberapa barang elektronik. Selain itu, usahakan untuk tidak melakukan pencolokan listrik secara masif pada satu lubang stop kontak seperti pada gambar di atas.

Hal tersebut dapat berbahaya dan sering menjadi penyebab dari aliran arus listrik pendek. Cara mengatasi korslet listrik ini cenderung sangat sederhana bukan, namun terkadang masih saja Pins abaikan.

3. Memeriksa Keseluruhan Alat Elektronik di Rumah

cara mengatasi listrik konslet
Source : iStock

Penurunan MCB secara otomatis yang menyebabkan listrik di rumah mati merupakan salah satu tanda ada gangguan dalam aliran listrik. Maka dari itu, saat terjadi mati lampu, Pins harus mengecek apakah MCB dalam keadaan turun atau tidak.

Bila MCB tetap dalam keadaan semula, itu artinya terdapat gangguan dari listrik pusat. Namun, bila keadaan switch MCB turun ini merupakan tanda-tanda korsleting listrik dalam hunian.

Tahapan selanjutnya, Pins hanya perlu mengecek apa ada yang janggal pada alat-alat elektronik di rumah. Kabel yang menghubungkan alat-alat seperti kompor listrik, televisi, charger handphone ke stop kontak sebaiknya di cek.

Bila terjadi bau gosong atau berubah warna pada sekitar stop kontak, berarti ada kerusakan. Segera perbaiki sebelum Pins pasang kembali.

Baca juga: Biaya Instalasi Listrik Rumah Terbaru

4. Mengganti Bohlam Lampu yang Rusak

Source : Shutterstock

Tidak hanya alat-alat elektronik saja yang bisa rusak, bohlam lampu pun sering ditemukan adanya kerusakan. Maka dari itu, bila penyebab utamanya adalah lampu, cara mengatasi korslet listriknya adalah dengan mengganti bohlam lampu.

Tanda-tandanya biasanya ada bunyi letupan kecil pada lampu yang mengakibatkan lampu padam ataupun lampu yang berkedip. Hal ini bisa Pins periksa pada saklar lampu karena bila masih dalam keadaan menyala, itu artinya ada hubungan arus pendek pada lampu.

Langkahnya, segera matikan saklar dan ganti bohlam baru yang lebih baik. Bisa jadi bohlam yang kamu pakai memiliki kualitas yang tidak baik. Namun, bila sudah diganti yang baru tetapi lampu masih tidak menyala, bisa jadi bagian kap lampu atau kedudukan lampu lah yang bermasalah.

5. Hubungi Ahli Pemeliharaan Listrik

cara mengatasi listrik konslet
Source : Unsplash

Bila beberapa cara sudah dilakukan dalam memastikan tidak adanya hal yang rusak namun MCB tidak bisa naik, kamu perlu ahlinya. Segera lakukan panggilan kepada PLN 123 ataupun mekanik yang ahli dalam instalasi listrik untuk memastikan apa yang menyebabkan adanya korsleting listrik.

Hubungan arus pendek bisa terjadi secara tak kasat mata, artinya adalah terjadi di dalam aliran instalasi listrik dan yang bisa memperbaikinya adalah ahlinya.

Hal tersebut bisa timbul pula dari gigitan tikus, bagian instalasi yang lembab, maupun adanya kebocoran pada bagian rumah yang menyebabkan tetesan air pada kabel listrik. Bila bagian tembaga pada kabel tidak ada pelindung luarnya, dan terkena air, korsleting bisa saja terjadi.

Cara mengatasi listrik korslet di atas perlu Pins perhatikan agar kelak bila terjadi pada hunian, kamu sudah bisa mengatasinya secara tenang, tanpa panik dan masalah terselesaikan. Semoga bermanfaat untuk kamu ya!

Baca juga:

Feature Image Source: Freepik

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download