BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Ide Desain Mezzanine Baja Ringan Hemat Ruang dan Kokoh
0
0

8 Ide Desain Mezzanine Baja Ringan Hemat Ruang dan Kokoh

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Apr 9, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mezzanine adalah lantai tambahan yang dipasang di antara lantai dasar, yang biasanya memiliki desain terbuka, dan langit-langit (plafon). Pembuatan elemen satu ini menambah ruang di dalam rumah tanpa harus membangun lantai permanen. Mezzanine pertama kali dipasang pada bagian paling bawah balkon di sebuah bangunan teater sekitar tahun 1705–1715, pemasangan mezzanine ini untuk mengurangi biaya perluasan area. Berikut Pinhome jabarkan mengenai desain mezzanine baja ringan.

Seiring berjalannya waktu, mezzanine mulai digunakan untuk rumah pribadi juga untuk kebutuhan kantor, pergudangan, dan industri. Dengan kemajuan teknologi saat ini, mezzanine dapat dibuat dengan berbagai macam material, seperti baja ringan. Apa saja keuntungan dari menggunakan baja ringan? Berikut keuntungan dan inspirasi untuk desain mezzanine baja ringan.

Kamu juga bisa menata ulang rumah di perumahan baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second di Kec Bandung dengan desain bergaya mezzanine. Lalu, jika Kamu ingin membangun rumah berselera minimalis di Pengajuan KPR.

Baca juga: 

Kelebihan Baja Ringan

Berikut ini kelebihan baja ringan untuk desain mezzaine, kamu juga bisa pakai atap baja ringan di rumah!

1. Bobotnya Ringan

Tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakannya karena beratnya yang ringan. Karena material ini tidak berdampak pada struktur dan bangunan yang sudah ada. Selain itu, proses pemindahannya akan lebih mudah, yang berarti pemasangan mezzanine akan lebih cepat.

2. Mudah dipasang

Dalam proses pemasangan baja ringan tidak hanya lebih mudah, tetapi juga mungkin lebih cepat karena tidak memerlukan proses pengecoran.

3. Desain Fleksibel

Baik posisi maupun model mezzanine yang terbuat dari baja ringan dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Selain itu, baja ringan yang diekspos tanpa cat akan tetap menarik dan mendukung konsep bangunan industrial modern.

Ide Desain Mezzanine

Berikut ini adalah ide desain dari desain mezzanine baja ringan:

1. Desain Mezzanine Minimalis

Source : Dribble

Desain ini sangat memperhatikan bagaimana ruang digunakan. Ruangan tetap terlihat luas, sehingga dapat bersantai dan tidur. Meja kerja minimalis ditempatkan di bagian bawah ruangan ini. Selanjutnya, sofa digunakan sebagai ruang tamu, sementara bagian atasnya digunakan sebagai kamar tidur. Kayu adalah bahan yang digunakan untuk membuat tempat tidur ini. Tangga terbuat dari material metal yang lebih kuat.

2. Desain Kamar Tidur Mezzanine dengan Teman

Source : Afamily

Ruangan desain kost ini memiliki dua kamar tidur dan area belajar yang cocok untuk dua orang. Ketika bangunan kost lebih panjang, desain ini cocok. Untuk memenuhi kebutuhan ruang tidur di area yang panjang ini, mezzanine dibangun. Meja panjang yang menempel di dinding berada di bagian bawahnya. Tinggal tambahkan dua kursi untuk ruang belajar. Menempatkan lemari di area yang masih kosong. Tentu saja untuk menyimpan pakaian.

3. Desain Kost Mezzanine Simpel

Source : Art Fasad

Meskipun tampilannya lebih sederhana, desain ini sangat berguna. Seperti biasa, tempat tidurnya dibiarkan di bagian atas. Selanjutnya, mezzanine di bawah langit-langit digunakan sebagai tempat bekerja atau dapur. Pada bagian bawah mezzanine terdapat sofa yang nyaman dan tempat belajar dan membaca.

4. Kost Mezzanine Gaya Industrial

Source : Cote Maison

Dalam desain kost mezzanine, gaya industrial dapat digunakan. Hanya perlu menggunakan baja ringan untuk tangga dan rangka mezzanine. Dengan bahan baja ringan, kesan industrial terlihat. Bagian mezzanine ini digunakan untuk istirahat dan belajar. Sementara bagian bawahnya terdiri dari tempat tidur, tempat makan, dan dapur.

5. Desain Mezzanine Serba Pink

Source : Youtube

Wanita akan sesuai dengan desain berwarna pink ini. Kamar tidurnya diletakkan di bawah. Di atas ranjang, mezzanine dibangun untuk menyimpan pakaian. Tempatkan sofa atau tempat duduk santai untuk melengkapinya. Letakkan TV di sisi lain dinding. Tempatkan ruang belajar di sisi lain. Tentu saja, gunakan perabot minimalis. Untuk membuatnya lebih menarik, gunakan cat serba pink dengan kombinasi warna yang tepat.

6. Desain Mezzanine Rumah Unik

Source : Behance

Ada kemungkinan bahwa desain ini akan menunjukkan sisi keunikannya. Karena dapat digunakan sebagai anak tangga dengan material metal. Selain itu, jaring dipasang di sisi mezzanine dan anak tangga sebagai pelindung. Ruang tamu di bawahnya dibuat lebih luas, dan tempat tidur di atasnya dibuat lebih sederhana.

7 Desain Kost Mezzanine Modern

Source : Home Designing

Kamar kost mezzanine ini tampak lebih modern. Hanya cocok untuk orang yang membutuhkan suasana mewah dan tenang. Kamar tidur dibuat lebih luas untuk memanfaatkan ruang di bawahnya sebanyak mungkin. Kemudian mezzanine dibangun di bagian sisinya. Ini digunakan untuk bekerja, belajar, atau menyimpan pakaian.

Anak tangganya dibuat lebih modern dan desain mezzanine dibuat lebih rendah untuk membuatnya lebih mudah dijangkau. Terakhir, tambahkan elemen modern seperti lampu dan dekorasi

8. Desain Mezzanine Kost 3×4

Source : Art Fasad

Konsep mezzanine tampaknya cocok untuk desain kamar berukuran 3×4. Meskipun tidak memberatkan, kesannya lengkap. Tangga, rak dinding, dan meja fungsional dapat dimaksimalkan. Kemudian, bagian mezzanine digunakan sebagai tempat tidur dengan pembatas metal yang kuat.

Baca juga:

Source feature image: Scandivian Loft


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi sewa rumah Batam dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   


Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download